5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022

Ada yang langsung diberi ban kapten

Bursa transfer musim panas 2022 melahirkan banyak kejutan besar. Sejak jendela transfer dibuka, banyak pemain bintang telah berganti klub. Erling Haaland, Paul Pogba, Robert Lewandowski, dan Matthijs de Ligt adalah sedikit dari bagian transfer besar saat ini.

Selain itu, ada juga transfer besar dengan status pinjaman dengan berbagai opsi. Mereka diboyong untuk menambah kedalaman skuad inti. Siapa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Clement Lenglet

5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022Clement Lenglet (sport.es)

Tottenham Hotspur menjadi salah satu klub paling aktif pada bursa transfer musim panas 2022. Pasca mendatangkan Ivan Perisic, Fraser Foster, dan Richarlison, Spurs resmi mendapatkan Clement Lenglet dari Barcelona.

Dia diboyong dengan status pinjaman selama satu musim penuh tanpa opsi permanen. Transfer ini merupakan perintah langsung dari Antonio Conte yang ingin memperkuat lini pertahanan. Lenglet dinilai sosok yang tepat untuk mengisi gaya bermain tiga bek yang menjadi andalan Conte.

2. Dean Henderson

5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022Dean Henderson (twitter.com/deanhenderson)

Dean Henderson digadang-gadang akan menjadi suksesor David De Gea saat menembus tim utama Manchester United pada 2020. Dia bahkan sempat menggeser De Gea sebagai kiper utama. Namun, kembali tersisih pada musim 2021/2022 karena kembalinya performa impresif De Gea.

Tak ingin terus menerus memanaskan bangku cadangan, dia memutuskan pergi ke Nottingham Forrest musim panas 2022 ini. Dia dipinjam selama satu musim tanpa opsi permanen. Dean Henderson sendiri merupakan produk asli akademi Setan Merah dan dipersiapkan menjadi kiper utama di masa mendatang.

Baca Juga: 10 Potret Dean Henderson, Kiper Manchester United Berparas Menawan

3. Matteo Pessina

5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022Matteo Pessina (twitter.com/ACMonza)

Matteo Pessina bergabung dengan Atalanta pada musim panas 2017 lalu. Dia ditebus hanya dengan harga 1,75 juta euro dari AC Milan. Di klub asal Bergamo ini Pessina berkembang menjadi salah satu gelandang top Serie A. Dia memainkan 96 laga bagi Atalanta dan sukses menembus tim utama Italia.

Sempat dilirik Inter Milan, sang pemain memilih bergabung dengan klub promosi, AC Monza. Dia dipinjam selama satu musim dengan opsi permanen sebesar 15 juta euro atau Rp230 miliar. Menariknya, dia juga langsung diplot sebagai kapten klub. AC Monza sendiri tidak asing baginya karena di sanalah dia memulai karier profesionalnya.

4. Pierluigi Gollini

5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022Pierluigi Gollini (twitter.com/acffiorentina)

Pierluigi Gollini diboyong Atalanta dari Aston Villa pada musim panas 2018 dengan harga 4 juta euro. Awalnya dia diplot hanya sebagai kiper pelapis bagi Etrit Berisha. Namun, dia berhasil mengklaim tempat utama pada paruh kedua musim.

Dia memainkan 111 penampilan dengan torehan 38 clean sheet. Musim panas 2021 sang kiper diboyong Tottenham sebagai pemain pinjaman dengan opsi permanen. Sayang, dia gagal total tanpa pernah tampil di Premier League. Spurs pun ogah untuk mempermanenkan statusnya.

Dia kembali ke Atalanta, tetapi tak ada lagi tempat utama untuknya. Dia pun kembali dipinjamkan. Kali ini dia akan berkostum Fiorentina.

5. Romelu Lukaku

5 Pemain Top Berganti Klub dengan Status Pinjaman Musim Panas 2022Romelu Lukaku (twitter.com/Inter_en)

Kisah transfer Romelu Lukaku bak sebuah drama. Musim panas 2021 dia meninggalkan Inter Milan untuk kembali ke Chelsea. Dia menjadi rekrutan termahal dalam sejarah The Blues. Ironisnya, Lukaku gagal menunjukkan performa terbaiknya.

Dia justru melahirkan kontroversi dengan menyatakan keinginannya pulang ke Inter Milan. Hal ini pun membuat dirinya dikritik fans Chelsea. Namun, pada akhirnya keinginan sang pemain terwujud musim panas 2022 ini. Dia kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman bernilai 8 juta euro atau sekitar Rp124 miliar tanpa opsi permanen.

 

Opsi peminjaman pemain terbilang efektif untuk memperkuat kedalaman skuad tanpa membebani finansial klub. Strategi ini cukup sukses dilakukan oleh beberapa tim besar. Namun, mampukah lima pemain di atas juga melakukannya?

Baca Juga: Lukaku Kini Pakai Nomor Punggung 90 di Inter Milan 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya