Preview Barcelona Vs Real Madrid, Mampukah El Real Balaskan Dendam?

Kamu pilih yang mana?

Laga super bigmatch El Clasico akan tersaji di leg pertama babak semifinal Coppa del Rey di Camp Nou pada Kamis dinihari WIB (07/02). Laga penuh gengsi dan prestasi ini akan menjadi edisi ke-273 sepanjang sejarah pertikaian rival abadi tersebut.

Barcelona unggul dengan 113 kemenangan berbanding 99 kemenangan milik Real Madrid. Musim ini sendiri keduanya sudah saling berhadapan di putaran pertama La Liga dengan keunggulan 5-1 bagi Barcelona.

Real Madrid tentunya ingin membalaskan dendam kekalahan memalukan tersebut, dan mereka memiliki kesempatan yang cukup besar dalam laga ini. Kenapa? Berikut ulasannya.

1. Meski masuk skuad, Messi diragukan akan bermain

Preview Barcelona Vs Real Madrid, Mampukah El Real Balaskan Dendam?twitter.com/FCBarcelona_es

Jelang hadapi musuh abadi mereka di laga El Classico, Ernesto Valverde justru dipusingkan dengan cedera yang dialami para pemain bintangnya, salah satunya Lionel Messi. La Pulga mengalami cedera paha saat menjadi pahlawan dengan mencetak dua gol ka gawang Valencia di La Liga.

Meski kemudian cederanya tidak terlalu parah dan dimasukan ke dalam skuad untuk menghadapi Real Madrid, Messi diragukan akan bermain dalam laga tersebut. Apalagi Barcelona akan menghadapi jadwal yang sangat ketat dan berat ke depannya.

"Kami tidak akan mengambil risiko untuk Messi atau pemain lain, karena jadwal yang berat masih banyak menanti. Kami jelas ingin selalu berjaya di El Clasico dan jika Messi benar-benar siap, dia akan bermain," tutur Valverde.

Berbeda dengan Messi, Ousmane Dembele dan Samuel Umtiti dipastikan tidak akan tampil dalam laga tersebut karena cedera yang masih diderita. Meski begitu, Barca memiliki stok pemain pengganti yang telah siap seperti Coutinho dan Semedo.

2. Real Madrid siap 100 persen balaskan dendam

Preview Barcelona Vs Real Madrid, Mampukah El Real Balaskan Dendam?real madrid.com

Berbeda dengan lawannya yang didera badai cedera, Real Madrid akan tampil dengan skuad terbaiknya. El Real sendiri saat ini sedang dalam tren positif usai meraih lima kemenangan beruntun.

Bomber asal Prancis, Karim Benzema belakangan tampil sangat tajam melalui gelontoran enam gol dari empat partai terakhirnya dan akan kembali menjadi andalan dalam El Classico jilid dua musim ini. Tak hanya itu, pemain muda yang sedang onfire Vinicius Jr pun siap untuk memporak porandakan pertahanan Barca. Musim ini sang pemain telah menciptakan lima assist di Copa del Rey.

Di El Classico perdana di musim ini sendiri yang berlangsung di Nou Camp, Real Madrid dihabisi dengan skor telak 5-1, yang sekaligus membuat Julen Lopetegui dipecat kala itu. Namun kali ini semuanya telah berubah di bawah Santiago Solari. Perlahan tapi pasti Real Madrid pun mulai mengancam, bahkan kini mereka merangsek ke posisi tiga klasemen La Liga dengan selisih delapan angka dari Barcelona.

Meski bakal berat, Solari tetap optimis dengan anak asuhnya dan berharap bisa memenangkan laga El Clasico perdananya sebagai pelatih.

“Laga 'Clásico' adalah satu laga yang indah dan kami berharap memenangkannya”

Baca Juga: Resmi! Arsenal Akhirnya Dapatkan Denis  Suarez dari Barcelona

3. Head to head El Classico di Copa del Rey

Preview Barcelona Vs Real Madrid, Mampukah El Real Balaskan Dendam?businessinsider.sg/

Laga ini akan menjadi El Clasico ke-33 di ajang Copa del Rey dengan keunggulan 14 kemenangan bagi Barcelona, sedangkan Madrid mengkoleksi 12 kemenangan. Barcelona sendiri merupakan raja di ajang ini dengan 30 gelar juara, bahkan mereka mampu menjuarai empat dari lima kesempatan terakhir.

Namun jika ada satu tim yang mampu menghentikan dominasi Barca di ajang ini, dialah Real Madrid. Mereka merupakan pengoleksi 19 trofi Copa del Rey, dan terakhir kalinya juara terjadi pada tahun 2014 dengan mengalahkan Barcelona.

Dalam enam pertemuan terakhir di ajang Copa del Rey Sendiri, Madrid unggul dengan tiga kemenangan, sedangkan Barca hanya raih satu kemenangan. Di babak 16 besar dan perempat final musim ini sendiri Barcelona selalu kalah saat bermain tanpa Messi. Mampukah Real Madrid membalaskan dendamnya?

2014-04-16 Barcelona 1-2 Real Madrid

2013-02-26 Barcelona 1-3 Real Madrid

2013-01-30 Real Madrid 1-1 Barcelona

2012-01-25 Real Madrid 2-2 Barcelona

2012-01-18 Real Madrid 1-2 Barcelona

2011-04-20 Barcelona 0-0 Real Madrid 

4. Perkiraan susunan pemain

Preview Barcelona Vs Real Madrid, Mampukah El Real Balaskan Dendam?dailypost.ng

Prakiraan Susunan Pemain

Barcelona (4-3-3): Cilessen; Roberto, Pique, Lenglet, Alba; Alena, Rakitic, Vidal; Malcolm, Suarez, Coutinho.

Real Madrid (4-3-3): Navas; Odriozola, Ramos, Nacho, Regulion; Modric, Casemiro, Ceballos; Bale, Benzema, Vinicius.

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan Ke-22, Real Madrid Ancam Dua Tim Teratas

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya