Comscore Tracker

Transfer Aneh, 5 Pemain Bintang yang Bergabung dengan Klub Medioker

Penurunan performa jadi salah satu alasannya

Bursa transfer menjadi kesempatan setiap klub sepak bola untuk memperkuat timnya. Menariknya, dalam sejarah bursa transfer, tidak semua pemain bintang hijrah ke klub besar. Tidak sedikit justru memutuskan pindah ke klub medioker di liga top Eropa.

1. Nabil Fekir

Transfer Aneh, 5 Pemain Bintang yang Bergabung dengan Klub Mediokerpotret Nebil Fekir (twitter.com/NabilFekir)

Setelah bermain reguler di Liga Champions bersama Olympique Lyon dan memenangi Piala Dunia 2018 bersama Prancis, Nabil Fekir justru bergabung dengan Real Betis pada 2019. Kala itu, ia sebenarnya hampir saja bergabung dengan Liverpool, tetapi gagal terwujud karena tidak lolos tes medis.

Meski demikian, pada 2021/2022 ini, Fekir berhasil membawa Real Betis bersaing di papan atas LaLiga. Saat ini, mereka menduduki peringkat ketiga dan terpaut 15 angka dari pemuncak klasemen Real Madrid. Pemain 28 tahun ini sudah menorehkan 94 pertandingan dengan mencetak 18 gol dan 17 assist.

2. Carlos Tevez

Transfer Aneh, 5 Pemain Bintang yang Bergabung dengan Klub Mediokerpotret Carlos Tevez (whufc.com)

Pada musim panas 2006, Carlos Tevez adalah salah satu striker muda yang paling banyak diminati klub-klub top Eropa. Saat itu, ia sukses membawa Corinthians memenangi gelar Serie A Brasileiro tahun sebelumnya. Ia kemudian dikaitkan dengan klub raksasa Eropa, seperti Barcelona, ​​Real Madrid, dan Juventus.

Meski begitu, secara mengejutkan, ia memutuskan untuk bergabung dengan klub Inggris, West Ham United, yang sedang berjuang di zona degradasi. Langkah itu terbukti sukses ketika pemain Argentina itu mencetak gol yang membuat klub terhindar dari degradasi. Setelahnya, Tevez bergabung dengan dua klub besar Inggris, Manchester United dan Manchester City.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain Arsenal yang Kini Bela Klub Medioker Inggris

3. Bojan Krkic

Transfer Aneh, 5 Pemain Bintang yang Bergabung dengan Klub MediokerBojan Krkic (skysports.com)

Bojan Krkic merupakan lulusan akademi La Masia yang sempat digadang-gadang sebagai penerus Lionel Messi di Barcelona. Setelah awal yang menjanjikan, pemain asal Spanyol itu gagal memenuhi ekspektasi karena kalah bersaing dengan deretan striker top Barcelona kala itu.

Krkic sempat dipinjamkan ke AS Roma, AC Milan, dan Ajax, tetapi performanya tak berkembang. Ia akhirnya bergabung dengan klub medioker Premier League, Stoke City, pada 2014 dengan biaya hanya 1,8 juta euro saja. Namun, lagi-lagi ia gagal membuktikan kualitasnya. Krkic bahkan sempat dipinjamkan ke Alaves. Kini, pemain berusia 31 tahun tersebut tampil di Liga Jepang untuk Vessel Kobe.

4. Yannick Carrasco

Transfer Aneh, 5 Pemain Bintang yang Bergabung dengan Klub MediokerYannick Carrasco (transfermarkt.com)

Yannick Carrasco bergabung dengan klub Liga Super China, Dalian FC, dengan kontrak 4 tahun pada 2018. Ini adalah salah satu transfer paling aneh dalam sejarah. Sebab, ia sedang dalam performa terbaiknya dan memainkan peran penting di Atletico Madrid. Kala itu, ia bahkan masih berusia 25 tahun.

Carrasco kembali ke Atletico Madrid pada awal 2020 setelah 2 tahun bersama tim Liga Super China ini. Ia menjadi bagian penting Los Rojiblancos meraih gelar LaLiga pada 2021, yang pertama sejak 2013/2014.

5. Philippe Coutinho

Transfer Aneh, 5 Pemain Bintang yang Bergabung dengan Klub Mediokerpotret Philippe Coutinho (premierleague.com)

Aston Villa mengumumkan kedatangan Philippe Coutinho dengan kontrak pinjaman 6 bulan pada Januari 2022, dengan opsi permanen pada akhir musim. Hal ini cukup ironis. Pasalnya, Coutinho adalah pembelian termahal dalam sejarah Barcelona. Sayangnya, sejak kedatangannya dari Liverpool, pemain asal Brasil ini gagal menunjukan kualitasnya.

Lebih buruknya lagi, Barcelona kesulitan untuk melepasnya ke klub lain karena nilai transfer dan gajinya yang tinggi. Aston Villa sendiri saat ini diasuh mantan rekan Coutinho di Liverpool, Steven Gerrard. Ini menjadi alasan ia mau menerima pinangan klub papan tengah Inggris ini.

Status pemain bintang bukan jaminan sukses bagi seorang pesepak bola. Konsistensi dan mentalitas terkadang memainkan peran lebih besar. Namun, penurunan karier dengan bergabung ke klub medioker pun bukanlah sebuah aib. Ini justru menjadi kesempatan kedua bagi sang bintang untuk mengembalikan performanya.

Baca Juga: Nasib Terkini 5 Pemain Bintang Flop Pasca Bergabung Klub Top Eropa

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya