6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!

Buruknya performa klub jadi alasan

Kompetisi English Premier League musim 2022/2023 berjalan penuh drama menarik. Tidak hanya di level klub dan pemain, tetapi juga pelatih. Beberapa nama telah menjadi korban pemecatan sepanjang musim ini.

Pelatih Leeds United, Jesse Marsch, menjadi pelatih teranyar yang terdepak dari kursi kepelatihan. Nama-nama baru masih sangat mungkin menyusul jika performa timnya tak kunjung membaik. Nah, berikut ini adalah lima pelatih EPL yang dipecat sepanjang 2022/2023.

1. Scott Parker

6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!Scott Parker (twitter.com/afcbournemouth)

Scott Parker menjadi pelatih pertama di English Premeir League yang dipecat pada 2022/2023. Dia didepak Bournemouth setelah dibantai Liverpool 0-9 pada pekan keempat. Itu merupakan kekalahan ketiga dari empat laga awal di EPL musim ini. Sebelumnya, anak asuh Scott Parker juga kalah telak dari Manchester City 0-4 dan dari Arsenal 0-3.

Pemecatan ini dinilai terlalu cepat. Padahal, Scott Parker adalah sosok yang membawa Bournemouth promosi ke EPL musim 2022/2023. Posisinya lalu digantikan Gary O'Neil. Menariknya, Scott Parker baru saja didapuk sebagai pelatih Club Brugge pada Desember 2022 kemarin.

2. Thomas Tuchel

6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!Thomas Tuchel (twitter.com/TTuchelofficial)

Hadirnya Todd Boehly sebagai pemilik baru Chelsea memunculkan beberapa kontroversi menarik. Salah satunya adalah pemecatan Thomas Tuchel yang cukup mengejutkan. Dia dilengserkan setelah kalah dari Dinamo Zagreb pada laga pembuka Liga Champions. 

Sementara itu, catatannya di Premier League pada awal musim ini pun kurang memuaskan. Chelsea meraih 3 kemenangan, 2 hasil imbang, dan 1 kekalahan. Pemecatan ini kabarnya karena sang pelatih tidak memiliki visi yang sama dengan pemilik baru. The Blues kemudian menunjuk Graham Potter sebagai pengganti Thomas Tuchel.

3. Bruno Lage

6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!Bruno Lage (wolves.co.uk)

Bruno Lage membawa Wolverhampton finis di urutan ke-10 pada musim 2021/2022. Hasil ini terbilang luar biasa karena itu merupakan musim perdananya di Premier League. Sayangnya, performa The Wolves anjlok pada musim 2022/2023.

Pelatih asal Portugal ini hanya meraih 1 kemenangan, 3 hasil imbang, dan 4 kekalahan pada awal musim. The Wolves pun terpuruk di dasar klasemen. Kondisi ini pun membuat dirinya kehilangan pekerjaan setelah hanya 1 tahun 3 bulan menangani Wolverhampton. Posisinya kini digantikan oleh Julen Lopetegui.

Baca Juga: 5 Pemain Wolverhampton dengan Harga Pasar Tertinggi, Semahal Apa?

4. Steven Gerrard

6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!Steven Gerrard (twitter.com/AVFCOfficial)

Karier Steven Gerrard sebagai pelatih Aston Villa hanya bertahan selama 11 bulan. Legenda Liverpool itu dipecat setelah The Villans terpuruk di papan bawah Premier League 2022/2023. Aston Villa hanya meraih 2 kemenangan, 3 hasil imbang, dan menelan 6 kekalahan. 

Hasil buruk ini cukup ironis. Pasalnya, Steven Gerrard telah digelontorkan dana besar untuk  mendatangkan pemain top, seperti Philippe Coutinho, Boubacar Kamara, dan Diogo Carlos. Posisinya kemudian digantikan pelatih asal Spanyol, Unai Emery.

5. Frank Lampard

6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!Frank Lampard (evertonfc.com)

Frank Lampard berhasil menyelamatkan Everton dari jurang degradasi pada musim 2021/2022. Sayangnya, The Toffies tak banyak berkembang pada musim kedua eks pelatih Chelsea itu. Mereka bahkan kembali terpuruk di papan bawah Premier League.

Everton menelan 11 kekalahan, 6 hasil imbang, dan hanya 3 kali menang pada musim ini. Sang pelatih pun harus rela dilengserkan pada Januari 2023 kemarin. Posisinya kemudian digantikan Sean Dyche.

6. Jesse Marsch

6 Pelatih EPL yang Dipecat pada 2022/2023, Jesse Marsch Terbaru!Jesse Marsch (twitter.com/jessemarsch)

Jesse Marsch menjadi pelatih terbaru di Premier League yang mengalami pemecatan. Hal ini tak lepas dari serangkaian hasil buruk Leeds United sepanjang 2022/2023. Pemecatan ini terjadi setelah Leeds United dikalahkan Nottingham Forrest pada pekan ke-21. Lebih buruk lagi, mereka gagal meraih pada tujuh laga terakhir.

Pelatih asal Amerika Serikat ini genap menangani Leeds United selama 1 tahun. Namun, catatannya tak begitu bagus. Dia total hanya meraih 11 kemenangan, 10 hasil imbang, dan menelan 16 kekalahan.

 

English Premeir League kini memasuki paruh musim kedua dan persaingan semakin sengit di papan klasemen. Sejauh ini pelatih Liverpool dan Chelsea terancam juga oleh pemecatan karena performa buruk tim. Akankah mereka segera menyusul?

Baca Juga: Daftar Pelatih yang Dipecat dari Klub Eropa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya