Comscore Tracker

3 Pemicu Kroasia Lolos Final Piala Dunia 2018 Karena Keajaiban

#WorldCup2018 Mampukah mereka jadi juara?

Secara mengejutkan Kroasia akhirnya memenangkan laga semifinal melawan Inggris pada Kamis dinihari tadi (12/7/2018) di Luzhniki Stadium, dengan skor 2-1. Inggris sebenarnya mampu lebih dulu unggul melalui sepakan freekick indah Kieran Trippier pada menit ke-5.

Namun Kroasia mampu tampil spartan. Sehingga berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-68 melalui sontekan Ivan Perisic. Pertandingan akhirnya harus melalui extra time.

Petaka bagi Inggris terjadi pada menit ke-109, saat Mandzukic berhasil mencetak gol kedua Kroasia, yang menjadi gol penentu lolosnya mereka ke final untuk pertama kalinya, dilansir dari Sportskeeda.com dan Espn.com,

1. Sebuah keajaiban bagi Kroasia

3 Pemicu Kroasia Lolos Final Piala Dunia 2018 Karena Keajaibantwitter.com/FIFAWorldCup

Bagi Mario Mandzukic yang menjad pahlawan dalam pertandingan tersebut, lolosnya Kroasia ke babak final Piala Dunia adalah sebuah keajaiban. Ini menjadi sejarah baru dalam sepak bola Kroasia. Prestasi tertinggi mereka sebelumnya adalah menjadi juara ketiga pada Piala Dunia 1998.

Ini adalah sebuah keajaiban. Hanya tim yang hebat dan seberani kitalah yang mampu berjuang dan mengembalikan keadaan melawan tim sekelas Inggris. Kami bermain dengan sepenuh hati sepanjang turnamen.
Aku sangat bahagia dengan performaku di setiap pertandingan. Aku disini untuk tim. AKu menyukai permainan ini. Kami bermain dibawah tekanan saat menghadapi Denmark, Rusia tapi kalian bisa melihat apa yang telah kami lakukan hari ini.
Kami seperti Singa dalam pertandingan tadi malam dan kami akan melakukan hal yang sama di final nanti. Kami sangat menikmati pertandingan.

2. Langkah mengagumkan Kroasia menuju final

3 Pemicu Kroasia Lolos Final Piala Dunia 2018 Karena Keajaibantwitter.com/HNS_CFF

Tak ada yang menyangka sebelumnya jika Kroasia mampu lolos hingga babak final di Piala Dunia 2018. Namun Kroasia telah membuktikan sejak fase grup jika mereka bukanlah lawan sembarangan.

Kroasia mampu tampil sempurna dan menjadi juara grup dengan mengalahkan Nigeria, Argentina dan Islandia. Di fase knock out mereka berhadapan dengan tim Dinamit Denmark, kemudian tuan rumah Rusia.

Kedua laga itu harus diakhiri melalui babak adu penalti. Hebatnya, Kroasia mampu memenangkan dua laga tersebut berkat performa impresif penjaga gawang mereka, Subasic. Lebih luar biasa lagi, mereka selalu melakukan comeback dengan heroik dalam laga tersebut.

Perjuangan pantang menyerah mereka pun kembali terulang saat menghadapi tim yang lebih diunggulkan, The Three Lions, Inggris. Sempat tertinggal 1-0 di babak pertama, mereka berhasil menyamakan kedudukan, bahkan membalikannya di babak extratime. Luar biasa!

3. Akan menghadapi Prancis di final

3 Pemicu Kroasia Lolos Final Piala Dunia 2018 Karena Keajaibantwitter.com/Squawka

Berkat kemangan ini, Kroasia akan menghadapi favorit juara, Prancis di Luzhniki Stadium pada tanggal 15 Juli 2018 nanti. Kedua tim dipastikan akan berjuang habis-habisan demi bisa meraih juara Dunia 2018.

Sejarah baru siap Kroasia torehkan di Piala Dunia kali ini. Uniknya Prancis adalah tim yang mengalahkan mereka di semifinal Piala Dunia 1998 dengan skor 2-1, akibatnya mereka pun harus puas hanya meraih posisi ketiga. Namun torehan tersebut merupakan prestasi tersendiri bagi Kroasia, karena itulah pertama kalinya mereka berpartisipasi di Piala Dunia setelah menjadi negara merdeka.

Final kali ini tentunya akan menjadi ajang balas dendam Kroasia, sekaligus kesempatan untuk mencetak sejarah baru di dunia sepak bola. Prancis pastinya lebih diunggulkan jika melihat kedalaman pemain yang mereka miliki. Namun Kroasia bukanlah tim yang mudah menyerah, mereka telah membuktikan jika dalam sepak bola semua hal bisa saja terjadi.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Irma Yudistirani

Just For You