5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Sesama Klub London

Here we go, Jorginho resmi gabung Arsenal

London tidak hanya dikenal sebagai ibukota Inggris, tetapi juga menjadi pusat sepak bola Britania Raya. Terdapat banyak klub yang terlahir di sana dan tampil di kasta tertinggi sepak bola Inggris, English Premier League (EPL). Salah satu yang paling sukses adalah Chelsea.

Persaingan klub-klub asal London selalu menyajikan duel panas, khususnya saat The Blues melawan Arsenal atau Tottenham Hotspurs. Menariknya, Chelsea tidak segan melepas pemainnya ke tim rival satu kota dalam beberapa tahun terakhir. Berikut merupakan sederet pemain terakhir yang dilepas Chelsea ke sesama tim asal London.

1. David Luiz

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Sesama Klub LondonDavid Luiz (arsenal.com)

David Luiz berkostum Chelsea selama 2 periode berbeda. Kariernya di Stamford Bridge terbilang cemerlang dengan torehan 1 trofi Premier League, 1 Liga Champions, dan 2 Liga Europa. Namun, dia memutuskan hijrah ke klub rival, Arsenal pada musim panas 2019 yang menyodorkan kontrak berdurasi 2 tahun.

Alasan kepergiannya dikarenakan manajer baru Chelsea kala itu, Frank Lampard, tidak bisa memberikan jaminan waktu bermain. David Luiz memainkan 73 penampilan bagi Arsenal sebelum pergi dengan status bebas transfer ke Flamengo pada 2021 lalu. Kendati performanya dinilai mengecewakan, David Luiz sempat persembahkan gelar FA Cup pada musim 2019/2020.

2. Willian

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Sesama Klub LondonWillian (twitter.com/willianborges88)

Willian dinilai sebagai salah satu pemain paling stabil yang pernah dimiliki Chelsea. Dia berkostum The Blues selama 7 musim dengan persembahan 2 trofi English Premier League, 1 Liga Europa, dan 1 FA Cup, Dia juga terpilih dua kali sebagai pemain terbaik Chelsea.

Namun, sang winger memutuskan gabung Arsenal pada musim panas 2020 dengan status free transfer. Keputusan itu dia ambil karena tertarik dengan proyek yang direncanakan Mikel Arteta. Sayang, dia justru tampil tak sesuai ekspektasi. Willian bahkan hanya bertahan semusim saja dari kontraknya yang berdurasi 3 tahun.

Dia merasa tidak bahagia dan kedua belah pihak sepakat memutus kontrak pada 2021. Pemain asal Brasil memainkan 37 laga dengan torehan 1 gol dan 7 assist untuk Arsenal.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Pindah Langsung dari Chelsea ke Arsenal

3. Kurt Zouma

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Sesama Klub LondonKurt Zouma (twitter.com/WestHam)

Kurt Zouma didapatkan Chelsea dari Saint-Ettiene pada 2014 silam. Kala itu dirinya masih berusia 18 tahun. Perjalanan kariernya di Chelsea naik turun. Dia sempat dipinjamkan ke Stoke City dan Everton sebelum jadi andalan The Blues di era Frank Lampard.

Sayang, pergantian kursi pelatih ke tangan Thomas Tuchel mengubah nasibnya. Dia tidak masuk dalam rencana sang pelatih. Bek asal Prancis kemudian memutuskan pergi ke West Ham pada musim panas 2021. Dia ditebus dengan harga 35 juta euro atau Rp570 milair.

4. Emerson Palmieri

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Sesama Klub LondonEmerson Palmieri (twitter.com/emersonpalmieri)

Emerson Palmieri didatangkan Chelsea dari AS Roma pada musim panas 2018. Sayangnya, sang bek kiri gagal tampil reguler di skuad utama. Dia kalah bersaing dengan nama lebih besar seperti Marcos Alonso dan Ben Chilwell. Bek berpaspor Italia ini memainkan 71 laga dengan torehan 2 gol dan 5 assist.

Sempat dipinjamkan ke Lyon sepanjang musim 2021/2022, Emerson Palmieri akhirnya dilepas permanen ke West Ham United pada musim panas 2022 kemarin. Dia ditebus dengan harga 15,4 juta euro atau Rp 251 miliar dengan durasi kontrak 4 tahun.

5. Jorginho

5 Pemain Terakhir yang Dilepas Chelsea ke Sesama Klub Londonpremierleague.com

Jorginho dipastikan bergabung dengan Arsenal pada deadline day bursa transfer musim dingin Januari 2023. Dia menjadi alternatif Arsenal setelah sulit mendapatkan Moises Caicedo dari Brighton. The Gunners pun menebus juara Euro 2020 ini dari Chelsea seharga 12 juta euro atau Rp195 miliar.

Kontrak sang pemain sendiri menyisakan 6 bulan lagi di Chelsea. Posisinya mulai terpinggirkan dengan datangnya deretan pemain baru di Stamford Bridge. Jorginho sendiri telah memainkan 213 laga dengan torehan 26 gol dan 9 assist bagi The Blues. Dia juga turut berperan penting persembahkan 1 gelar Liga Champions dan 1 Liga Europa.

Jorginho menjadi pemain ketiga yang dilepas Chelsea ke Arsenal era Mikel Arteta. Jika melihat dua transfer sebelumnya, mereka tampil tak sesuai harapan. Di sisi lain, kepergian sang pemain akan memberikan ruang bagi pemain baru Chelsea untuk bersinar.

Baca Juga: Kecerdasan Jorginho Jadi Jawaban Buat Arsenal

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya