5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!

Ada yang kariernya meredup paca tinggalkan The Blues

Sejak diakuisisi Roman Abramovich, Chelsea bertransformasi menjadi klub top Premier League dan Eropa. Dalam dua dekade terakhir, The Blues berhasil meraih lima gelar Premier League. Prestasi ini tidak hanya karena kondisi finansial klub yang stabil, tetapi juga peran manajemen.

Mereka dinilai cerdas dalam melakukan strategi transfer. Tidak hanya mendatangkan pemain berkualitas bintang, tetapi juga mampu menjual pemainnya dengan harga tinggi. Berikut ini adalah lima penjualan termahal dalam sejarah klub asal London ini.

1. Eden Hazard

5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!Eden Hazard (marca.com)

Sejak didatangkan dari Lille pada 2012 lalu, tidak bisa dimungkiri Eden Hazard menjadi salah satu pemain terbaik Chelsea. Dia mampu mencetak 110 gol dan 92 assists dari 352 pertandingan. Pemain asal Belgia ini juga mempersembahkan dua gelar Premier Laegue dan dua Liga Europa.

Namun, secara mengejutkan ia memutuskan untuk pergi dari Stamford Bridge demi hasratnya berkostum Real Madrid. Chelsea pun melepasnya dengan harga 115 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun.

Sayang, performanya di klub raksasa LaLiga justru menurun drastis. Bahkan ia dirumorkan tidak bahagia dan berpotensi bakal dilepas Real Madrid.

2. Diego Costa

5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!potret Hulk dan Diego Costa bersama Atletico Mineiro (twitter.com/MozoFootball)

Chelsea berhasil mendapatkan Diego Costa dari Atletico Madrid seharga 38 juta euro atau sekitar Rp619 miliar pada 2014. Pada musim perdananya ia menjadi mesin gol klub, dan berhasil membawa Chelsea juara Premier League. Dia kembali menjadi kunci Chelsea menjuarai Premier League musim 2016/2017 di era Antonio Conte.

Namun, keduanya kemudian telribat dalam konfilk internal pada musim berikutnya. Pada 2018 Costa dilepas ke Atletico Madrid dengan nilai transfer 80 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Ia hanya bertahan tiga musim sebelum sepakat putus kontrak pada Januari 2021.

Costa kemudian bergabung dengan klub Brasil, Atletico Miniero dan berhasil menjuarai Liga Brasil musim ini. Setelahnya ia mengumumkan sudah meninggalkan klub, dan kini dikabarkan ia bakal gabung Arsenal.

Baca Juga: Tak Terpakai, 5 Pemain Chelsea yang Sering Dipinjamkan ke Klub Lain 

3. Oscar 

5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!Oscar (goal.com)

Oscar berkostum Chelsea sepanjang tahun 2012 hingga 2017 dengan torehan dua gelar Premier League dan Liga Europa. Namun, secara mengejtukan ia justru setuju untuk hengkang ke Liga Super China. Ia bergabung dengan Shanghai SIPG usai ditebus dengan harga 60 juta euro atau sekitar Rp978 miliar.

Keputusan ini cukup disayangkan pasalnya Oscar masih dalam usia emas dan performa terbaiknya. Gaji selangit ditengarai menjadi alasan gelandang Brasil itu menerima pinangan tersebut. Saat ini ia masih bertahan di sana dengan durasi kontrak hingga 2024.

4. David Luiz

5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!David Luiz (goal.com)

David Luiz berkostum Chelsea dalam dua periode. Pada 2014 lalu ia sempat dilepas ke Paris Saint-Germain dengan harga 49,5 juta euro atau sekitar Rp806 miliar. Menariknya, ia hanya bertahan dua musim karena Chelsea memulangkannya kembali dengan nilai transfer 35 juta euro atau sekitar Rp570 miliar.

Pada periode keduanya itu, David Luiz berhasil menjuarai Premier League di bawah asuhan Antonio Conte. Pada 2019 ia kemudian dilepas ke Arsenal dengan alasan sudah dimakan usia. Hanya bertahan dua musim, musim panas 21/22 David Luiz pulang ke Brasil untuk bergabung dengan Flamengo.

5. Juan Mata

5 Penjualan Termahal dalam Sejarah Chelsea dan Kabar Mereka Kini!Juan Mata (planetfootball.com)

Juan Mata menjadi salah satu generasi awal era modern pemain Spanyol yang sukses di Premier League. Ia bergabung dengan Chelsea pada 2011 dari Valencia. Hebatnya, pada musim perdananya itu dia menjadi bagian penting Chelsea meraih gelar Liga Champions pertama dalam sejarah klub.

Musim berikutnya ia pun sukses mempersembahkan gelar Liga Europa. Namun, secara mengejutkan Chelsea justru melepasnya pada 2014 ke MU dengan harga 44,7 juta euro atau sekitar Rp728 miliar. Gelandang 33 tahun ini menjadi salah satu pemain paling senior bersama Setan Merah saat ini.

 

Tidak bisa dimungkiri jika Chelsea layak disebut sebagai salah satu klub elit Eropa saat ini. Sejak diambil alih Roman Abramovich, mereka tidak hanya mengandalkan kekuatan uang, tetapi juga strategi manajemen perihal transfer. Lima pemain di atas menjadi bukti bagaimana mereka memaksimalkan penjualan pemain top mereka.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya