5 Pemain Arsenal Paling Berpengaruh di Paruh Pertama EPL 2022/2023

Deretan pemain muda berkelas bintang

Arsenal berhasil menjadi juara paruh English Premier League (EPL) 2022/2023. The Gunners unggul sembilan poin dari pesaing terdekat, Manchester City. Anak asuh Mikel Arteta mengoleksi 47 poin dari 18 pertandingan dan baru merasakan satu kekalahan saja.

Performa menawan ini tidak lepas dari peran Mikel Arteta memaksimalkan bakat besar pemain mudanya. Beberapa pemain tampil sangat menonjol dan menjadi nyawa permainan The Gunners. Nah, berikut kelima pemain Arsenal paling berpengaruh di EPL pada paruh musim pertama 2022/2023.

1. Aaron Ramsdale

5 Pemain Arsenal Paling Berpengaruh di Paruh Pertama EPL 2022/2023Aaron Ramsdale (twitter.com/Arsenal)

Kedatangan Aaron Ramsdale pada musim panas 2021 berhasil menutup catatan buruk kebobolan Arsenal. Dia langsung membukukan 12 cleansheet dari 34 penampilan pada musim perdananya di Emirates Stadium.

Kini, kiper yang baru 24 tahun makin berkembang. Arsenal ia bawa menjadi tim kedua paling sedikit kebobolan di Premier League 2022/2023, yakni 14 gol dari 18 laga. Aaron Ramsdale telah melakukan 9 clean sheet dan 42 penyelamatan penting. Statistik tersebut hanya kalah dari kiper Newcaslte United, Nick Pope.

2. William Saliba

5 Pemain Arsenal Paling Berpengaruh di Paruh Pertama EPL 2022/2023William Saliba (instagram/w.saliba4)

Setelah dipinjamkan ke tiga klub Prancis selama 2 tahun, William Saliba dipercaya Mikel Arteta sebagai sosok utama di benteng pertahanan Arsenal 2022/2023. Kepercayaan ini langsung dia buktikan dengan penampilan solid. Duetnya bersama Gabriel Magalhães membuat gawang Arsenal sulit ditembus.

Bek asal Prancis ini memiliki statistik apik. Dia memiliki rata-rata 3,2 clearance dan 1,4 tekel sukses. Tak hanya itu, dia juga sudah mengoleksi 2 gol dan 1 assist. Menariknya, ini menjadi musim perdananya tampil penuh untuk tim utama sejak direkrut pada 2019 silam. Fans pun mulai percaya jika bek berusia 21 tahun ini bakal menjadi aset jangka panjang The Gunners.

Baca Juga: Arsenal Sapu Bersih Semua Derbi London di Premier League 2022/2023

3. Granit Xhaka

5 Pemain Arsenal Paling Berpengaruh di Paruh Pertama EPL 2022/2023Granit Xhaka (instagram/ granitxhaka)

Granit Xhaka hampir saja hengkang pada musim panas 2022. Dalam dua musim terakhir performanya kurang stabil dan kerap terlibat tindakan indisipliner yang membuat ban kaptennya dicopot. Namun, Mikel Arteta berhasil meyakinkan Xhaka untuk bertahan.

Benar saja, Xhaka menunjukkan kebangkitannya pada musim ini. Bermain sebagai gelandang jangkar, dia memberikan keseimbangan di lini tengah. Kontribusi golnya pun signifikan. Sejauh ini ia sudah mencetak 3 gol dan 4 assist dari 18 laga. Perannya di ruang ganti pun sangat penting lantaran sosoknya sebagai motivator ulung untuk rekan-rekannya yang berusia relatif lebih muda darinya.

4. Bukayo Saka

5 Pemain Arsenal Paling Berpengaruh di Paruh Pertama EPL 2022/2023Bukayo Saka (twitter.com/BukayoSaka87)

Performa Bukayo Saka berkembang pesat di bawah asuhan Mikel Arteta. Kecepatannya di sayap kanan kerap membahayakan lini pertahanan lawan. Dia tidak hanya menjadi pemberi assist bagi rekan-rekannya, tetapi juga tajam dalam mencetak gol.

Pemain 21 tahun ini telah mengoleksi 6 gol dan 7 assist dari 18 laga EPL. Sejak Gabriel Jesus cedera, Mikel Arteta sendiri mengandalkan trio pemain muda di lini serangnya; Bukayo Saka, Eddie Nketiah, dan Gabriel Martinelli. Hebatnya, trio ini menjadi salah satu yang mematikan di EPL musim ini.

5. Martin Odegaard

5 Pemain Arsenal Paling Berpengaruh di Paruh Pertama EPL 2022/2023selebrasi gol pemain Arsenal (arsenal.com)

Martin Odegaard seolah terlahir kembali pada musim ini di bawah arahan Mikel Arteta. Dia bahkan dipercaya sebagai kapten Arsenal pada musim ini. Kepercayaan ini pun meningkatkan performanya di lapangan.

Dia tidak hanya menjadi jenderal di lini tengah Arsenal, tetapi juga mesin gol klub. Pemain asal Norwegia ini menjadi top skor klub dengan torehan 8  gol dan 9 assist dari 19 laga EPL. 

Arsenal dinobatkan sebagai juara paruh musim English Premier League 2022/2023. Konsistensi mereka bakal diuji pada paruh kedua musim. Lima pemain di atas tak boleh lengah dan menjaga performa jika tak ingin peluang juara. Mampukah mereka?

Baca Juga: 6 Pemain Norwegia Bela Klub Top Eropa, Gak Hanya Haaland dan Odegaard

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya