Jose Mourinho: Meski Gagal, The Three Lions Punya Masa Depan Cerah

#WorldCup2018 It's not coming home yet!

Inggris harus mengubur impiannya untuk tampil di final Piala Dunia 2018. Padahal anak asuh Gareth Southgate sempat unggul di babak pertama melalui tendangan free kick indah Kieran Trippier di menit ke-5.

Sayang, di babak kedua Kroasia mampu tampil lebih spartan dan memaksakan hasil imbang 1-1 melalui gol Ivan Perisic di menit ke-68. Mimpi buruk menghampiri The Three Lions di babak extra time, saat Mario Mandzukic berhasil mencetak gol kemenangan di menit ke-109.

Hal ini pastinya sangat menyakitkan bagi punggawa The Three Lions yang sebelumnya digadang-gadang akan mampu lolos ke babak final. Namun di balik setiap kejadian buruk pasti terselip sebuah nilai positif, begitupun bagi timnas Inggris. Setidaknya itulah opini yang disampaikan salah satu pelatih terbaik dunia, Jose Mourinho.

Dilansir dari Goal dan Skysports.com, berikut ulasannya.

1. Inggris punya masa depan yang lebih cerah

Jose Mourinho: Meski Gagal, The Three Lions Punya Masa Depan Cerahtwitter.com/FIFAWorldCupENG

Jose Mourinho meyakini jika Inggris kehilangan kesempatan emasnya di Piala Dunia 2018 ini. Kekalahan dari Kroasia merupakan pil pahit yang harus mereka terima. Apalagi sebelumnya mereka unggul terlebih dahulu melalui gol Kieran Trippier. Namun bagi Mou, ada juga sisi positif yang bisa diambil.

""Inggris punya alasan untuk menangis karena mereka telah begitu dekat (untuk menjadi juara) tetapi mereka juga memilki alasan untuk lebih optimis"
"Tim telah meningkat banyak daripada penampilan sebelumnya. Tim ini masih muda, mayoritas pemain akan bermain di Piala Dunia selanjutnya dengan pengalaman lebih banyak di level klub"

2. Saran Jose Mourinho untuk timnas Inggris

Jose Mourinho: Meski Gagal, The Three Lions Punya Masa Depan Cerahfootball365.com

Di bawah kepelatihan Gareth Southgate, Inggris mampu melahirkan sebuah tampilan yang baru. Formasi 3-1-4-2 dan permainan melalui passing-passing pendek mampu membawa skuad The Three Lions melangkah hingga babak semifinal.

Pendekatan Gareth Southgate kepada para pemain pun patut diacung jempol. Dia mampu memunculkan kondisi yang stabil di dalam tubuh tim, dan menjalin hubungan yang cukup baik dengan media Inggris yang dikenal selalu menjadi 'musuh'.

Mourinho yang saat ini melatih klub Liga Inggris, Manchester United pun mengungkapkan jika Gareth Southgate haruslah tetap dipertahankan untuk mengembangkan tim di turnamen selanjutnya.

"Jika aku adalah pimpinan FA, tak diragukan lagi aku akan tetap memercayakan Gareth Southgate dan Steve Holland di posisinya, dan memberikan mereka kesempatan untuk menangani tim di Euro 2020 dan Piala Dunia selanjutnya"
"Para pemain dan skuad, serta setiap orang yang terlibat di dalam tim punya alasan untuk pulang dengan bangga setelah memberikan segalanya dan membuat negara bangga"

3. Tak lupa memuji kehebatan Kroasia

Jose Mourinho: Meski Gagal, The Three Lions Punya Masa Depan Cerahtwitter.com/FIFAWorldCup

Jose Mourinho pun tak lupa memuji penampilan spartan anak asuh Zlatko Dalic yang sangat luar biasa. Final ini adalah final pertama kali mereka di Piala Dunia sejak berpartisipasi pertama kali di tahun 1998.

"Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat luar biasa bagi negara dimana liganya tidak begitu istimewa dan mayoritas para pemainnya bermain di luar negeri"
"Sepanjang yang ku tahu, saat kamu bermain di luar negeri, kamu merasakan negaramu dalam cara yang berbeda"
"So, bagi mereka kembali ke negara mereka dan bermain di final Piala Dunia dengan bendera Kroasia pastilah sesuatu yang sangat luar biasa"

Kroasia sendiri akan menghadapi Prancis di final pada tanggal 15 Juli 2018 nanti di Luzhniki Stadium. Laga tersebut akan mengingatkan kita pada semifinal Piala Dunia 1998, di mana Prancis keluar sebagai pemenang, dan menjadi juara dunia setelah mengalahkan Brazil di final. Sedangkan Kroasia keluar sebagai juara ketiga dengan mengalahkan Belanda.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya