7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane Terbaru

Bisakah Varane bantu kembalikan kejayaan United?

Menghadapi musim baru 2020/2021, Manchester United hadir dengan sebuah ambisi, menjadi juara. Tak main-main, Setan Merah sudah mendatangkan dua pemain berkelas bintang, Jadon Sancho dan Raphael Varane. Nama terakhir didatangkan dari raksasa LaLiga, Real Madrid.

Varane bukanlah pemain pertama yang diboyong United dari klub Spanyol. Sebelumnya, mereka juga sukses dapatkan bintang dari LaLiga. Berikut ini 7 di antaranya.

1. Jordi Cruyff

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane TerbaruJordi Cruyff (thesun.co.uk)

Jordi Cruyff merupakan putra legenda Barcelona Johan Cruyff. Dia bergabung dengan Manchester United dari Barcelona pada 1996 dan mencetak 2 gol dalam tiga pertandingan pertama Premier League. Namun, masalah cedera mengganggu kariernya di Old Trafford, dan gelandang itu meninggalkan klub empat tahun kemudian dengan torehan 8 gol dari 58 penampilan.

2. Gerard Pique

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane TerbaruGerard Pique (goal.com)

Gerard Pique pindah ke Manchester United dari Barcelona saat berusia 17 tahun pada tahun 2004, dan bek itu diperkirakan akan memiliki masa depan yang cerah di Old Trafford. Namun, dia harus berjuang untuk mendapatkan tempat di tengah duet bek terbaik dunia kala itu, yaitu Nemanja Vidic dan Rio Ferdinand,

Hasilnya, dia kesulitan mendapatkan tempat utama. Pique hanya tampil di 23 pertandingan untuk tim utama sebelum kembali ke Camp Nou pada 2008.

Baca Juga: 6 Pemain Prancis yang Juara Premier League di Manchester United

3. David De Gea

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane TerbaruDavid De Gea (bleacherreport.com)

Setelah tampil luar biasa bersama Atletico Madrid, De Gea pindah ke Old Trafford pada tahun 2011 sebagai penerus Edwin van der Sar. Meski awalnya kurang meyakinkan, kiper asal Spanyol bangkit, dan memantapkan dirinya sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di dunia.

Dia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Klub sebanyak empat kali, meski juga kerap membuat serangkaian kesalahan besar dalam tiga musim terakhir dan kerap kalah saing dengan Dean Henderson. 

4. Ander Herrera 

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane TerbaruAnder Herrera (twitter.com/goal)

Manchester United mencoba untuk mengontrak Ander Herrera dari Athletic Bilbao pada musim panas 2013, tetapi mereka baru bisa memboyongnya ke Old Trafford pada 2014. Dia tampil apik, dan memenangkan penghargaan Sir Matt Busby Player of the Year pada musim 2016/17.

Gelandang itu membuat 189 penampilan di semua kompetisi selama lima tahun di Old Trafford. Di akhir kontraknya, sang pemain enggan melanjutkan kerja samanya, dan lebih memilih bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer pada 2019.

5. Victor Valdes

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane TerbaruVictor Valdes (bleacherreport.com)

Setelah menolak tawaran kontrak baru di Barcelona, Valdes bergabung dengan United dengan status bebas transfer pada Januari 2015. Kiper itu hanya membuat 2 penampilan Premier League untuk Setan Merah sebelum 'dibekukan' oleh Louis van Gaal karena menolak bermain di pertandingan U-21. Dia bahkan ditolak masuk loker ruang ganti di Carrington, yang membuatnya pergi untuk bergabung dengan Middlesbrough dengan status bebas transfer pada 2016.

6. Eric Bailly

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane TerbaruEricc Bailey (bleacherreport.com)

Bailly adalah rekrutan pertama Jose Mourinho di Old Trafford pada 2016, dia diboyong dari Villarreal dengan harga 30 juta paun atau sekitar Rp596 milyar. Bek tengah eksentrik ini memiliki musim debut yang menjanjikan di United, tetapi serangkaian masalah cedera menghambat kariernya. Dia hanya membuat 12 penampilan di Premier League pada musim 2020/21, dan musim ini tampaknya ia akan sulit mendapatkan waktu bermain usai kedatangan Raphael Varane.

7. Raphael Varane

7 Pemain yang Diboyong Man United dari Klub LaLiga, Varane Terbarupotret Raphael Varane saat diperkenalkan Manchester United (teamtalk.com)

Menyambut musim baru, Manchester United menjadi salah satu klub paling aktif di bursa transfer. Setelah datangkan Jadon Sancho, giliran Raphael Varane yang resmi diperkenalkan ke publik Old Trafford. Dia diboyong dari Real Madrid dengan mahar 47 juta euro atau sekitar Rp795 milyar.

Ini akan menjadi petualangan barunya usai 10 tahun menjalani karier luar biasa bersama Real Madrid. Dia diharapkan mampu mengembalikan kejayaan Setan Merah yang telah cukup lama puasa gelar.

 

Itulah 7 pemain top yang diboyong Manchester United dari klub-klub LaLiga. Beberapa mampu tampil sesuai ekspektasi klub, dan memberikan dampak signifikan. Kini Raphael Varane menjadi rekrutan terbaru, dan diharapkan akan berkontribusi memberikan gelar di musim baru.

Baca Juga: 9 Pemain yang Pernah Membela Real Madrid dan Manchester United

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya