Comscore Tracker

Luar Biasa! Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarah

#ANGPOIN Bukan Griezmann lho, lantas siapa ya?

Dalam satu dekade terakhir, Barcelona merupakan salah satu klub terbaik Eropa yang dikenal berkat kontribusi pemain akademinya, La Massia. Nama-nama besar seperti Xavi, Iniesta, Pique, Puyol hingga Lionel Messi menjadi kunci permainan El Barca untuk memenangi hampir semua trofi.

Namun, dalam lima tahun terakhir budaya tersebut telah berubah. Barcelona kini mulai jorjoran dengan membeli pemain bintang dari klub besar lainnya. Hal itu terbukti dari rekor lima pemain termahal sepanjang sejarah klub yang tercipta dalam lima tahun terakhir. Berikut ulasannya.

1. Frenkie De Jong - 75 juta Pound atau Rp1,3 triliun (2019)

Luar Biasa! Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarahstandard.co.uk

Musim 2018/2019 Ajax memukau sepak bola dunia dengan menjadi juara Eredivisi dan melaju hingga babak semifinal Liga Champions. Luar biasanya, raihan ini mereka dapatkan dengan mengandalkan para pemain muda.

Dari sekian pemain yang bersinar, Frenkie De Jong menjadi pemain yang paling menonjol.. Tak heran, ia pun menjadi rebutan banyak klub besar Eropa. Namun, Barcelona yang menjadi paling beruntung setelah menggelontorkan mahar 75 juta pound atau Rp1,3 triliun untuk pemain berusia 22 tahun ini.

Ia diharapkan menjadi kunci lini tengah Barcelona layaknya Iniesta untuk mengembalikan supermasi Barcelona di Eropa.

2. Luis Suarez - 75 juta pound atau Rp1,3 triliun (2014)

Luar Biasa! Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarahtwitter.com/LuisSuarez9

Semenjak bersinar bersama Ajax, Luis Suarez bertransformasi menjadi salah satu striker paling tajam di Eropa. Namanya semakin bersinar saat menjadi tumpuan Liverpool bersama Steven Gerrard. Tiga musim di Anfield, Suarez sukses mencetak 82 gol.

Pada tahun 2014, Barcelona pun terpikat dan merekrutnya dengan harga 75 juta pound atau Rp1,3 triliun. Meski debutnya diawali dengan larangan bermain selama empat bulan, Suarez sukses mencetak 25 gol di musim perdananya.

Bahkan di musim selanjutnya ia semakin menggila dengan mencetak 40 gol di La Liga dan menjadikannya top skorer musim itu mengalahkan Messi dan Cristiano Ronaldo. Lima musim bersama Barcelona, kini ia telah tercatat mencetak 177 gol dan 96 assist dari 247 penampilan bersama Barcelona.

Baca Juga: Dicap Pengkhianat, Ini 7 Pemain Sepak Bola yang Pindah ke Klub Rival

3. Ousmane Dembele - 97 juta pound atau Rp1,68 triliun (2017)

Luar Biasa! Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarahbleacherreport.com

Pada tahun 2017 Barcelona mengejutkan dunia dengan melepas Neymar Jr ke PSG dengan harga fantastis. Sebagai gantinya, Barca pun bergerak cepat dengan mendatangkan talenta muda milik Dortmund, Ousmane Dembele dengan harga 97 juta pound atau Rp1,68 triliun.

Sayangnya, di musim perdananya Dembele harus menderita cedera serius dan mengakhiri musim lebih cepat. Meski memiliki skill dan telenta yang luar biasa, Dembele kerap bermasalah dalam urusan disiplin dan kebugaran. Musim lalu bahkan ia sempat dibekukan dari tim oleh Valverde.

Isu pun mulai merebak jika Dembele masuk dalam daftar pemain yang akan dijual Barcelona. Apalagi mereka telah mendapatkan pemain hebat Prancis lainnya, Antoine Griezmann.

4. Antoine Griezmann - 120 juta pound atau Rp2,08 triliun (2019)

Luar Biasa! Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarahbleacherreport.com

Sudah dua tahun Antoine Griezmann sebenarnya menjadi pemain incaran Barcelona, namun kerap mendapatkan penolakan dari Atletico Madrid. Tetapi keinginan mereka akhirnya terlaksana di bursa transfer musim dingin 2019, setelah membayar klausul pelepasan sang pemain sebesar 120 juta pound atau sekitar Rp2,08 triliun.

Griezmann sendiri saat ini sedang berada di puncak kariernya setelah membawa Atletico Madrid juara Liga Eropa 2017/2018 dan Piala Dunia 2018 untuk Prancis. Bersama Barcelona, ia berpotensi besar untuk merasakan gelar bergengsi yang belum pernah dirasakannya, Liga Champions dan La Liga.

5. Phillipe Coutinho - 146 juta pound atau sekitar Rp2,53 triliun (2018)

Luar Biasa! Inilah 5 Pemain Termahal Barcelona Sepanjang Sejarahfcbarcelona.com

Musim lalu Barcelona mencetak sejarah dengan memboyong Phillipe Coutinho sebagai pemain termahal dalam sejarah klub. Pemain asal Brasil itu diboyong dengan harga 148 juta pound atau setara Rp2,53 triliun. Tak hanya rekor klub, kini ia pun tercatat sebagai pemain termahal ketiga dunia di bawah Neymar dan Kylan Mbappe.

Sayangnya, harga selangit tersebut belum diimbangi dengan performa impresif sang pemain. Coutinho tampil inkonsisten dengan hanya mencetak lima gol dari 48 penampilannya di musim lalu.

Akibatnya, meski baru semusim ia pun kini dikabarkan ingin hengkang dari Camp Nou dan menjadi incaran tim besar seperti PSG dan Manchester United. Namun kabar terbaru menyebutkan jika ia akan kembali ke Liverpool dengan status pemain pinjaman.

Itulah lima pemain termahal yang pernah direkrut Barcelona sepanjang sejarah. Mampukah pemain baru musim ini berdampak signifikan?

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Dunia Ini Kehilangan Performa di Lapangan Hijau

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You