5 Pemain Paling Menonjol dalam Duel Liverpool vs Ajax di GW2 UCL

Joel Matip cetak gol kemenangan di akhir laga

Liverpool hampir saja gagal meraih kemenangan pada matchday kedua fase grup UEFA Champions League (UCL) saat menjamu Ajax, Rabu dini hari (14/09/2022) WIB. Namun, Joel Matip berhasil keluar sebagai pahlawan lewat golnya di menit ke-89.

Lewat gol tersebut, The Reds berhasil meraih kemenangan pertama di UCL dengan skor 2-1. Liverpool menguasai jalannya pertandingan dengan 58 persen penguasaan bola dan 24 tendangan ke arah gawang lawan berbanding hanya 3 milik Ajax.

Beberapa pemain tampil sangat menonjol pada laga ini menjadi pembeda. Siapa saja mereka? Yuk kita simak ulasannya.

1. Joel Matip (8,0)

5 Pemain Paling Menonjol dalam Duel Liverpool vs Ajax di GW2 UCLJoel Matip (uefa.com)

Joel Matip sangat layak disebut sebagai pahlawan Liverpool pada laga ini. Golnya di akhir laga memberikan kemenangan pertama Liverpool di fase grup UCL musim ini. Lebih dari itu, dia menunjukan performa luar biasa selama 90 menit pertandingan.

Dia tidak hanya kokoh dalam bertahan, tetapi juga membantu serangan secara efektif. Bek asal Kamerun ini mencatatkan 3 tekel sukses, 2 clearance, 3 tendangan ke arah gawang lawan, dan memenangkan 7 duel udara. Tak mengherankan jika dia didapuk menjadi Man of The Match pada laga ini.

2. Kostas Tsimikas (7,9)

5 Pemain Paling Menonjol dalam Duel Liverpool vs Ajax di GW2 UCLKostas Tsimikas (uefa.com)

Absennya Robertson berhasil digantikan dengan sangat baik oleh Kostas Tsimikas. Perannya sebagai fullback di sisi kiri sangat signifikan. Dia membantu serangan secara sporadis dengan 5 umpan kunci dan16 crossing, di mana satu di antaranya berhasil dikonversi menjadi gol oleh Joel Matip.

Strategi menyerang total yang ditunjukan Liverpool membuat Ajax bermain bertahan hampir sepanjang laga. Serangan Liverpool sendiri hampir 31 persen berasal dari sisi kiri yang dibangun oleh Kostas Tsimikas dan Luis Diaz.

Baca Juga: Kudus Bobol Gawang Liverpool, Klopp: Tendangannya Tak Masuk Akal

3. Diogo Jota (7,9)

5 Pemain Paling Menonjol dalam Duel Liverpool vs Ajax di GW2 UCLDiogo Jota dan Mohamed Salah (uefa.com)

Diogo Jota diturunkan seja menit awal sebagai striker utama. Meski gagal mencetak gol, dia berkontribusi memberikan assist untuk gol Mohamed Salah pada menit ke-17. Sepanjang laga pemain asal Portugal menciptakan 2 shoot on goal, 3 umpan kunci, dan 2 dribel sukses.

Pergerakannya di lini serang sangat merepotkan para pemain bertahan Ajax, sekaligus memberikan ruang bagi rekan-rekannya untuk menciptakan gol. Sang pemain sendiri baru bermain tiga laga di semua ajang pada musim ini setelah sembuh dari cedera hamstring sejak awal musim.

4. Mohamed Salah (7,6)

5 Pemain Paling Menonjol dalam Duel Liverpool vs Ajax di GW2 UCLMohamed Salah (uefa.com)

Setelah tampil kurang memuaskan saat melawan Napoli, Mohamed Salah menunjukan kualitasnya pada laga ini. Dia mencetak gol pertamanya di Liga Champions Eropa musim 2022/2023. Ada catatan menarik di balik gol tersebut.

Mohamed Salah kini telah mencetak 9 gol dari 9 penampilan terakhirnya di fase grup UCL. Sepanjang laga ini pemain asal Mesir melakukan 3 tendangan ke arah gawang lawan, 2 umpan kunci, dan 2 dribel sukses.

5. Mohammed Kudus (7,6)

5 Pemain Paling Menonjol dalam Duel Liverpool vs Ajax di GW2 UCLMohammed Kudus (uefa.com)

Mohammed Kudus menjadi satu-satunya pemain Ajax yang berada dalam daftar ini. Dia berhasil memaksimalkan satu-satunya peluang emas Ajax dalam laga ini menjadi gol pada menit ke-27.

Sepanjang pertandingan, lini serang Ajax dibuat mati kutu. Mereka dipaksa bermain bertahan karena serangan Liverpool yang membabi buta. Mohammed Kudus menjadi bintang Ajax sejauh ini setelah kehilangan banyak pemain inti. Sejauh ini, dia telah mencetak 6 gol dari 9 pertandingan di semua ajang.

 

Ajax dan Liverpool kini sama-sama mengumpulkan tiga poin. Laga Napoli melawan Rangers baru akan dilangsungkan pada Kamis dini hari (15/09/2022). Kedua tim harus fokus meraih kemenangan pada laga-laga berikutnya karena persaingan di grup ini akan sangat sengit.

Baca Juga: 6 Fakta Duel Liverpool vs Ajax Amsterdam pada Matchday Kedua UCL

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya