5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2022/2023

Mereka langsung dilirik klub raksas Eropa

Pemain-pemain asal Afrika berhasil menarik perhatian klub-klub Eropa dalam 1 dekade terakhir. Mereka dikenal memiliki fisik yang kokoh dan skill olah bola yang tidak kalah atraktif. Beberapa nama tampil sangat menonjol di liga top Eropa musim 2022/2023.

Mereka tidak hanya jadi andalan klub masing-masing, tetapi memiliki catatan gol yang tajam. Kualitas mereka tidak kalah dibandingkan pemain-pemain top dari Eropa atau benua Amerika. Berikut ini lima pemain asal Afrika dengan gol terbanyak di liga top Eropa musim 2022/2023.

1. Victor Osimhen - 26 gol

5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2022/2023Victor Osimhen (twitter.com/ victorosimhen9)

Victor Osimhen tidak hanya menjadi pemain Afrika dengan gol terbanyak musim 2022/2023, tetapi juga top skor Serie A. Dia menorehkan 26 gol dari 32 pertandingan. Kontribusi gol tersebut membawa Napoli meraih Scudetto pertama sejak 33 tahun yang lalu.

Tidak cukup itu, Osimhen juga sukses memecahkan rekor yang dipegang George Weah sebagai pemain Afrika dengan gol terbanyak di Serie A. Striker 24 tahun total telah mengoleksi 50 gol dari 83 laga Serie A. Penampilan apik ini pun membuat klub raksasa Eropa, seperti Manchester United, Chelsea, dan Real Madrid tertarik pada pemain asal Nigeria tersebut.

2. Habib Diallo - 20 gol

5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2022/2023Habib DIallo (instagram/h_ina_diallo_20)

Habib Diallo berada di urutan kelima top skor Ligue 1 musim 2022/2023 dengan koleksi 20 gol dari 37 laga. Jumlah tersebut mampu melampaui catatan gol pemain bintang, seperti Lionel Messi dan Neymar Jr.  Sayang, kontribusi pemain asal Senegal itu hanya membawa RC Strasbourg finis di urutan ke-15.

Pencapaian itu jauh lebih buruk dari musim sebelumnya yang finis di urutan keenam. Habib Diallo telah berkostum Strasbourg sejak 2020. Sang pemain kini berpotensi hijrah ke English Premier League (EPL). Dia tengah diminati dua tim Inggris, yaitu West Ham United dan Bournemouth.

Baca Juga: 5 Klub Paling Sering Dibobol Mohamed Salah, MU Jadi Sasaran Empuk!

3. Mohamed Salah - 19 gol

5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2022/2023Mohamed Salah (twitter.com/MoSalah)

Mohamed Salah dianggap sebagai pemain terbaik asal Afrika saat ini. Dia selalu tampil stabil sebagai mesin gol Liverpool sejak 2017 dan telah mempersembahkan hampir semua gelar di level klub. Meski performa The Reds menurun pada 2022/2023, Salah tetap tajam dengan torehan 19 gol dan 12 assist dari 38 laga EPL.

Liverpool mengakhiri musim ini dengan finis di urutan kelima. Mereka langsung berbenah dengan merombak skuad untuk musim depan. Namun, posisi Mohamed Salah tak akan tergantikan.

4. Terem Moffi - 18 gol

5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2022/2023Terem Moffi (twitter.com/7erem_)

Terem Moffi membela dua tim berbeda di Ligue 1 musim 2022/2023. Dia membela FC Lorient pada paruh musim pertama dengan torehan 12 gol dari 18 laga. Striker asal Nigeria hijrah ke OGC NIce sebagai pemain pinjaman pada paruh musim kedua.

Dia mengoleksi 6 gol dan 3 assist dari 16 laga. Torehan tersebut dinilai memuaskan sehingga OGC Nice mempermanenkannya dengan mahar 22,5 juta euro atau Rp391 miliar. Terem Moffi dinilai sebagai salah satu striker muda potensial saat ini di Ligue 1. Sebelum berlabuh di OGC Nice, dia jadi rebutan dua tim Inggris, yaitu West Ham United dan Southampton.

5. Boulaye Dia - 16 gol

5 Pemain Afrika dengan Gol Terbanyak di Liga Top Eropa Musim 2022/2023Boulaye Dia (instagram/boulaye_dia)

Serie A menjadi panggung aksi pemain-pemain asal Benua Afrika pada musim 2022/2023. Terdapat tiga pemain Afrika di daftar top skor teratas. Jika Victor Osimhen berada di urutan pertama, peringkat ketiga diisi oleh Boulaye Dia dengan 16 gol dan 6  assist dari 33 pertandingan.

Catatan gol tersebut terbilang luar biasa. Pasalnya, ini adalah musim perdana pemain asal Senegal bermain di Serie A. Dia didatangkan Salernitana dari Villarreal dengan status pinjaman. Berkat performa apiknya ini, sang pemain kini diminati klub besar, seperti Napoli dan AC Milan.

 

Jika ditilik dari kualitas kompetisi, negara-negara Afrika jauh tertinggal dari kompetisi di Eropa. Namun, kualitas individu pemain-pemain Afrika tidak kalah baik. Pemain di atas tampil sangat menonol pada musim ini. Mereka bahkan mulai diminati klub-klub raksasa Eropa.

Baca Juga: 10 Potret Boulaye Dia, Penyerang Tangguh Senegal yang Tajam di Serie A

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya