Comscore Tracker

Kaya Raya, 5 Pengusaha Ini adalah Pemilik Klub Sepak Bola Top Dunia

Ada dari Indonesia juga, lho!

Saat ini sepak bola menjadi bisnis yang sangat menggiurkan bagi para pengusaha di seluruh dunia. Bagaimana tidak, sepak bola merupakan olahraga yang paling favorit di jagad raya ini. Para pengusaha pun datang berbondong - bondong untuk membeli kepemilikan saham sebuah klub di negara - negara dengan budaya sepak bola top seperti Inggris dan Italia. Bahkan tak tanggung - tanggung mereka membeli saham mayoritas dari klub-klub tersebut.

Hal ini pun tak hanya menguntungkan pihak pengusaha namun bagi klub juga, mereka bisa mendapatkan dana segar dari pemilik klub baru untuk membeli pemain sehingga meningkatkan kualitas klub tersebut. Lihat saja bagaimana Chelsea yang dulunya merupakan klub papan tengah Inggris, sekarang telah bertransformasi menjadi salah satu klub terbaik tak hanya di Inggris tapi di dunia setelah dibeli oleh bos minyak asal Rusia Roman Abramovich.

Kini para pengusaha asal Asia pun saling berlomba untuk membeli saham klub-klub top dunia, mereka mampu bersaing dengan para pengusaha asal Eropa dan Amerika. Ingin tahu siapa sajakah mereka? Check this out.

1. Srivaddhanaprabha (Thailand).

Kaya Raya, 5 Pengusaha Ini adalah Pemilik Klub Sepak Bola Top Duniazimbio.com

Salah satu klub sepak bola Inggris paling fenomenal adalah Leichester City, ini dikarenakan mereka mampu menjuarai liga Inggris pada musim 2015/2016. Bagaimana tidak, klub ini musim sebelumnya merupakan klub yang hampir saja degradasi ke kasta ke dua liga Inggris, namun pada musim selanjutnya mereka tampil sangat luar biasa dengan mampu mengalahkan dominasi klub - klub besar seperti Manchester United, Arsenal, Man. City dan Chelsea.

Pemilik klub yang bermarkas di King Power Stadium ini merupakan seorang pengusaha yang berasal dari Thailand, Srivaddhanaprabha. Dia membeli klub ini pada tahun 2010 dengan harga yang dirahasiakan saat klub ini masih berkompetisi di kasta ke dua liga Inggris.

Dibawah kepemimpinannya, Leichester mampu promosi ke Premiere League pada tahun 2013, kemudian menjuarai Premiere League 2015/2016 dan mampu juga tampil impressive di Liga Champions, hal ini membuat dia menjadi salah satu owner tersukses dalam sepak bola Inggris.

2. Peter Liem (Singapura).

Kaya Raya, 5 Pengusaha Ini adalah Pemilik Klub Sepak Bola Top Duniaas.com

Selain pengusaha dari Thailand, pengusaha asal Singapura pun tak mau kalah. Peter Lim merupakan seorang milyuner yang memiliki salah satu klub besar Spanyol, Valencia. Dia membeli klub tersebut pada tahun 2014 dengan harga 420 juta Euro. Meskipun penampilan klub ini pada musim lalu terhitung buruk, musim ini mereka mampu bertengger di papan atas bersama Barcelona, hal ini disebabkan karena dana gelontoran yang diberikan sang pemilik untuk membeli pemain- pemain baru sangat efektif meningkatkan performa klub.

3. Yonghong Li (China),

Kaya Raya, 5 Pengusaha Ini adalah Pemilik Klub Sepak Bola Top Duniaguardian.ng

Para pengusaha asal China pun mulai menginvasi persepakbolaan Eropa. Salah satunya adalah pengusaha asal China bernama Yonghong Li. Lewat perusahaan Rossoneri Sport Investment Lux, Li membeli saham Milan sebesar 99,93%.  Dia mengakuisisi saham Ac Milan dari pemiliki sebelumnya yaitu Silvio Berlusconi dengan harga 740 juta Euro atau Rp. 10,4 triliun.
Li sendiri seorang pengusaha asal China yang bergerak di bidang pertambangan dan real estate.

Dia pun musim ini menggelontorkan dana yang sangat banyak untuk Ac Milan dengan melunasi hutang sang klub dan mengeluarkan dana hampir 3 triliun lebih untuk membeli 11 pemain baru, namun hal ini belum bisa membuat Ac Milan tampil dengan baik, saat ini sang klub berada di posisi 8 sementara klasemen Liga Italia.

4. Erick Thohir (Indonesia).

Kaya Raya, 5 Pengusaha Ini adalah Pemilik Klub Sepak Bola Top Duniazimbio.com

Tak hanya Ac Milan, klub rival satu kotanya pun yaitu Inter Milan berubah kepemilikan, saham mayoritas klub ini dibeli oleh pengusaha media asal negeri kita Indonesia, siapa lagi jika bukan Erick Thohir. Dia membeli saham Inter Milan sebanyak 70% pada tahun 2013. Dibawah kepemimpinannya Inter mampu tampil lebih baik dari klub sekotanya Ac Milan.
Erick Thohir sendiri tak hanya memiliki saham di Inter Milan, dia juga memiliki saham di klub lainnya yaitu D.C United di Amerika Serikat, dan Persib Bandung.

Namun sekarang Erick Thohir hanya memiliki saham 30% di Inter Milan setelah menjual 40% sahamnya kepada Suning Holding Group dari Cina. Dan tahukah kamu Erick Thohir juga bukan hanya memiliki saham di klub sepak bola tetapi juga di klub bola basket NBA lho, Philadelphia 76ers, hebat kan?

5. Nasser Ghanim Al-Khelaifi (Qatar).

Kaya Raya, 5 Pengusaha Ini adalah Pemilik Klub Sepak Bola Top Duniasports.yahoo.com

Siapa klub tempat pemain termahal dunia saat ini bermain? dialah Paris Saint-Germain yang merupakan salah satu klub elit Prancis saat ini bahkan juga di dunia. Musim ini mereka membuat sensasi yang fenomenal dengan mendatangkan Neymar Jr dari Barcelona dengan harga yang fantastis. Dan tahukah kamu siapa pemilik klub kaya raya ini?

Dia adalah Al-Khelaifi, seorang pengusaha asal Qatar. Pada tahun 2011 yang lalu, sebuah konsorsium asal Qatar bernama Oryx Qatar Sports Investments (QSi) yang dia ketuai, secara resmi mengakuisisi PSG dengan harga 50 juta Euro (70% saham). Dengan kekuatan finansialnya, sang pemilik baru menyulap klub ini menjadi pemain bertabur bintang dan sekarang sekelas dengan klub dunia lainnya seperti Madrid, Barcelona, Mu dan Chelsea.

Deretan prestasi pun telah mereka dapatkan dalam liga domestik dan sekarang mereka sedang mengincar Liga Champions dengan deretan pemain bintangnya. Dan tahukah kamu jika Al- Khelaifi adalah seorang mantan pemain profesional tenis lho.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya