5 Pemain Ajax dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022

Ajax jadi klub kedua tersubur di Eropa

Ajax menjadi tim kedua dengan produktivitas gol terbanyak di Eropa saat ini. Mereka telah mencetak 80 gol dari 27 pertandingan Eredivisie, hanya kalah satu gol dari Bayern Munchen. Anak asuh Erik ten Hag ini juga memuncaki klasemen sementara Eredivisie.

Catatan luar biasa ini sangat menarik karena sebagian besar tim dihuni pemain muda. Beberapa tampil sangat menonjol lewat kontribusi gol terbanyak. Siapa saja mereka? Ini ulasannya.

1. Sebastien Haller (42)

5 Pemain Ajax dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022potret Sebastien Haller (twitter.com/HallerSeb)

Sebastien Haller baru bergabung dengan Ajax pada Januari 2021 lalu dari West Ham United. Tidak butuh waktu lama baginya untuk beradaptasi. Musim ini penyerang asal Pantai Gading itu telah terlibat dalam 42 gol dengan rincian 33 gol dan 9 assists dari 35 laga.

Dia sempat menjadi top skor sementara Liga Champions di fase grup musim ini. Sayang, Ajax tersingkir di babak 16 besar secara mengejutkan dari Benfica. Ketajamannya ini pun menarik minat tim-tim besar seperti Inter Milan dan Borussia Dortmund.

2. Dusan Tadic (31)

5 Pemain Ajax dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022potret Dusan Tadic (twitter.com/DT10_Official)

Sejak Dusan Tadic bergabung dengan Ajax pada 2018, dia berkembang menjadi salah satu raja assist Eropa. Setiap musimnya dia konsisten mencetak gol dan assist dengan dua digit angka.

Sejauh ini gelandang 33 tahun ini telah mencetak 13 gol dan 18 assists dari 37 pertandingan di semua ajang. Total pemain Serbia ini telah mengoleksi 89 gol dan 87 assist dari 186 pertandingan. Prestasi luar biasa lainnya adalah dia berhasil membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 6 Pemain Ternama Lulusan Akademi Ajax Amsterdam, Kualitas Terjamin!

3. Antony (22)

5 Pemain Ajax dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022potret Antony (twitter.com/antony00)

Antony bergabung dengan Ajax dari klub Brasil Sao Paolo pada musim panas 2020. Winger 22 tahun ini dikenal lewat skill olah bola yang sangat luar biasa. Tidak hanya itu, dia juga memiliki akurasi umpan yang menawan.

Musim ini dia telah mencetak 12 gol dan 10 assists dari 33 pertandingan di semua ajang. Penampilan apiknya membuat dia dilirik klub-klub besar Inggris seperti Liverpool dan Manchester United. 

4. Steven Berghuis (21)

5 Pemain Ajax dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022potret Steven Berghuis (ajax.nl)

Steven Berghuis baru bergabung dengan Ajax pada musim panas 2021 kemarin. Transfer ini cukup kontroversial pasalnya dia adalah kapten Feyenoord dan pergi dengan harga hanya 5,5 juta euro atau sekitar Rp87 miliar.

Performa gelandang 30 tahun ini sangat impresif pada musim pertamanya. Dia telah mencetak 10 gol dan 11 assists dari 38 pertandingan. Sepanjang kariernya dia juga pernah berkostum AZ Alkmaar dan Watford.

5. Davy Klaassen (10)

5 Pemain Ajax dengan Kontribusi Gol Terbanyak Musim 2021/2022potret Davy Klaassen (ajax.supporters.nl)

Davy Klaassen menjadi salah satu pemain senior lainnya di dalam tubuh Ajax musim ini. Pemain berusia 29 tahun ini bergabung pada musim panas 2020 dari Werder Bremen. Berposisi sebagai gelandang serang, Davy Klaassen telah mencetak 7 gol dan 3 assists dari 36 laga di semua kompetisi.

Pemain asal Belanda ini merupakan produk asli akademi Ajax. Namun, dia sempat berpetualang bersama Everton dan Werder Bremen sebelum kembali pada musim lalu.

 

Predikat sebagai gudangnya pemain muda berkualitas memang layak disematkan kepada Ajax. Tidak hanya itu, mereka juga selalu berhasil "mendaur ulang" pemain yang gagal di klub lain.

Salah satu contohnya adalah Sebastien Haller yang tampil flop bersama West Ham United, tetapi bersinar sejak pindah ke Ajax.

Baca Juga: 5 Pemain Tertua Ajax pada 2021/2022, Penuh Pengalaman!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya