Comscore Tracker

Calon Bintang, Inilah 5 Pemain Muda Penerus Generasi Emas Belgia

#WorldCup2018 Persiapan Piala Dunia 2022

Setelah diperkirakan bisa mencetak sejarah di Piala Dunia 2018, timnas Belgia akhirnya harus mengubur impiannya tersebut. Mereka harus kalah di tangan Prancis dengan skor 1-0 pada Rabu dini hari (11/7/2018).

Performa Belgia di Piala Dunia 2018 ini pun awalnya sangat menjanjikan. Mereka mampu meraih poin sempurna di fase grup, termasuk mengalahkan Inggris dengan skor 1-0. Di fase grup pun mereka tampil sangat luar biasa. Sempat tertinggal 2-0 dari Jepang, The Red Devils bisa membalikan keadaan menjadi 3-2 di akhir pertandingan.

Brazil menjadi korban Belgia selanjutnya di babak perempat final. Mereka berhasil ditaklukan dengan skor 2-1. Performa moncer Belgia itu sebenarnya tidaklah mengejutkan karena mereka diisi oleh pemain-pemain hebat di setiap lininya. Thibaut Courtois, Jan Vertonghen, Kevin De Bruyne, Eden Hazard dan Romelu Lukaku menjadi deretan pemain yang disebut-sebut sebagai generasi emas Belgia.

Namun ada juga yang mengasumsikan jika generasi tersebut akan berakhir. Di Piala Dunia 2022, generasi tersebut akan memasuki usia senior dan menjadi akhir dari generasi emas Belgia. Akan tetapi, pada nyatanya Belgia masih memiliki deretan pemain muda calon bintang masa depan yang bisa jadi generasi emas Belgia selanjutnya. Siapa saja mereka? Check this out.

1. Youri Tielemens (AS Monaco)

Calon Bintang, Inilah 5 Pemain Muda Penerus Generasi Emas Belgiaindependent.co.uk

Youri Tielemens merupakan pemain termuda Belgia di Piala Dunia 2018. Dirinya masih berusia 21 tahun, dan saat ini bermain untuk klub top Prancis, AS Monaco.

Tielemens sendiri 3 kali diturunkan Roberto Martinez di fase grup dengan total 97 menit bermain. Hebatnya, meskipun bermain dari bangku cadangan dan masih muda, dia mampu menciptakan dua assist sepanjang turnamen.

Tielemens merupakan pemain yang bersinar saat membela Anderlecht selama 4 musim. Dia mampu mencetak 19 goal dan 16 assist dari 99 laga yang di jalaninya.

Musim lalu sang pemain menjadi milik AS Monaco. Klub ini akan menjadi tempat yang cocok bagi perkembangan pemain muda sepertinya. Disinilah bintang-bintang muda seperti Kylan Mbappe, Thomas Lemar dan Bernardo Silva lahir.

Beberapa tahun ke depan tak akan mengherankan jika Tielemens bakalan menjadi salah satu bintang yang bersinar di Eropa. Hal ini tentunya bisa menjadi investasi Belgia untuk generasi selanjutnya.

2. Mile Svilar (Benfica)

Calon Bintang, Inilah 5 Pemain Muda Penerus Generasi Emas Belgiatalkingbaws.com

Posisi penjaga gawang Thibaut Courtois di Belgia memang belum tergantikan. Pemain berusia 26 tahun itu masih selalu menjadi pilihan utama Roberto Martinez. Dia pun masih memilki karir yang panjang untuk timnas Belgia di berbagai turnamen ke depan.

Meskipun begitu, Belgia masih memiliki talenta penjaga gawang muda lainnya yang akan menjadi penerus Courtois yang tak kalah hebat. Dia adalah Mile Svilar.

Sang kiper terhitung masih sangat muda, yaitu 18 tahun. Meskipun belum menjadi kiper utama di Benfica. Musim lalu dia dipercaya menjaga gawang Benfica dalam 8 pertandingan di semua kompetisi. Termasuk 3 laga di Liga Champions.

Salah satu yang menarik perhatian tentunya saat Benfica melawan Manchester United di Liga Champions. Sviller mampu tampil luar biasa dalam laga tersebut dengan menahan tendangan-tendangan para penyerang MU, meskipun satu blundernya menyebabkan kemenangan MU.

3. Zinho Vanheusden (Inter Milan)

Calon Bintang, Inilah 5 Pemain Muda Penerus Generasi Emas Belgiaempireofthekop.com

Nama Zinho Venheusden mungkin masih sangat asing bagi pecinta sepak bola Dunia, bahkan bagi fans Inter Milan dimana dirinya saat ini dia bermain. Venheusden saat ini bermain bagi tim muda Inter Milan.

Sang pemain merupakan calon bintang Belgia masa depan. Dia merupakan salah satu pemain yang bertalenta bahkan disebut sebagai pemain muda Inter Milan paling menjanjikan, namun sayangnya musim lalu dia harus mengalami cedera ligamen.

Venheusden bergabung bersama Inter Milan saat dirinya masih berusia 16 tahun, setelah sebelumnya bermain di Standard Liege. Agar mampu mengembangkan permainannya, Inter meminjamkan sang pemain ke Standar Liege untuk memulai debut profesionalnya pada musim lalu.

4. Francesco Antonucci (AS Monaco)

Calon Bintang, Inilah 5 Pemain Muda Penerus Generasi Emas Belgiauefa.com

Pemain muda Belgia lainnya yang berpotensi menjadi bintang adalah Francesco Antonucci. Pemain yang berposisi sebagai attacking midfielder ini masih berusia 19 tahun dan bermain untuk tim muda AS Monaco.

Dia merupakan salah satu lulusan akademi Ajax Amterdam yang kemudian hijrah ke AS Monaco. Dikabarkan sang pemain sempat menolak tawaran tim besar seperti Chelsea, Barcelona dan Juventus.

Meskipun belum bisa masuk tim utama, Antonucci diharapkan akan berkembang di AS Monaco. Apalagi usianya masih sangat muda, sehingga masih banyak waktu untuk menunjukan permainan terbaiknya.

5. Charlie Musonda Jr (Chelsea)

Calon Bintang, Inilah 5 Pemain Muda Penerus Generasi Emas Belgia90min.com

Charly Musonda merupakan salah satu pemain muda Chelsea yang paling bertalenta. Demi mengembangkan permainannya, pada tahun 2016 dia dipinjamkan ke klub Spanyol, Real Betis selama enam bulan. Namun berkat penampilannya yang gemilang, Real Betis memperpanjangnya menjadi satu musim penuh.

Sayangnya, dia sisa waktu peminjaman tersebut, permainannya cenderung menurun sehingga dia pun dikembalikan kepada Chelsea setahun berikutnya.

Pada musim 2017/2018 dia memulai karir barunya bersama Chelsea dan mampu mencetak gol debutnya saat mengalahkan Nottingham Forest di Piala Liga.

Pada Januari 2018 dia kembali dipinjamkan ke klub Skotlandia, Celtic meskipun belum bisa tampil maksimal. Chelsea sendiri masih mempercayai jika sang pemain masih berkembang, dan itulah alasan kenapa mereka tidak melepaskan sang pemain ke klub lain.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You