Comscore Tracker

3 Kisah Pemain yang Berpindah Kewarganegaraan Demi Sepak Bola

#WorldCup2018 Mereka main di Piala Dunia 2018 juga

Bermain di Piala Dunia pasti jadi kebanggaan tertinggi bagi seorang pesepak bola. Tidak semua pemain bisa tampil di ajang tertinggi sepak bola dunia ini, walaupun berstatus sebagai pemain terbaik dunia.

Membela negara sendiri di Piala Dunia menjadi salah patriotisme seorang pesepak bola. Uniknya, di Piala Dunia 2018 terdapat beberapa pemain tampil tidak membela negara kelahirannya, justru membela negara lainnya. Siapa sajakah mereka? Check this out.

1. Pepe

3 Kisah Pemain yang Berpindah Kewarganegaraan Demi Sepak Bolasportskeeda.com

Brasil merupakan negara yang selalu melahirkan pemain-pemain hebat di dunia sepak bola di berbagai era. Buktinya, mereka menjadi negara yang paling banyak dalam menjuarai Piala Dunia dengan 5 trofi.

Pepe menjadi pemain yang lahir dan tumbuh di Brasil. Namun pemain bertahan yang terkenal garang ini memutuskan untuk membela timnas Portugal.

Penampilan pertamanya di Piala Dunia terjadi pada tahun 2010. Sayangnya harus terhenti di babak knock out, setelah dikalahkan Spanyol dengan skor 1-0.

Piala Dunia 2018 menjadi Piala Dunia yang ketiga kalinya membela Portugal. Satu prestasi terbaiknya saat membela timnas Portugal terjadi pada tahun 2016, di mana dia berhasil membawa Portugal juara Euro setelah mengalahkan Prancis dengan skor 1-0.

2. Diego Costa

3 Kisah Pemain yang Berpindah Kewarganegaraan Demi Sepak Bola.dreamteamfc.com

Diego Costa menjadi striker andalan Spanyol di Piala Dunia 2018. Sang pemain telah mencetak dua gol di fase grup dan berhasil membawa Spanyol lolos ke babak knock out. Di fase gugur tersebut Spanyol akan menghadapi tuan rumah Rusia.

Namun tahukah kamu, Diego Costa merupakan pemain asli kelahiran Brasil lho. Bahkan dia pernah membela The Selecao. Namun Costa memutuskan untuk mengubah kewarganegaraannya menjadi Spanyol.

Federasi sepak bola Spanyol sendiri mengajukan request tersebut kepada FIFA pada tahun 2013. Tanggal 5 Maret 2014 menjadi pertama kalinya sang pemain membela timnas Spanyol dalam sebuah pertandingan persahabatan.

3. Victor Moses

3 Kisah Pemain yang Berpindah Kewarganegaraan Demi Sepak Bolatwitter.com/VictorMoses

Victor Moses merupakan pemain yang telah malang melintang di Liga Inggris. Crystal Palace, Wigan, Westham United, Liverpool dan kini Chelsea menjadi tim-tim yang pernah di belanya.

Moses sendiri merupakan seorang pemain yang lahir di Nigeria.

Namun sebuah tragedi terjadi saat orangtuanya harus terbunuh karena sebuah kerusuhan berbau agama. Dia kemudian meminta suaka ke Inggris, dan memulai karier sepak bolanya di negeri Elizabeth.

Berkat bakatnya yang hebat, dia dipanggil timnas Inggris. Dia kemudian bermain untuk The Three Lions mulai daru U-16, U-19, dan U-21. Namun secara mengejutkan dia memutuskan untuk membela timnas senior Nigeria.

Di Piala Dunia 2018 sendiri sayangnya, Nigeria harus gagal di fase grup setelah harus kalah dari Argentina di babak penentuan fase grup dengan skor 2-1.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You