Berpisah, 5 Pemain Ini Jadi Karya Terbaik Arsene Wenger di Arsenal

Nomor 5 sih jadi legend!

Pekan ini sepak bola dunia dikejutkan dengan keputusan Arsene Wenger yang akan mengundurkan diri dari Arsenal di akhir musim ini. Atmosfir fans yang sudah tak mempercayainya lagi menjadi alasan Wenger memutuskan mengakhiri kontraknya bersama the Gunners.

Kontrak Wenger sendiri sebenarnya masih tersisa setahun lagi. Namun keputusannya tersebut telah bulat dan disetujui pihak manajemen. Wenger sendiri telah menangani Arsenal selama 22 tahun, dan menjadi pelatih kedua setelah Sir Alex Fergusson yang paling lama menangani sebuah tim.

Sepanjang kariernya tersebut, Wenger dikenal sebagai seorang pelatih yang mampu melahirkan pemain-pemain muda berbakat. Dilansir dari Sportskeeda.com dan Transfermarkt.com, berikut adalah mereka yang mampu menjadi pemain hebat dunia di bawah asuhan Arsene Wenger. Check this out!

1. Cesc Fabregas

Berpisah, 5 Pemain Ini Jadi Karya Terbaik Arsene Wenger di Arsenaltwitter.com/FlashScore_ID

Tak ada yang menyangka jika seorang pemain muda yang baru berusia 16 tahun ini, ketika didatangkan Wenger dari Barcelona akan menjadi pemain hebat dunia. Cesc Fabregas merupakan transfer terbaik yang pernah Wenger lakukan. Dia didatangkan pada tahun 2003 ketika dirinya masih berusia 16 tahun untuk bermain di tim muda Arsenal.

Saat sudah berusia 17 tahun, Fabregas memulai debutnya di Liga Inggris bersama tim utama Arsenal. Tak perlu waktu lama bagi dirinya untuk menarik perhatian publik Emirates Stadium. Ketika Patrick Viera hengkang ke Juventus, Fabregas mampu menjadi pengganti yang sepadan.

Tak ayal dia kemudian menjadi pemain yang dicintai fans baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan.

Lebih hebatnya lagi, Fabregas mampu menjadi kapten Arsenal di usianya yang baru 21 tahun. Hal tersebut tak lepas dari bakat kepemimpinan dan skillnya yang luar biasa sebagai jenderal lapangan tengah Arsenal pada saat itu.

Bersama Arsenal, dia tampil dalam 306 penampilan dan berhasil mencetak 59 goal dan 91 assist di semua kompetisi. Kini Fabregas bermain untuk Chelsea setelah sebelumnya membela Barcelona.

2. Robert Pires

Berpisah, 5 Pemain Ini Jadi Karya Terbaik Arsene Wenger di Arsenaltwitter.com/Bolacupcom

Di era tahun 2000-an Arsenal merupakan klub yang begitu menyeramkan di Liga Inggris. Puncaknya terjadi pada musim 2003/2004, di mana mereka berhasil menjuarai Liga Inggris tanpa terkalahkan sekalipun.

Pemain bernomor punggung 7 asal Prancis menjadi pemain kunci The Gunners pada musim tersebut. Tahukah kamu siapa dia?

Dia adalah Robert Pires. Pires merupakan rekrutan terbaik Arsene Wenger dalam sejarah karier kepelatihannya. Sang pemain didatangkan pada tahun 2000 dari Mersaille.

Padahal saat itu dia juga diincar oleh klub besar lainnya semisal Juventus dan Real Madrid. Namun Wenger berhasil meyakinkannya jika Arsenal merupakan klub yang paling tepat bagi dirinya.

Hal tersebut memang terbukti benar. Dari 281 penampilannya, dia berhasil mencetak 85 gol dan menjadi partner Thiery Henry di lini serang Arsenal yang sangat berbahaya. Enam tahun bersama Arsenal, dia berhasil mempersembahkan 2 trofi Liga Inggris, 3 FA Cup dan 2 Community Shield.

3. Kolo Toure

Berpisah, 5 Pemain Ini Jadi Karya Terbaik Arsene Wenger di Arsenalliverpoolecho.co.uk

Pemain kunci Arsenal di lini belakang, Kolo Toure menjadi pembelian sukses Wenger selanjutnya. Wenger merekrutnya dengan murah dari klub asal Pantai Gading seharga 150000 Pound. Seiring waktu, Toure mampu berkembang dan menjadi bek tangguh di pertahanan Arsenal bersama Sol Campbell.

Pemain yang juga merupakan saudara dari Yaya Toure ini pun merupakan bagian dari The Unbeaten Arsenal pada musim 2003/2004. Toure mengakhiri kariernya bersama Arsenal pada tahun 2009. Kemudian dia pindah menuju Manchester City dengan harga transfer 18,7 juta Pounds.

4. Robin Van Persie

Berpisah, 5 Pemain Ini Jadi Karya Terbaik Arsene Wenger di Arsenaltribuna.com

Untuk posisi striker, Wenger memiliki dua pemain yang menjadi karya terbaiknya selama menangani Arsenal. Salah satunya adalah Robin Van Persie. Didatangkan hanya dengan harga 2,75 juta Pound, Wenger berhasil membentu sang pemain menjadi striker terbaik Eropa.

Uniknya, Van Persie memulai kariernya sebagai winger. Namun Wenger kemudian berhasil merubah sang pemain menjadi seorang striker ulung.

Dari 280 penampilannya bersama Arsenal, sang pemain berhasil mencetak 132 gol. Sayangnya, secara kontroversial dia hengkang ke klub rival, Manchester United pada tahun 2012. Di musim terakhirnya bersama Arsenal, dia berhasil mencetak 26 gol di  Liga Inggris.

Tak hanya itu, di musim pertamanya bersama MU terbilang sukses. Karena dia berhasil membawa MU menjuarai Liga Inggris sekaligus menjadi top skorer Liga Inggris.

5. Thiery Henry

Berpisah, 5 Pemain Ini Jadi Karya Terbaik Arsene Wenger di Arsenalahoranoticias.cl

Tak diragukan lagi jika Thiery Henry merupakan pemain terbaik yang pernah Wenger datangkan selama karier kepelatihannya. Tak hanya itu, Henry juga merupakan salah satu legenda dan pemain terbaik sepanjang masa Arsenal.

Arsene Wenger sendiri mendatangkan sang pemain pada tahun 1999 dari Juventus dengan mahar 11 juta Pound. Henry merupakan pemain yang di awal kariernya bermain sebagai winger. Gagal berkembang di Juventus, secara jenius Arsene Wenger mampu mengembangkan sang pemain saat berada di Arsenal.

Henry berhasil mencetak 227 gol sepanjang karirnya bersama Arsenal. Dia juga berhasil memberikan deretan gelar bagi Arsenal, 2 trofi Liga Inggris, 3 FA Cup dan 2 Community Shield menjadi tinta emasnya bersama Arsenal, sebelum kemudian hijrah ke Barcelona pada tahun 2007.

Itulah deretan pemain terbaik yang pernah Wenger datangkan ke Arsenal. Hal tersebut memang menjadi bukti jika Wenger merupakan pelatih bertangan dingin. Dia selalu berhasil menyulap seorang pemain muda menjadi bintang sepak bola dunia. Good bye Wenger. Thanks for all.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya