Comscore Tracker

5 Pelatih Top yang Berpotensi Menjadi Penerus Ralf Rangnick di MU

Dua pelatih Timnas masuk dalam radar klub, lho

Skuad Manchester United untuk sementara ditangani oleh Ralf Rangnick hingga musim 2021/2022 berakhir. Manajemen klub saat ini mulai bergerak untuk mencari sosok pelatih top untuk melatih Setan Merah pada musim depan. 

Seperti diketahui, sepeninggal Sir Alex Ferguson, Manchester United memang belum sekalipun merengkuh gealar juara Premier League. Ambisi besar ini sebelumnya telah gagal diemban oleh sederet pelatih top kaliber Jose Mourinho, Louis van Gaal, hingga Ole Gunnar Solksjaer. Namun, peluang besar tersaji pada musim depan.

Beberapa nama pelatih berkualitas mulai dikaitkan dengan kursi kepelatihan Setan Merah. Siapa saja sosok pelatih tersebut?

1. Mauricio Pochettino

5 Pelatih Top yang Berpotensi Menjadi Penerus Ralf Rangnick di MUpotret Mauricio Pochettino (ligue1.com)

Sudah bukan rahasia umum jika Mauricio Pochettino adalah incaran Manchester United sejak lama. Meski rumor ini sempat mereda pasca ditunjuknya Ralf Rangnick, peluang eks manajer Tottenham itu tetap terbuka musim depan. Apalagi Paris Saint-Germain dikabarkan tidak akan menghalangi upaya tersebut.

Klub asal Paris bahkan dilaporkan sudah mempersiapkan rencana jika Pochettino pergi. Dua pelatih top asal Prancis, Zinedine Zidane dan Arsene Wenger, kabarnya masuk dalam radar Paris Saint-Germain. 

2. Erik ten Hag

5 Pelatih Top yang Berpotensi Menjadi Penerus Ralf Rangnick di MUpotret Erik ten Hag (twitter.com/WhoScored)

Erik ten Hag selalu masuk dalam kandidat manajer baru Manchester United setiap kali ada kesempatan. Hal ini tak terlepas dari prestasinya membawa Ajax menjuarai Eredivisi sebanyak dua kali sejak ditunjuk pada 2017 lalu. Ia juga menjadi otak di balik gaya bermain menyerang Ajax yang sangat cair dan menghibur.

Lewat tangan dinginnya, musim ini Ajax dengan skuad mudanya tampil superior di Liga Champions dan Eredivise. Dengan kapasitas itu, ia pun dinilai mampu menangani Setan Merah yang sedang membangun kembali kejayaannya lewat skuad muda. 

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Julen Lopetegui

5 Pelatih Top yang Berpotensi Menjadi Penerus Ralf Rangnick di MUpotret Julen Lopetegui (sevillafc.es)

Julen Lopetegui berhasil membawa Sevilla menjadi pesaing berat Real Madrid meraih gelar LaLiga musim 2021/2022. Hingga pekan ke-22, Sevilla terpaut hanya empat poin dari sang pemuncak klasemen. Performa luar biasa ini kabarnya membuat Setan Merah menyertakan nama Lopetegui dalam daftar calon pelatih klub.

Lopetegui menangani Sevilla sejak musim panas 2019. Luar biasanya, ia sukses mempersembahkan gelar Liga Europa di musim perdananya itu. Ia juga sempat menjuarai Piala Eropa U21 saat menangani Timnas U-21 Spanyol. Prestasi ini cukup menjanjikan meski ia bukan prioritas utama bagi Manchester United.

4. Roberto Mancini

5 Pelatih Top yang Berpotensi Menjadi Penerus Ralf Rangnick di MUpotret roberto Mancini mengangkat trofi Piala Eropa 2020 (twitter.com/robymancio)

Roberto Mancini adalah sosok penting yang mengembalikan kejayaan Italia di Eropa dengan menjuarai Piala Eropa 2020. Namun, saat ini ia terancam gagal membawa Italia lolos ke Piala Dunia 2022. Gli Azzuri harus berebut satu tiket melalui babak play-off. Jika pada akhirnya ia benar-benar gagal, bukan tidak mungkin Manchester United bisa merekrutnya.

Pengalaman dan prestasinya sudah teruji. Mancini adalah sosok pertama yang membawa Manchester City menjuarai Premier League di era Sheikh Mansour. Ia juga sukses bersama Inter Milan dengan mempersembahkan tiga gelar Scudetto.

5. Luis Enrique

5 Pelatih Top yang Berpotensi Menjadi Penerus Ralf Rangnick di MUpotret Luis Enrique (marca.com)

Pasca kembali ke dunia sepak bola, Luis Enrique memutuskan menerima tawaran sebagai pelatih Timnas Spanyol. Ia berhasil membawa timnya itu lolos hingga babak semi fnal Piala Eropa 2020 serta menembus Piala Dunia 2022. Prestasinya ini dikabarkan menarik minat Manchester United.

Cristiano Ronaldo bahkan dikabarkan lebih senang dengan pelatih asal Spanyol itu karena gaya bermain dan prestasinya yang luar biasa. Di level klub, Luis Enrique adalah sosok yang berhasil membawa Barcelona meraih treble winner. Peluang Setan merah cukup besar karena kontrak sang pelatih akan berakhir pasca Piala Dunia 2022 bersama Timnas Spanyol.

Sejak Sir Alex Fergusson pensiun di akhir musim 2012/2013, Manchester United selalu kesulitan meraih gelar juara Premier League. Beberapa nama pelatih top sempat dihadirkan. Namun, mereka tetap tak mampu mendorong prestasi klub. Musim depan harapan muncul dengan bakal hadirnya pelatih baru. Siapakah sosok yang akan benar-benar bakal meneruskan kinerja Ralf Rangnick musim depan?

Baca Juga: Deretan Pemain RB Leipzig yang Bisa Diboyong Ralf Rangnick ke MU

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya