Comscore Tracker

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1

Takumi Minamino telah sepakat untuk gabung AS Monaco

Sejak ditangani Jurgen Klopp, Liverpool kembali menemukan kejayaan klub yang sempat hilang. Pelatih asal Jerman ini adalah sosok kunci di balik kesuksesan The Reds di Eropa. Salah satu hal yang layak diacungi jempol darinya adalah strategi transfer.

Dia mampu menciptakan skuad dengan kedalaman yang mumpuni. Menariknya, di bawah asuhannya, beberapa pemain Liverpool dilepas ke klub Ligue 1. Terbaru Takumi Minamino hampir pasti bergabung dengan AS Monaco.

1. Divock Origi

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1potret Divock Origi (bleacherreport.com)

Divock Origi merupakan produk dari akademi Lille. Usai menembus tim utama pada musim 2013/2014, Liverpool memboyongnya di akhir musim. Dia ditebus dengan harga 12 juta euro atau sekitar Rp188 miliar.

Namun, Liverpool meminjamkan sang pemain ke klub lamanya selama satu musim. Divock Origi baru resmi berseragam Liverpool pada musim 2014/2015. Sempat dipinjamkan ke Wolfsburg, Divock Origi menjadi sosok spesial di Anfield. Dia kerap menjadi supersub di laga-laga krusial.

Namun, masa baktinya di Liverpool telah usai pada Juni 2022 ini. Kini dia berstatus free agent dan dilaporkan akan segera bergabung dengan AC Milan.

2. Mario Balotelli

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1potret Mario Balotelli (skysports.com)

Liverpool memboyong Mario Balotelli pada musim panas 2014 dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp313 miliar. Transfer ini berakhir sebagai sebuah kegagalan karena performa sang pemain mengecewakan. Sempat dipinjamkan ke AC Milan, Liverpool akhirnya melepas Balotelli secara gratis ke OGC Nice pada musim panas 2016.

Mario Balotelli hanya memainkan 28 pertandingan untuk The Reds. Karier pemain asal Italia ini sempat membaik di Prancis. Dia mencetak 43 gol dari 76 penampilan untuk Nice. Dia kemudian sempat bermain untuk Marseille sebelum pulang ke Italia. Kini pemain 31 tahun tersebut bermain di liga Turki membela Adana Demirspor.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Leicester City yang Diboyong dari Klub Ligue 1

3. Xherdan Shaqiri

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1potret Xherdan Shaqiri (twitter.com/XS_11official)

Xherdan Xhaqiri adalah bagian penting skuad Jurgen Klopp memenangkan trofi Liga Champions dan English Premier League. Meski kerap dijadikan sebagai pemain pelapis. kehadiran pemain asal Swiss ini memberikan kedalaman skuad yang seimbang.

Dia memainkan 63 gol dengan catatan 8 gol dan 9 assist untuk Liverpool. Pada musim panas 2021 dia memutuskan meninggalkan klub untuk gabung Lyon demi bisa tampil reguler. Xhaqiri dilepas dengan harga 6 juta euro atau Rp93 miliar. Namun, dia hanya bertahan satu musim dan saat ini tampil di MLS membela Chicago Fire FC.

4. Georginio Wijnaldum

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1potret Gioginio Wijnaldum (twitter.com/GWijnaldum)

Georginio Wijnaldum adalah salah satu pembelian sukses Liverpool era Jurgen Klopp. Dia diboyong dari Newcastle United seharga 27,5 juta euro atau sekitar Rp430 miliar pada musim panas 2016. Gelandang asal Belanda ini adalah salah satu pahlawan Liverpool saat menjuarai Liga Champions musim 2018/2019.

Kontraknya di Liverpool berakhir pada Juni 2021 dan klub berusaha memperpanjang kontraknya. Namun, sang pemain menginginkan petualangan baru. Dia menerima pinangan Paris Saint-Germain dan pergi secara gratis.

Namun, dia dikabarkan tidak bahagia di klub barunya ini karena jatah bermain yang kurang. Sebuah rumor muncul bahwa Liverpool ingin memulangkan mantan pemainnya ini pada musim panas 2022 ini.

5. Takumi Minamino

5 Pemain Liverpool Terakhir yang Dilepas ke Klub Ligue 1potret Takumi Minamino (liverpoolfc.com)

Takumi Minamino baru berseragam Liverpool selama dua musim. Dia didatangkan dari RB Salzburg dan diplot sebagai pelapis Sadio Mane di posisi sayap kiri. Meski tampil memuaskan, Liverpool dilaporkan selangkah lagi melepasnya ke AS Monaco.

Ini tidak lepas dari padatnya lini serang Liverpool setelah kedatangan Luis Diaz, Darwin Nunez, dan Fabio Carvalho. Apalagi The Reds pun masih memiliki Diogo Jota yang bisa tampil di banyak posisi. Pemain asal Jepang ini kabarnya dilepas dengan harga 15 juta euro atau sekitar Rp234 miliar plus bonus.

 

Liverpool adalah klub dengan kedalaman skuad terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Kondisi ini membuat persaingan untuk mendapatkan tempat utama sangat kompetitif. Beberapa pemain harus tersingkir dan kemudian memilih pergi demi dapatkan tempat reguler.

Baca Juga: 5 Pemain Jepang yang Bermain di Ligue 1 Prancis Sebelum Minamino

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya