Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019

Serie A jadi liga paling sadis musim ini

Seorang pelatih selalu dianggap sebagai penanggung jawab naik turunnya performa sebuah klub. Namanya akan cepat melambung saat sukses berikan prestasi, namun mereka juga harus menanggung risiko pemecatan saat hasil tak sesuai dengan ekspektasi.

Baru separuh musim, tujuh pelatih klub Serie A ini harus menelan pil pahit karena didepak klubnya. Siapa saja? Berikut ulasannya.

1. Marco Giampaolo - AC Milan

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019si.com

Musim lalu AC Milan tak melanjutkan kerja samanya dengan Gennaro Gattuso karena hanya finish di peringkat lima di akhir musim. Sebagai gantinya, AC Milan menunjuk eks pelatih Sampdoria, Marco Giampaolo sebagai suksesor.

Sayangnya keputusan tersebut terbukti lebih buruk. Marco Giampaolo hanya mampu bertahan tujuh pekan saja setelah meraih empat kekalahan dan tiga kemenangan. Posisinya kini ditempati oleh Stefan Pioli.

2. Vincenzo Montella

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019violanation.com

Setelah alami pemecatan oleh AC Milan dan Sevilla, Vincenzo Montella ditunjuk sebagai pelatih Fiorentina pada bulan April lalu. Namun performa klub akhir-akhir ini mengalami penurunan performa yang signifikan. Mereka gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhir di Serie A.

Saat ini Fiorentina pun terpuruk di peringkat 15 dengan menderita delapan kekalahan dari 17 laga yang telah dijalani. Montella pun harus rela kembali dipecat oleh klubnya untuk yang ketiga kali.

3. Fabio Grosso - Brescia

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019tellerreport.com

Fabio Grosso menjadi pelatih dengan jabatan terpendek yang menangani klub Serie A musim ini. Ia ditunjuk menjadi pelatih Brescia pada November lalu menggantikan Eugene Corini yang tampil mengecewakan. Sayangnya Grosso pun tak mampu mengeluarkan klub dari keterpurukan.

Ia hanya mampu bertahan sebulan setelah kalah di tiga beruntun dengan kebobolan 10 gol tanpa satu pun mencetak gol. Uniknya posisinya kini kembali digantikan oleh Eugene Corini. 

Baca Juga: Baru Jadi Pelatih Timnas, Shin Tae-yong Soroti Fisik Pemain

4. Igor Tudor - Udinese

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019foxsportsasia.com

Igor Tudor pertama kali melatih Udinese pada April 2018 dan sukses menyelamatkan klub dari jurang degradasi. Namun ia tidak dijadikan pelatih permanen. Pada Maret 2019 ia kembali dipanggil melatih Udinese dan musim ini dijadikan sebagai pelatih tetap.

Sayangnya Udinese justru tampil tidak stabil di paruh musim ini. Dari 10 laga yang dijalaninya, Udinese menderita enam kekalahan dan hanya meraih 10 poin saja. Tak pelak hasil ini membuat Tudor kehilangan pekerjaannya pada November lalu.

5. Eusebio Di Francesco

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019calciomercato.com

Ditinggal Marco Giampaolo ke AC Milan, Sampdoria menunjuk Eusebio Di Francesco sebagai pelatih utama di musim ini. Bernasib seperti Giampaoli di AC Milan, Di Francesco hanya mampu bertahan selama iga bulan.

Ia dipecat usai menelan enam kekalahan dari tujuh laga pertamanya. Di Francesco pun menjadi pelatih pertama yang mengalami pemecatan di Serie A musim ini. 

6. Thiago Motta

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019calciomercato.com

Pada Oktober lalu Aurelio Andreazzoli dipecat sebagai pelatih Genoa usai dinilai gagal tangani Genoa. Posisinya pun digantikan oleh eks pemain Barcelona dan PSG, Thaigo Motta. Sayang Motta pun tak mampu mengangkat performa Genoa dan hanya bertahan kurang dari tiga bulan.

Saat ini Genoa berada di dasar klasemen dengan menderita 10 kekalahan, hanya dua kali menang dan lima kali imbang. Posisi Motta pun kini digantikan oleh mantan pelatih Udinese, Davide Nicola.

7. Carlo Ancelotti

Terpuruk, 7 Pelatih yang Jadi Korban Pemecatan di Serie A Tahun 2019.foot01.com

Musim lalu Carlo Ancelotti ditunjuk sebagai pengganti Maurizio Sarri sebagai pelatih Napoli. Ia pun cukup sukses dengan membawa Napoli finish sebagai runner up di bawah Juventus. Namun musim ini performa klubnya mengalami penurunan.

Sempat tampil apik di awal musim, Napoli kemudian justru gagal meraih kemenangan dalam tujuh laga terakhirnya di bawah asuhan Ancelotti. Ia pun dipecat setelah mengantarkan Napoli lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Posisinya kini digantikan oleh Gannaro Gattuso. Namun Ancelotti tak butuh waktu lama untuk menganggur. Pekan lalu ia resmi diangkat sebagai pelatih utama Everton. 

Serie A menjadi liga paling ganas saat ini karena menjadi liga dengan pemecatan pelatih terbanyak di musim ini.

Baca Juga: Sulit Adaptasi, Napoli Berencana Pulangkan Lucas Torreira ke Serie A

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya