5 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala Afrika

Tak ada nama Mohamed Salah

Piala Afrika pertama kali digelar pada 1957. Turnamen ini kemudian rutin diselenggarakan setiap dua tahun sekali. Mesir (7) dan Kamerun (5) menjadi dua negara dengan gelar juara terbanyak.

Edisi 2021 sendiri sempat ditunda karena mewabahnya COVID-19. Turnamen ini kemudian digelar pada 9 Januari 2022 dengan Kamerun sebagai tuan rumah. Sepanjang sejarahnya, ada beberapa nama yang sukses menjadi pencetak gol terbanyak di Piala Afrika.

1. Samuel Eto’o (Kamerun) – 18  

5 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala AfrikaSamuel Eto'o (africatopsports.com)

Samuel Eto'o adalah salah satu pemain terbaik dalam sejarah Afrika. Mantan penyerang Barcelona itu memecahkan rekor pada 2008, ketika menjadi pencetak gol terbanyak dalam sejarah Piala Afrika. Ia mengoleksi 18 gol dari 29 pertandingan.

Sepanjang kariernya itu, Eto'o telah mengikuti tujuh gelaran Piala Afrika. Dia berhasil mempersembahkan dua gelar juara pada 2000 dan 2002. Sedangkan, gelar Sepatu Emas ia raih pada 2006 dan 2008.

2. Laurent Pokou (Pantai Gading) – 14  

5 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala AfrikaLaurent Pokou (cafonline.com)

Striker Pantai Gading, Laurent Pokou adalah pencetak gol terbaik pada masanya. Meski belum pernah menjuarai Piala Afrika, Pokou sukses menjadi peraih Sepatu Emas pada 1968 dan 1970. Dia mencetak 14 gol hanya dalam 8 penampilan pada dua edisi Piala Afrika tersebut.

Ini termasuk pertandingan melawan Ethiopia, di mana dia mencetak lima gol. Sepanjang kariernya, Pokou pernah berkarier di Eropa dengan membela klub-klub Prancis, Stade Rennais dan AS Nancy.

Baca Juga: 8 Rekor Apik Sepanjang Sejarah Piala Afrika

3. Rashidi Yekini (Nigeria) – 13  

5 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala AfrikaRashidi Yekini (footballng.com)

Rashidi Yekini adalah salah satu striker terbaik yang pernah dimiliki Nigeria pada era 1990-an. Dia dikenal karena aksi impresifnya selama Piala Afrika 1992 dan 1994. Yekini sukses menjadi top skor secara beruntun pada dua edisi gelaran tersebut. Pada 1994, dia pun sukses mempersembahkan gelar juara.

Sepanjang kariernya, Yekini mengikuti enam kali gelaran Piala Afrika bersama Nigeria. Ia berhasil mengoleksi 13 gol dari 24 pertandingan. Yekini juga sempat berkarier di Eropa dengan membela Olympiacos, Sporting Gijon, dan FC Zurich.

4. Hassan El-Shazly (Mesir) – 12

5 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala AfrikaHassan El-Shazly (sportmob.com)

Hassan El-Shazly adalah salah satu pemain legendaris Mesir pada era 1970-an. Dia juga merupakan top skor Mesir di Piala Afrika dengan 12 gol dari 10 pertandingan. Sepanjang kariernya, ia sudah mengikuti tiga kali turnamen elite negara-negara Afrika ini. Prestasi terbaiknya adalah menjadi peringkat ketiga pada 1974.

El-Shazly pernah menjadi top skor turnamen ini pada 1962/1963. Pada level klub, dia hanya membela satu klub Mesir, Tersana FC. Dia pernah menjadi top skor Premier League Mesir selama empat kali.

5. Didier Drogba (Pantai Gading) – 11

5 Pemain dengan Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Piala AfrikaDidier Drogba (skysports.com)

Selain Samuel Eto'o, Didier Drogba menjadi pemain Afrika paling sukses di Eropa. Striker asal Pantai Gading itu berhasil meraih Liga Champions dan Premier League untuk Chelsea. Pada level internasional pun prestasinya tak kalah gemilang. Dia adalah top skor Piala Afrika 2012.

Drogba telah mengikuti turnamen ini sebanyak lima kali. Sepanjang itu, dia mengoleksi 11 gol dari 24 pertandingan. Sayangnya, Drogba belum pernah sekalipun menjuarai turnamen. Prestasi terbaiknya adalah runner-up Piala Afrika 2012 setelah kalah dari Zambia lewat adu penalti.

Pada Piala Afrika 2019, Aljazair berhasil menjadi juara. Saat itu, Sepatu Emas direbut oleh striker Nigeria, Odion Ighalo.

Pada edisi 2021 ini, Piala Afrika bakal menghadirkan banyak pemain top Afrika yang bersinar di Eropa. Mohamed Salah dan Sadio Mane dijagokan bisa membawa negaranya melaju jauh. Namun, bisakah mereka menjadi top skor?

Baca Juga: Mengenal 6 Stadion yang Dijadikan Lokasi Piala Afrika 2021

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya