5 Pemain Termahal Lyon yang Dilepas ke Klub Premier League

Bruno Guimarães resmi ke Newcastle United  

Satu dekade terakhir Lyon selalu kesulitan untuk bersaing di papan atas Ligue 1. Mereka terakhir kali menjadi juara pada musim 2007//2008. Musim ini, mereka bahkan terdampar di peringkat ke-11. Salah satu penyebabnya adalah hengkangnya pemain bintang Lyon musim lalu, Memphis Depay.

Pada bursa transfer musim dingin 2022 kemarin, satu lagi bintang Lyon yang terpaksa dilepas, Bruno Guimarães yang menerima pinangan Newcastle United. Bruni bukanlah pemain pertama Lyon yang dijual ke klub asal Inggris. Berikut ini deretan lima pemain top Lyon yang memutuskan hengkang ke Premier League.

1. Tanguy Ndombele

5 Pemain Termahal Lyon yang Dilepas ke Klub Premier Leaguepotret Tanguy Ndombele (premierleague.com)

Tanguy Ndombele menjadi penjualan termahal dalam sejarah Lyon ketika dilepas ke Tottenham seharga 60 juta euro atau Rp961 miliar pada 2019. Pemain asal Prancis itu bergabung dengan Lyon sejak 2017 dari Amien SC kala ditebuts seharga 10 juta euro atau Rp160 miliar.

Kepindahannya ke Tottenham justru menjadi titik penurunan performanya. Gelandang serang 25 tahun itu tersisih di era Antonio Conte. Saat ini, Ndombele telah resmi pulang ke Lyon.

2. Alexandre Lacazette

5 Pemain Termahal Lyon yang Dilepas ke Klub Premier Leaguepotret Alexandre Lacazette (twitter.com/LacazetteAlex)

Alexandre Lacazette merupakan produk asli akademi Lyon. Dia dipromosikan ke tim utama pada 2009 dan menjadi salah satu striker mematikan di Ligue 1. Dia mengoleksi 129 gol dari 275 pertandingan. Pada musim panas 2017, tawaran Arsenal datang dengan mahar 53 juta euro atau Rp849 miliar.

Pada musim perdananya di Inggris, Lacazette tampil meyakinkan dengan mencetak 14 gol dari 32 pertandingan Premier League. Namun, inkonsistensi menjadi masalah utamanya. Performanya cenderung selalu menurun dari tahun ke tahun. Musim panas 2022 nanti kontraknya bakal berakhir. Lacazette dikaitkan dengan banyak klub, seperti Newcastle, Leeds United, hingga Atletico Madrid sebagai potensi destinasi selanjutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Asal Brasil yang Tampil Impresif bersama Lyon

3. Bruno Guimarães 

5 Pemain Termahal Lyon yang Dilepas ke Klub Premier Leaguepotret Bruno Guimarães (twitter.com/brunoog97)

Bruno Guimarães baru saja diresmikan menjadi milik Newcaslte United setelah ditebus seharga 42 juta euro atau Rp673 miliar. Pemain asal Brasil itu meruapakan jenderal lapangan tengah Lyon sejak diboyong dari Atletico Paranaense pada 2020 lalu.

Selama hampir dua tahun berkostum Lyon, dia sudah menorehkan 71 pertandingan dengan torehan 3 gol dan 8 assist. Kehadirannya diharapkan mampu membawa Newcastle United bertahan di Premier League musim ini. Hingga pekan ke-22 Premier League, untuk sementara Newcastle United memang masih berjibaku di zona dergadasi.

4. Michael Essien

5 Pemain Termahal Lyon yang Dilepas ke Klub Premier Leaguepotret Michael Essien (uefa.com)

Michael Essien adalah salah satu gelandang terbaik di eranya. Masa keemasannya terjadi ketika membawa Chelsea menjuarai Premier League dan Liga Champions. Namun, potensi besarnya dimulai ketika dia berkostum Lyon. Essien membela Lyon pada periode 2003 hingga 2005 sebelum dilepas ke Chelsea seharga 38 juta euro atau Rp608 miliar pada 2005.

Essien adalah sosok pemain yang bisa bermain di banyak posisi, bahkan hingga bek tengah dan bek sayap. Dalam kariernya, Essien sempat membela Real Madrid, AC Milan, Panathinaikos, bahkan hingga Persib Bandung sebelum memutuskan gantung sepatu di tahun 2020.

5. Florent Malouda

5 Pemain Termahal Lyon yang Dilepas ke Klub Premier Leaguepotret Florent Malouda (skysports.com)

Sukses dengan Essien, Chelsea belanja pemain dari Lyon lagi di tahun 2007. Kali ini buruan mereka adalah Florent Malouda. Malouda diboyong dengan harga 19 juta euro atau sekitar Rp304 miliar. Saat itu dia langsung menjadi andalan dan bagian dari generasi emas The Blues ketika meriah gelar Liga Champions pertama dalam sejarah klub.

Malouda membela Chelsea selama enam musim sebelum pergi ke Liga Turki Trabzonspor. Dia sempat berkarier di India sebelum memutuskan gantung sepatu pada 2018. Malouda juga merupakan generasi emas ketika Lyon mendominasi Ligue 1 pada era 2000-an.

Meski dominasi Lyon di Ligue 1 telah digesar oleh klub lain, seperti Paris Saint-Germain, AS Monaco, hingga OGC Nice, Lyon tetap menjadi salah satu klub top Prancis. Hal ini tidak lepas dari banyaknya pemain potensial di dalam tubuh tim. Namun, hal ini juga yang membuat mereka kemudian harus kehilangan sederet bintang mudanya itu karena ketertarikan klub-klub mapan Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique Lyon

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya