Comscore Tracker

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murah

Kontribusi luar biasa dan berikan dana pemasukan tinggi

Borussia Dortmund mungkin hanya dinilai sebagai klub kuda hitam di Eropa. Mereka masih kalah besar dari rival abadinya, Bayern Munchen. Tetapi dalam urusan kualitas pemain, Dortmund merupakan gudangnya pemain muda penuh talenta. Hal ini tidak lepas dari strategi transfer mereka yang sangat efektif.

Mereka selalu mampu menemukan bibit unggul untuk diboyong dengan harga murah. Hebatnya mereka berkembang pesat dalam soal skill permainan dan nilai pasar. Nah, berikut ini adalah 6 pemain top yang diboyong Dortmund dengan harga murah.

1. Shinji Kagawa - 300 ribu paun (Rp5,3 miliar) 

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murahbvbbuzz.com

Pada tahun 2010 Dortmund memboyong Shinji Kagawa dari klub Jepang, Cerezo Osaka hanya dengan banderol 300 ribu paun saja. Saat itu usianya masih 21 tahun dan berstatus sebagai salah satu pemain terbaik di J-League.

Kagawa pun membuktikan diri jika pemain Asia mampu tampil apik di Eropa. Sepanjang dua musim berkostum Dortmund, ia mampu mencetak 21 gol dari 49 penampilan. Pada 2012 ia pun diboyong MU dengan harga lebih tinggi, 12 juta paun (Rp214 miliar).

Pada 2014 ia sempat kembali ke Dortmund  sebelum akhirnya hijrah ke Real Zaragoza untuk bermain di La Liga Segunda. Sepanjang kariernya bersama Dortmund, ia sukses persembahkan 2 trofi Bundesliga dan 2 DFB Fokal.

2. Robert Lewandowski - 4 juta paun (Rp71miliar) 

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murahindependent.co.uk

Tidak ada yang meragukan jika Lewandowski adalah salah satu striker tertajam saat ini selain Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Bakatnya ditemukan oleh Dortmund pada 2010 saat memboyongnya dari Lech Poznan hanya dengan harga 4 juta paun.

Empat musim di Signal Iduna Park, ia mampu mengoleksi 103 gol dan 42 assist dari 187 laga. Ia merupakan kunci Dortmund meraih 2 trofi Bundesliga kala itu. Sayang, pada 2014 Dortmund gagal memperpanjang kontrak sang pemain, sehingga ia pun hengkang ke Bayern Munchen dengan status free transfer.

3. Ilkay Gundogan - 4 juta paun (Rp71miliar) 

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murahbundesliga.com

Pada 2011 giliran Ilkay Gundogan yang didapatkan Dortmund dengan harga ekonomis. Ia dipinang  hanya dengan mahar 4 juta paun dari Nurnberg. Ia pun bertansformasi menjadi gelandang tangguh di lini tengah Die Borussian. Ia catatkan 157 laga dengan koleksi 15 gol dan 20 assist, serta satu trofi Bundesliga selama lima musim mengabdi.

Pada 2016, Pep Guardiola memboyongnya ke Manchester Citu dengan harga 20 juta paun (Rp356 miliar). Ia jadi bagian penting skuat City dalam meraih 2 trofi Premier League beruntun di tangan Guardiola.

Baca Juga: Ilkay Gundogan: Perburuan Gelar Juara Telah Usai untuk Manchester City

4. Jadon Sancho - 10 juta paun (Rp176 miliar)

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murahen.as.com

Jadon Sancho merupakan pemain muda dengan nilai pasar tertinggi saat ini. Dilansir Transfermrkt, saat ini ia bernilai 117 juta euro. Padahal pemain berusia 20 tahun itu didapatkan hanya dengan harga 10 juta paun dari Manchester City pada 2016 lalu. 

Talentanya terbukti dari jumlah kontribusi yang ia berikan. Pemain asal Inggris itu telah mencetak 43 assist dan 34 gol dari 94 laga. Berkat performa apiknya, ia pun menjadi buruan banyak klub besar seperti Real Madrid, MU, Chelsea dan Liverpool.

Jika nantinya sang pemain pergi, dipastikan Dortmund akan menuntut harga yang sangat tinggi.

5. Pierre-Emerick Aubameyang - 11 juta paun (Rp196 miliar) 

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murahskysports.com

Kepergian Lewandowski tak membuat Dortmund kehilangan mesin golnya. Pada 2013 mereka mendapatkan Aubameyang dari St Ettiene dengan biaya 11 juta paun. Ia langsung menjelma menjadi striker paling mematikan di Bundesliga. Musim 2016/2017 menjadi penampilan terbaiknya.

Aubameyang menjadi top skorer Bundesliga dengan 31 gol sekaligus persembahkan gelar Bundesliga untuk Dortmund. Selama lima musim, ia catatkan 141 gol dan 36 assist dari 2013 laga. Pada 2018 Dortmund melepasnya ke Arsenal dengan keuntungan sangat besar senilai 63,75 paun (Rp1 triliun).

6. Ousmane Dembele - 13 juta paun (Rp232 miliar) 

Untung Besar, 6 Pemain Top yang Didapatkan Dortmund dengan Harga Murahfcbarcelona.com

Ousmane Dembele merupakan pemain yang memberikan keuntungan terbesar untuk Dortmund. Pada 2016 ia diboyong hanya dengan banderol 13 juta paun dari Rennes. Ia menjadi duet mematikan untuk Aubameyang di lini depan Dortmund. Namun sang pemain hanya bertahan satu musim.

Barcelona memecahkan rekor pada 2017 dengan memboyong sang pemain senilai 105 juta euro (Rp1,9 triliun). Sayangnya, ia alami penurunan performa di Barcelona akibat sering cedera. Bersama Dortmund, Dembele hanya catatkan 50 penampilan dengan koleksi 10 gol dan 22 assist.

Itulah 6 pemain yang didapatkan Dortmund dengan harga rendah, namun memberikan kotribusi sangat besar bagi klub. Tidak hanya performa di lapangan, tetapi juga secara finansial.

Baca Juga: Dengan Menjual Ousmane Dembele, Dortmund Datangkan 6 Pemain Bintang

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya