Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasi

Dean Smith kabarnya jadi kandidat terkuat

Norwich City baru saja meraih kemenangan perdana mereka di Premier League pada pekan ke-11. Ironisnya, itu pun menjadi pertandingan terakhir pelatih mereka, Daniel Farke. Dia dipecat setelah The Canaries mengawali musim ini dengan sangat buruk. Dari 11 laga yang sudah dilewati, mereka menderita delapan kekalahan, dua kali imbang, dan sekali menang.

Hasil ini membuat mereka duduk di dasar klasemen dengan lima poin. Musim kompetisi ini masih panjang dan mereka harus segera bangkit demi bisa bertahan di Premier League. Tugas pertama adalah menunjuk pelatih, yang memiliki kapasitas untuk menyelamatkan tim, dan berikut 5 sosok petensial.

1. Sam Allardyce

Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasipotret Sam Allardyce (dailymail.co.uk)

Sam Allardyce memiliki reputasi dalam membantu klub-klub Liga Premier bertahan dari jurang degradasi. Beberapa tim medioker pernah merasakan sentuhan ajaibnya itu seperti Bolton, Newcastle United, dan Sunderland. Hal ini menjadikannya salah satu kandidat favorit manajer baru Norwich City.

Meski demikian, musim lalu dia gagal menyelamatkan West Bromwich dari degradasi. Kala itu ia menggantikan Slaven Bilic dengan target bertahan di Premier League. Sayang, West Brom pada akhirnya hanya mampu finis di peringkat ke-19.

2. Frank Lampard

Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasipotret Frank Lampard (sportsmole.co.uk)

Frank Lampard disebut-sebut sebagai kandidat utama untuk menggantikan Daniel Farke. Eks pelatih Chelsea itu saat ini sedang berstatus tanpa klub usai dipecat The Blues. Meski gagal di Chelsea, Lampard menunjukkan potensi brilian sebagai manajer. Kedatangannya pasti akan meningkatkan moral tim. Apalagi, ia pun memiliki pengalaman bermain sebagai seorang legenda.

Namun, lapooran terakhir menyebutkan bahwa Lampard tidak tertarik untuk menangani klub yang berada di peringkat ke-20 ini. Alasannya adalah klub tersebut kurang tepat bagi kariernya saat ini.

Baca Juga: 7 Pemain Paling Sering Dimainkan Frank Lampard saat Menangani Chelsea

3. Nuno Espirito Santo  

Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasipotret Nune Esperito Santo (newsxpres.com)

Pelatih asal Portugal itu baru saja kehilangan posisinya sebagai pelatih di Tottenham Hotspur. Klub asal London Utara memecat Nuno Santo dan menunjuk Antonio Conte sebagai penggantinya. Meski Nuno dinilai gagal di Spurs, ia menjadi kandidat yang potensial untuk menyelamatkan Norwich dari jurang degradasi.

Sebelum bersama Spurs, ia memiliki pengalaman sukses bersama Wolverhampton. Klub berlogo Serigala dibawanya promosi ke Premier League dan bertransformasi menjadi tim kuda hitam. Catatan impresif ini menjadi modal yang menjanjikan untuk menunjuk pelatih asal Portugal itu.

4. Tony Pulis

Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasipotret Tony Pulis (thetimes.co.uk)

Pelatih berusia 63 tahun itu memiliki pengalaman panjang di sepak bola Inggris. Pulis pernah melatih tim-tim kecil, seperti Stoke City, West Bromwich Albion, dan Crystal Palace. Dia terakhir melatih Sheffield Wednesday dan meninggalkan posisinya pada Desember 2020. Sejak itu, Pulis berstatus tanpa klub dan bisa menjadi opsi jika gagal mendapatkan target yang diinginkan.

Pulis dikenal karena mampu membangun tim-tim medioker menjadi tim yang mengejutkan. Dengan sumber daya yang terbatas, ia mampu memaksimalkan potensi para pemainnya dan itulah yang dibutuhkan Norwich saat ini.

5. Dean Smith

Terpuruk, 5 Pelatih yang Bisa Selamatkan Norwich dari Zona Degradasipotret Dean Smith (standard.co.uk)

Kabar terbaru menyebutkan jika Dean Smith menjadi kandidat utama menjadi pelatih Norwich City. Hal ini tidak lepas dari mundurnya Frank Lampard dalam negosiasi. Dean Smith sendiri baru saja dipecat Aston Villa usai tampil menderita lima kekalahan beruntun di lima laga terakhir di Premier League.

Dean Smith sendiri merupakan sosok yang berjasa bagi Aston Villa. Pada 2018 ia ditunjuk sebagai manajer tim dan langsung berhasil membawa tim promosi ke Premier League. Musim lalu, mereka pun finis di peringkat ke-11 EPL. Ini menjadi catatan yang cukup untuk mengamankan Norwich dari jurang degradasi.

 

Norwich City datang ke Premier League dengan status juara divisi Championship. Ironisnya, musim ini performa mereka menjadi yang terburuk di antara tiga klub promosi lainnya. Kompetisi masih panjang dan mereka masih memiliki kesempatan untuk memperbaiki performa klub. Mereka tentu tidak mau hanya numpang lewat saja di musim ini dan pelatih berkualitas menjadi target mereka saat ini.

Baca Juga: Angkat Kaki dari Aston Villa, 5 Fakta Menarik dari Dean Smith

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya