5 Pemain Sayap Top yang Meninggalkan Premier League Musim Panas 2022

Langsung gacor di klub barunya!

English Premier League (EPL) selalu menjadi kompetisi tersibuk setiap jendela transfer terbuka. Musim panas 2022 ini Premier League kedatangan pemain bintang baru, seperti Erling Haaland, Darwin Nunez, dan Lisandro Martinez.

Kendati demikian, sederet pemain top pun telah resmi meninggalkan Premier League. Menariknya, salah satu posisi yang banyak diburu adalah winger. Lima pemain top ini diboyong oleh klub-klub besar Eropa. Siapa saja mereka? Yuk, disimak!

1. Takumi Minamino

5 Pemain Sayap Top yang Meninggalkan Premier League Musim Panas 2022potret Takumi Minamino (liverpoolfc.com)

Sejatinya Takumi Minamino adalah winger potensial yang dimiliki Liverpool. Namun, dia kesulitan mendapatka waktu bermain reguler. Dia kalah bersaing dengan nama-nama besar, seperti Sadio Mane, Diogo Jota, dan Luis Diaz.

Dia bahkan sempat dipinjamkan ke Southampton pada musim 2020/2021 dan menunjukkan performa apik. Namun, ini tidak membuat dia mendapatkan kepercayaan lebih dari Jurgen Klopp. Musim panas 2022 ini dia pun memutuskan untuk pergi. Dia menerima pinangan AS Monaco usai ditebus 15 juta euro atau Rp228 miliar dengan durasi kontrak 4 tahun.

2. Raphinha

5 Pemain Sayap Top yang Meninggalkan Premier League Musim Panas 2022Raphinha (fcbarcelona.com)

Saga transfer Raphinha berjalan penuh drama. Dia hampir bergabung dengan Chelsea usai terjadi kesepakatan harga dengan Leeds United. Namun, The Blues bukanlah klub yang diinginkan winger asal Brasil ini. Dia ingin hengkang ke Barcelona.

Setelah melewati negosiasi panjang, Barcelona mewujudkan transfer ini usai menebusnya dengan harga 58 juta euro atau sekitar Rp880 miliar. Dia dikontrak dengan durasi 5 tahun. Hebatnya, Raphinha langsung menunjukan performa impresif pada laga pramusim. Dia mencetak gol penentu kemenangan kala melawan Real Madrid.

Baca Juga: Gagal Dapatkan Raphinha, 5 Winger Ini Bisa Diboyong Arsenal

3. Steven Bergwijn

5 Pemain Sayap Top yang Meninggalkan Premier League Musim Panas 2022Steven Bergwijn (twitter.com/StevenBergwijn)

Steven Bergwijn menjadi pemain yang tersingkirkan di era Antonio Conte, apalagi sejak kedatangan Dejan Kulusevski yang tampil impresif. Pemain asal Belanda ini pun tak masuk dalam rencana jangka panjang Antonio Conte dan masuk dalam daftar jual pemain.

Winger 24 tahun ini kemudian memutuskan kembali ke Eredivisi untuk bergabung dengan Ajax. Dia ditebus dengan harga 31 juta euro atau sekitar Rp470 miliar dengan durasi kontrak 5 tahun. Eredivisi bukan kompetisi asing baginya. Pasalnya dia sempat bersinar bersama PSV Eindhoven sebelum gabung Tottenham Hotspur.

4. Trezeguet

5 Pemain Sayap Top yang Meninggalkan Premier League Musim Panas 2022Trezeguet (twitter.com/Sport360Egypt)

Trezeguet merasakan atmosfer Premier League sejak musim panas 2019. Kala itu dia direkrut Aston Villa dengan harga 10 juta euro atau sekitar Rp151 miliar. Namun, kehadiran Steven Gerrard sebagai pelatih baru mengubah takdirnya.

Dia tersingkirkan dari tim utama. Pada Februari 2022 dia sempat dipinjamkan ke Basaksehir selama 6 bulan. Di sisi lain, Aston Villa mulai merekrut pemain-pemain top, seperti Emiliano Buendia dan Philippe Coutinho. Musim panas 2022 ini dia pun terbuang dengan dilepas ke klub Turki lainnya,Trabzonspor, dengan mahar 4 juta euro.

5. Sadio Mane

5 Pemain Sayap Top yang Meninggalkan Premier League Musim Panas 2022Sadio Mane (fcbayern.com)

Banyak pihak akan setuju bahwa Sadio Mane adalah salah satu winger terbaik dunia saat ini. Dia adalah pemain kunci Liverpool memenangkan Premeir League dan Liga Champions. Dia juga sukses membawa Timnas Senegal menjuarai Piala Afrika 2020.

Namun, waktunya di Anfield telah selesai. Dia berhasrat merasakan petualangan baru. Sadio Mane hijrah ke Bayern Munich dengan biaya transfer 32 juta euro atau sekitar Rp486 miliar. Dia dikontrak dengan durasi 3 tahun. Performanya pun sangat luar biasa pada laga debutnya dengan mencetak satu gal pada laga DFL Supercup.

 

Sebagai kompetisi terbaik di Eropa, Premier League telah melahirkan banyak pemain bintang. Mereka telah teruji dengan level kompetisi tingkat tinggi. Tak mengherankan banyak klub lainnya yang berburu pemain dari kompetisi asal Inggris ini.

Baca Juga: Klopp Bongkar Alasan Sadio Mane Tinggalkan Liverpool

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya