5 Pemain Top yang Melakukan Debut di Bawah Asuhan Stefano Pioli

Ada Dusan Vlahovic!

Stefano Pioli mungkin bukan salah satu pelatih terhebat di Serie A Italia, tetapi dia adalah salah satu yang berpengalaman. Sepanjang kariernya, dia telah menangani belasan klub berbeda di Italia. Tidak hanya tim medioker, tetapi juga tim-tim besar. Inter MIlan dan Lazio menjadi salah satunya.

Saat ini dia menangani AC Milan dan menjadi salah satu kunci di balik kebangkitan klub. Dengan segudang pengalamannya, banyak pemain top berkembang di bawah asuhannya. Berikut ini lima pemain yang menjalani debut Serie A saat ditangani Stefano Pioli.

1. Dusan Vlahovic (18 tahun, 7 bulan, dan 28 hari)

5 Pemain Top yang Melakukan Debut di Bawah Asuhan Stefano Piolipotret Dusan Vlahovic (football-italia.net)

Stefano Pioli sempat menangani Fiorentina selama dua musim pada periode 2017 hingga 2019. Dialah sosok yang memberikan debut untuk Dusan Vlahovic di Serie A pada September 2018 saat kalah dari Inter Milan dengan skor 2-1.

Ketika itu usianya masih 18 tahun, 7 bulan, dan 28 hari. Dusan Vlahovic hanya tampil dalam enam laga saja di era Pioli. Namun, setelahnya dia berkembang pesat dan menjadi salah satu pemain terbaik di Serie A. Januari 2022 kemarin dia memecahkan rekor transfer saat gabung Juventus dengan harga 81 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun.

2. Sergej Milinković-Savić (20 tahun, 5 bulan, dan 26 hari)

5 Pemain Top yang Melakukan Debut di Bawah Asuhan Stefano Piolipotret Sergej Milinković-Savić (twitter.com/EuropaLeague)

Stefano Pioli menangani Lazio pada periode 2014 hingga 2016. Salah satu pemain potensial yang dia hadirkan adalah Sergej Milinković-Savić. Dia diboyong dari KRC Genk pada 2015 dan langsung diberikan kepercayaan untuk tampil reguler di tim utama.

Sang pemain menjalani debutnya pada Agustus 2015 saat mengalahkan Bologna 2-1. Milinković-Savić tampil dalam 32 laga dengan torehan 3 gol dan 1 assist di bawah asuhan Piolo. Pemain asal Serbia itu berkembang menjadi pemain kunci Lazio di era kepelatihan selanjutnya, Simone Inzaghi dan Maurizio Sarri.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Pioli di AC Milan, Andalan!

3. Giuseppe Rossi (19 tahun, 11 bulan, dan 20 hari)

5 Pemain Top yang Melakukan Debut di Bawah Asuhan Stefano Piolipotret Giuseppe Rossi (twitter.com/GiuseppeRossi22)

Giuseppe Rossi cukup populer di awal kariernya sebagai pemain potensial lulusan akademi Manchester United. Meski begitu, dia gagal menunjukkan kualitasnya di Premier League. Pada 2007 pemain asal Italia itu dipinjam Parma era Pioli dan menjalani debut Serie A dengan gemilang.

Dia mencetak satu-satunya gol kemenangan Parma ke gawang Torino pada Januari 2007. Itu juga menjadi satu-satunya gol yang dia cetak di bawah asuhan Pioli dengan tampil dalam tiga laga. Pioli hanya bertahan 22 pekan saja usai dipecat karena hanya meraih tiga kemenangan dan menderita 13 kekalahan.

4. Daniel Maldini (18 tahun, 3 bulan, dan 22 hari)

5 Pemain Top yang Melakukan Debut di Bawah Asuhan Stefano Piolipotret Daniel Maldini (twitter.com/ChampionsLeague)

Stefano Pioli ditunjuk menjadi pelatih AC Milan pada Oktobber 2019 menggantikan Marco Giampaolo. Di bawah asuhannya, dia mempromosikan beberapa pemain muda lulusan tim akademi, salah satunya Daniel Maldini. Anak dari Paolo Maldini itu menjalani debut seniornya di Serie A pada Februari 2020 saat imbang melawan Hellas Verona.

Kini gelandang 20 tahun itu sudah memainkan 23 pertandingan untuk AC Milan dengan menorehkan satu gol. Dia pun menguatkan dirinya menjadi generasi ketiga klan Maldini yang pernah berseragam AC Milan.

5. Matteo Gabbia (20 tahun, 3 bulan, dan 27 hari)

5 Pemain Top yang Melakukan Debut di Bawah Asuhan Stefano Piolipotret Matteo Gabia (sempremilan.com)

Matteo Gabbia menjadi pemain muda AC Milan lainnya yang menjalani debut bagi AC Milan di era Stefano Pioli. Bek tengah ini pertama kali mencicipi Serie A pada Februari 2020 saat menang 1-0 atas Torino. Pemain 20 tahun ini dianggap sebagai bek masa depan AC Milan.

Meski diplot sebagai pemain pelapis, dia bisa berkembang pesat dengan belajar dari bek senior, seperti Simon Kjaer dan Alessio Romagnoli. AC Milan sadar betul dengan kualitasnya sehingga 3 Februari 2022 kemarin baru saja memperpanjang kontraknya hingga 2026.

 

Sepanjang karier kepelatihannya, Stefano Pioli belum pernah merasakan satu pun gelar. Namun, hal ini bisa saja berubah pada musim ini bersama AC Milan. Dia baru saja membawa klub menelikung Inter Milan di puncak klasemen. Bisakah dia mempertahankannya hingga akhir musim?

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik yang Pindah Langsung dari Inter ke AC Milan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya