5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah Bundesliga

Haaland hanya membutuhkan 50 laga saja

Bundesliga mungkin kalah populer dari Premier League atau Serie A. Namun, soal kualitas pemain dan gaya bermain, mereka selalu menyajikan pertandingan yang menghibur. Sepak bola Jerman dikenal memiliki filosofi bermain menyerang sehingga tidak mengherankan jika produktivitas gol mereka di liga domestik ataupun kompetisi Eropa sangat tinggi.

Di Bundesliga juga selalu lahir deretan striker top dengan insting gol luar biasa. Beberapa nama bahkan mampu mencetak 50 gol hanya dalam waktu singkat. Berikut ini adalah lima pemain tercepat yang mencetak 50 gol dalam sejarah Bundesliga.

1. Erling Haaland (50 laga)  

5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah BundesligaErling Haaland (twitter.com/ErlingHaaland)

Erling Haaland menjadi salah satu striker terbaik di dunia sejak awal kehadirannya bersama RB Salzburg. Setelah itu Borussia Dortmund memboyongnya pada musim dingin 2019 dan perkembangannya pun semakin pesat. Dia bahkan menorehkan banyak rekor luar biasa sejak itu, salah satunya pemain tercepat yang mampu mencetak 50 gol di Bundesliga.

Rekor tersebut ia pecahkan hanya melalui 50 pertandingan saja. Haaland tidak hanya menjadi pemain tercepat yang mencatat 50 gol di Bundesliga tetapi juga pemain termuda yang melakukannya (21 tahun dan 129 hari). Faktanya, tidak ada pemain dalam sejarah yang mencapai 50 gol lebih cepat dari pemain Norwegia itu.

2. Klaas-Jan Huntelaar (85 laga)  

5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah BundesligaKlaas-Jan Huntelaar (bundesliga.com)

Hunteelar adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang tidak mewakili Bayern Munchen atau Borussia Dortmund. Penyerang asal Belanda itu hanya membutuhkan 85 pertandingan untuk mencapai golnya yang ke-50 di Bundesliga. Dia bermain tujuh musim di Schalke antara 2010--2017 dan mencetak 82 gol dalam 175 penampilan di Bundesliga.

Pada 2012, Huntelaar pun menjadi pesepak bola Belanda pertama yang dinobatkan sebagai top skor di Bundesliga. Ia mencetak 29 gol dalam 34 pertandingan musim itu. Pada Januari 2021, ia sempat kembali untuk membantu mantan klubnya, Schalke, keluar dari zona degradasi. Sayangnya, ia gagal menolong klubnya itu. Dia mencetak dua gol dalam sembilan pertandingan dan menjadi pemain tertua yang mencetak gol untuk Schalke di Bundesliga.

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Top Scorer Bundesliga Bersama Bayern Munich

3. Pierre-Emerick Aubameyang (86 laga)  

5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah BundesligaPierre-Emerick Aubameyang (bundesliga.com)

Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol ke-50 di Bundesliga pada penampilan ke-86 untuk Borussia Dortmund. Gol tersebut tercipta saat melawan Bayer Leverkusen yang dimenangkan Dortmund 1-0. Striker asal Gabon itu telah mencetak total 98 gol di Bundesliga untuk Dortmund dalam 144 pertandingan.

Selama lima musim bersama Dortmund, Aubameyang mempersembahkan satu gelar DFB Pokal. Pada 2018 ia kemudian diboyong Arsenal dengan harga tinggi 63,75 juta euro atau sekitar Rp1,03 triliun.

4. Arjen Robben (90 laga)  

5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah BundesligaArjen Robben (bundesliga.com)

Arjen Robben menjadi satu-satunya pemain non-striker yang ada dalam daftar ini. Dia adalah bagian penting klub ketika meraih treble winner pertama Bayern Munchen. Ia bergabung dengan Bayern pada 2009 dan hanya butuh 90 pertandingan untuk mencapai 50 gol Bundesliga pada 2013.

Robben telah mencetak total 99 gol Bundesliga untuk Bayern Munich dalam 10 musimnya di klub. Sepanjang dirinya berkostum Bavarians, Robben mempersembahkan satu trofi Liga Champions dan delapan gelar Bundesliga.

5. Robert Lewandowski (91 laga)  

5 Pemain dengan Torehan 50 Gol Tercepat dalam Sejarah BundesligaRobert Lewandowski (bundesliga.com)

Bintang Bayern Munchen ini mencetak 50 gol Bundesliga ketika dia baru berusia 24 tahun. Rekor tersebut ia cetak saat masih berkostum Borussia Dortmund di bawah asuhan Jurgen Klopp. Empat musim bersama Dortmund, Lewandowski sukses memberikan dua gelar Bundesliga.

Pada 2014, secara kontroversial, ia hengkang ke ke tim rival, Bayern Munchen, secara gratis. Meski demikian, itu jadi keputusan terbaiknya. Di sana, ia sukses meraih semua gelar di level klub, 2 trofi Liga Champions dan 7 gelar Bundesliga. Ia juga telah memecahkan rekor gol terbanyak milik Gerd Muller dalam satu musim pada Mei 2021.

 

Itulah lima pemain dengan rekor mencetak 50 gol tercepat dalam sejarah Bundesliga. Hanya pemain-pemain spesial yang berhasil mencatatkan namanya dalam rekor luar biasa ini. Beberapa musim terakhir nama-nama potensial kembali hadir di Bundesliga. Bisakah mereka mematahkan rekor para pemain di atas?

Baca Juga: Adu Statistik Lionel Messi dan Robert Lewandowski, Siapa Lebih Unggul?

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya