5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Marcelo Bielsa

Bielsa baru saja dipecat Leeds United

Kerja sama Marcelo Bielsa dan Leeds United akhirnya harus terputus usai serangkaian hasil buruk dalam beberapa laga terakhir. Akibat dari performa buruk tersebut, Leeds United terancam degradasi. Terlepas dari itu semua, Bielsa diakui sebagai salah satu pelatih top dunia.

Meski tak memiliki gelar bergengsi di level klub, Bielsa melahirkan filosofi sepak bola atraktif untuk setiap klub yang dia tangani. Dia juga cerdas dalam memanfaatkan bakat para pemainnya. Lazio, Lille, dan Leeds adalah tiga klub terakhir yang pernah dia asuh. Sepanjang kariernya sebagai menajer, berikut lima rekrutan termahal yang pernah dia datangkan.

1. Rodrigo

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Marcelo Bielsapotret Rodrigo (premierleague.com)

Rodrigo menjadi pembelian termahal yang pernah didatangkan Marcelo Bielsa. Pemain berdarah Brasil itu ditebus dengan harga 30 juta euro atau sekitar Rp482 miliar dari Valencia pada musim panas 2020.

Sayangnya, performanya belum cukup memuaskan. Dia baru mencetak 10 gol dari 50 pertandingan di semua kompetisi. Pada musim keduanya saat ini dia hanya mampu mencetak 3 gol dari 19 pertandingan Premier League.

2. Diego Llorente

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Marcelo Bielsapotret Diego Llorente (twitter.com/diego_2llorente)

Musim 2020/2021 berhasil membawa Leeds United kembali ke Premier League setelah menjuarai divisi Championship. Demi membangun skuad yang kompeten, Marcelo Bielsa mendatangkan beberapa pemain mahal pada musim itu, salah satunya seorang bek, Diego Llorente.

Dia didatangkan dari Real Sociedad pada musim panas 2020 dengan harga 20 juta euro atau sekitar Rp321 miliar. Musim perdananya tidak berjalan mulus karena menderita cedera panjang. Dia hanya mampu tampil pada 15 laga Premier League. Musim ini dia telah memainkan 19 laga.

Baca Juga: 5 Pelatih Top yang Pernah Dilatih Marcelo Bielsa Semasa Jadi Pemain

3. Raphinha

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Marcelo Bielsapotret Raphinha (twitter.com/LUFC)

Raphinha adalah pembelian tersukses Marcelo Bielsa di Leeds United. Winger asal Brasil itu diboyong dari Stade Rennes pada musim panas 2020 dengan harga 18,6 juta euro atau sekitar Rp298 miliar.

Musim ini dia sudah mengoleksi 9 gol dan 2 assist dari 24 laga Premier League. Dia memiliki olah bola menawan dan kecepatan yang menjadikannya sosok winger berbahaya. Beberapa klub besar, seperti Liverpool dan Manchester United dikaitkan dengan namanya. Nilai pasarnya saat ini berada di angka 40 juta euro atau Rp642 miliar.

4. Nicolas Pepe

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Marcelo Bielsapotret Nicolas Pepe (premierleague.com)

Sebelum melatih Leeds United, Marcelo Bielsa menangani Lille hanya selama enam bulan. Ini disebabkan rentetan hasil buruk dengan menelan 7 kekalahan dari 14 pertandingan. Meski demikian, dia menjadi sosok penting yang berhasil mendatangkan pemain muda berbakat, Nicolas Pepe.

Dia didatangkan dari klub Prancis lainnya, Angers, dengan harga hanya 18 juta euro atau Rp298 miliar pada musim panas 2017. Pepe tampil sangat impresif selama dua musim di Lille yang membuat Arsenal menjadikannya pemain termahal klub saat diboyong dengan harga 80 juta euro atau Rp1,3 triliun pada musim panas 2019.

5. Helder Costa

5 Pemain Termahal yang Pernah Didatangkan Marcelo Bielsapotret Helder Costa (twitter.com/heldercosta_)

Helder Costa diboyong Leeds United dari sesama klub Inggris, Wolverhampton, pada musim panas 2020. Dia ditebus dengan harga 17,7 juta euro atau sekitar Rp284 miliar setelah lebih dulu dipinjam selama satu musim sebelumnya. Dia menorehkan 71 laga dengan torehan 8 gol dan 11 assist.

Namun, musim ini posisisnya tergantikan oleh Raphinha. Helder Costa pun dipinjamkan ke Valencia pada musim panas 2021 selama satu musim. Dia memiliki kontrak hingga 2024 di Leeds United.

 

Meski masa baktinya di Leeds United harus berakhir dengan kurang menyenangkan, Marcelo Bielsa tetap sosok yang dihormati fans dan manajemen klub. Dia adalah pelatih yang mengembalikan Leeds United ke Premier League usai absen panjang.

Baca Juga: 9 Fakta Joe Gelhardt, Striker Muda Leeds United yang Curi Perhatian!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya