5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Brasil di Piala Dunia

Brasil bakal hadapi Republik Korea di babak 16 besar

Sebagai negara dengan koleksi trofi Piala Dunia terbanyak, Brasil selalu diunggulkan dalam setiap gelaran. Tidak terkecuali pada Piala Dunia 2022 ini. Negeri Samba layak ditakuti karena dihuni banyak pemain berkelas bintang. 

Menariknya, status sebagai tim tersukses di Piala Dunia membuat tim lainnya sangat berhasrat bisa mengalahkan Brasil. Kamerun menjadi tim terbaru yang behasil membungkam tim Samba pada laga ketiga fase grup G. Nah, berikut ini adalah lima negara terakhir yang berhasil mengalahkan Brasil di Piala Dunia.

1. Kamerun

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Brasil di Piala Duniaselebrasi gol Vincent Aboubakar ke gawang Brasil di Piala Dunia 2022 (fifa.com)

Brasil telah dipastikan lolos dari fase grup Piala Dunia 2022 usai memenangkan dua laga awal. Tim Samba dihadapkan dengan Kamerun pada laga terakhir fase grup dengan menurunkan skuad kedua. Di sisi lain, Kamerun wajib menang dan berhadap laga Swiss vs. Serbia berakhir imbang.

Sepanjang laga Brasil menguasai laga dengan 75 persen penguasaan bola. Mereka bahkan melakukan 21 tendangan ke arah gawang lawan berbanding 7 milik Kamerun. Sial bagi Brasil, justru Kamerun yang berhasil mencuri gol pada menit ke-90+2 lewat gol Vincent Aboubakar.

Sayangnya, Kamerun tetap gagal lolos karena Swiss menang 3-2 atas Serbia di laga lainnya. Sementara itu, Brasil keluar sebagai juara grup G meskipun menderita kekalahan.

2. Belgia

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Brasil di Piala DuniaBelgia vs Brasil di Piala Dunia 2018 (twitter.com/KevinDeBruyne)

Brasil tampil cukup meyakinkan di Piala Dunia 2018. Mereka tak terkalahkan di fase grup dan menyingkirkan Meksiko di babak 16 besar dengan skor 2-0. Namun, Brasil dihadapkan lawan berat di babak perempat final, yakni Belgia dengan generasi emasnya.

Belgia tampil luar biasa dengan mencetak dua gol di babak pertama lewat gol bunuh diri Fernandinho (13') dan gol dari Kevin De Bruyne (31'). Brasil sempat memperkeccil skor pada lewat gol Renato Augusto (76'). Sayang, mereka gagal mengejar di waktu tersisa.

Belgia lolos ke semifinal, tetapi menyerah 0-1 di tangan Prancis. Tim asuhan Roberto Martinez berhasil meraih juara ketiga usai mengalahkan Inggris di perebutan juara ketiga.

Baca Juga: Rekam Jejak Roberto Martinez Bersama Timnas Belgia

3. Jerman

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Brasil di Piala Duniaselebrasi gol pemain Jerman versus Brasil di Piala Dunia 22014 (twitter.com/FIFAWorldCup)

Brasil tampil sangat meyakinkan di Piala Dunia 2014 di rumah mereka sendiri. Mereka keluar sebagai juara grup A dengan 7 poin mengungguli Meksiko, Kroasia, dan Kamerun. David Luis dkk. berhasil melaju hingga babak semifinal dengan menyingkirkan Chile dan Kolombia di babak.

Tim Samba sudah ditunggu Jerman di babak semifinal yang juga belum terkalahkan. Dinilai bakal sengit, Brasil babak belur di tangan Jerman dengan skor 1-7. Toni Kroos dan André Schürrle tampil impresif dengan mencetak brace. Jerman sendiri berhasil menjadi juara usai mengalahkan Argentina dengan skor 1-0 lewat gol Mario Goetze.

4. Belanda

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Brasil di Piala DuniaBelanda vs Brasil di Piala Dunia 2014 (fifa.com)

Setelah dikalahkan Jerman di babak semifinal Piala Dunia 2014, Brasil berhadapan dengan Belanda untuk perebutan juara ketiga. Nasib buruk kembali menimpa anak asuhan Luiz Felipe Scolari. Tim Samba dihajar dengan skor 0-3. Belanda adalah mimpi buruk bagi Brasil karena mereka juga yang menyingkirkan Brasil di Piala Dunia 2010 di babak perempat final.

Belanda sendiri sebelumnya disingkirkan Argentina di babak semifinal lewat adu penalti. Menariknya, saat itu Belanda dilatih Louis van Gaal, sosok yang kembali menangani Belanda di Piala Dunia 2022 dan akan berhadapan dengan Argentina di babak perempat final.

5. Prancis

5 Negara Terakhir yang Mengalahkan Brasil di Piala DuniaPrancis vs Brasil di Piala Dunia 2006 (fifa.com)

Kutukan juara bertahan tersingkir di fase grup tidak berlaku bagi Brasil di Piala Dunia 2006. Mereka bahkan meraih kemenangan sempurna di grup F. Ronaldinho dkk. melaju hingga perempat final setelah menyingkirkan Ghana di babak 16 besar.

Sayang, langkah mereka dihentikan Prancis dengan skor 0-1 lewat gol Thiery Henry. Tim Ayam Jantan bahkan mampu melaju hingga final untuk melawan Italia. Sayangnya, mereka harus kalah menyakitkan lewat adu penalti. Babak final ini juga sangat ikonik dengan insiden tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi

 

Tidak bisa dimungkiri bahwa Brasil adalah salah sau tim terbaik di setiap Piala Dunia. Mereka memiliki semua aspek untuk menjadi juara. Namun, perjalanan mereka tidak akan mudah karena tim lawan selalu tampil dengan kekuatan terbaik saat berhadapan dengan Brasil.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menangani Timnas Brasil, Juara?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya