5 Pemain Top yang Kembali Bergabung Mantan Klub di Usia Senja

Dani Alves kembali ke Barcelona!

Bagi seorang pesepak bola, usia menjadi batasan mereka untuk terus berkarier di lapangan hijau. Usia kepala tiga sudah terhitung uzur bagi seorang pemain. Tidak sedikit yang kemudian memutuskan untuk gantung sepatu di akhir usia 30-an. Selain karena faktor kebugaran fisik yang berkurang, persaingan antara pemain pun menjadi sebab lainnya.

Menariknya, deretan pemain berikut ini adalah pengecualian. Di usia senja, mereka masih mampu memberikan performa terbaik bagi klubnya. Bahkan, mereka kemudian dipanggil pulang oleh mantan klub. Pengalaman dan kematangan mereka sebagia pemain sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah lima pemain top yang kembali gabung mantan klub di usia senja.

1. Gianluigi Buffon

5 Pemain Top yang Kembali Bergabung Mantan Klub di Usia Senjaselebrasi kemenangan Gianluigi Buffon (twitter.com/gianluigibuffon)

Musim panas kemarin Gianlugi Buffon pulang ke klub masa mudanya, Parma. Ia direkrut dari Juventus secara gratis pada usia 43 tahun. Hebatnya, meski sudah dimakan usia, ia jadi kiper utama Parma yang berlaga di Serie B. Musim ini ia sudah tampil dalam 12 laga dengan melakukan empat clean sheet dan kebobolan 16 gol.

Buffon merupakan produk asli akademi Parma. Dia membangun karier profesionalnya di klub ini pada 1994 dan bertahan hingga 2001 sebelum direkrut Juventus sebagai kiper termahal dunia kala itu dengan harga 52,8 juta euro atau sekitar Rp919 miliar. Ia menjadi bagian dari masa keemasan Parma ketika menjuarai UEFA Cup dan Coppa Italia pada musim 1998/99.

2. Zlatan Ibrahimovic

5 Pemain Top yang Kembali Bergabung Mantan Klub di Usia SenjaZlatan Ibrahimmovic (football-italia.net)

Zlatan Ibrahimovic adalah kunci keberhasilan AC Milan meraih Scudetto pada musim 2010/11. Ia diboyong dari Barcelona pada 2010 dengan status pinjaman dan dipermanenkan di akhir musim. Sayang, ia hanya bertahan sebentar karena dilepas ke PSG pada 2012 karena masalah finansial yang dihadapi klub. Satu dekade berselang, Ibrahimovic pulang ke AC Milan pada usia 38 tahun. 

Ia diboyong dari LA Galaxy secara gratis. Meski sudah uzur, nyatanya Ibrahimovic jadi kunci kebangkitan Rossoneri di Serie A. Musim ini, ia sudah berusia 40 tahun dan berpotensi membawa AC Milan meraih Scudetto untuk pertama kalinya sejak 10 tahun lalu. Sejak kepulangannya itu, Ibrahimovic sukses mencetak 28 gol dari 43 laga Serie A.

Baca Juga: 5 Klub Serie A Italia yang Paling Sering Dibobol Zlatan Ibrahimovic

3. Cristiano Ronaldo 

5 Pemain Top yang Kembali Bergabung Mantan Klub di Usia Senjaselebrasi gol Cristiano Ronaldo ke gawang Atalanta (sport.sky.it)

Cristiano Ronaldo mulai dikenal dunia ketika datang ke Manchester United sebagai seorang remaja bertalenta pada 2003. Ia diboyong Sir Alex Ferguson pada usia 18 tahun dari Sporting Lisbon dengan harga 19 juta euro. Di Old Trafford, ia bertransformasi menjadi salah satu bintang di Eropa. Ia sukses mempersembahkan 3 trofi Premier League dan 1 Liga Champions.

Pada 2009 ia hengkang ke Real Madrid dengan status pemain termahal dunia. Di Madrid, dia menjelma satu dari dua bintang terbaik dunia. Ronaldo meraih segalanya di sana dan hijrah ke Juventus pada 2018. Musim panas 2021, secara mengejutkan, ia pulang ke Old Trafford pada usia 36 tahun. Di usia senjanya, ia masih mampu memberikan dampak signifikan. Dari 11 laga di semua kompetisi, Cristiano Ronaldo mencetak sembilan gol.

4. Thiery Henry

5 Pemain Top yang Kembali Bergabung Mantan Klub di Usia Senjaselebrasi gol Thiery Henry (independent.co.uk)

Thiery Henry bergabung dengan Arsenal pada 1999 setelah tampil mengecewakan di Juventus. Di klub asal London itu, Henry menemukan kembali jati dirinya. Delapan musim berksotum Arsenal, ia bertransformasi menjadi salah satu striker terbaik di dunia. Ia menjadi legenda klub dengan persembahan dua Premier League. Henry adalah top skor sepanjang masa Arsenal.

Pada 2007 ia hengkang ke Barcelona demi petualangan baru. Bertahan tiga musim, Henry hijrah ke MLS untuk bergabung dengan New York Red Bull. Dia sempat dipinjamkan ke mantan klubnya, Arsenal, pada 2012. Saat itu usia Henry sudah menginjak 35 tahun. Hebatnya, di laga debutnya, Henry langsung mencetak gol kemenangan untuk Arsenal di FA Cup melawan Leeds United. Selama masa pinjaman beberapa bulan itu, Henry tampil dalam enam laga dan menorehkan dua gol.

5. Dani Alves

5 Pemain Top yang Kembali Bergabung Mantan Klub di Usia Senjaselebrasi gol Dani Alves (twitter.com/FCBarcelona)

Xavi akhirnya resmi kembali ke Barcelona dan kali ini datang sebagai manajer klub menggantikan Ronald Koeman. Dia langsung menyusun rencana untuk mengembalikan klub ke jalur kemenangan dan rencana pertamanya adalah mendatangkan mantan rekannya, Dani Alves. Bek asal Brasil itu resmi jadi rekrutan pertama Xavi di Barcelona.

Pemain 38 tahun itu didatangkan secara gratis dengan durasi kontrak enam bulan dengan opsi perpanjangan satu tahun. Xavi dan Dani Alves pernah bekerja sama selama periode 2008--2016 dan sukses mempersembahkan segalanya bagi Blaugrana. Dani Alves hengkang dari Barcelona pada 2016 dan sejak itu malang melintang bersama Juventus, PSG, dan Sao Paulo. Selama berkostum Blaugrana, Dani Alves mencetak 14 gol dan 64 assist dari 247 laga.

 

Bagi lima pemain di atas, usia tidak menjadi halangan untuk terus berkarier dan menunjukkan kapasitasnya. Dengan keterbatasan kebugaran, mereka masih memberikan dampak signifikan bagi mantan klubnya. Ini tidak lepas dari pengalaman matang dan kepemimpinan yang bisa mereka berikan bagi rekan-rekannya.

Baca Juga: Dani Alves Pulang ke Barcelona

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya