Preview Barcelona vs. Tottenham, Duel Hidup Mati Bagi Spurs

Tak ada pilihan selain menang!

Barcelona akan menjamu Tottenham Hotspurs di matchday terakhir fase grup Rabu dinihari nanti (12/12). Bagi El Barca laga ini tak menentukan apapun karena mereka telah dipastikan lolos sebagai juara grup. Namun bagi Spurs laga ini akan menjadi partai hidup dan mati perjalanan mereka di kompetisi Eropa.

Saat ini Spurs masih berada di posisi kedua dengan jumlah poin yang sama dengan Inter Milan, namun Spurs diunggulkan oleh head to head. Spurs wajib menangkan laga ini jika ingin lolos, karena di laga lainnya Inter Milan hanya akan melawan PSV yang belum pernah menang di fase grup.

1. Pique: Kami akan bermain untuk menang

Preview Barcelona vs. Tottenham, Duel Hidup Mati Bagi Spurstwitter.com/FCBarcelona

Barcelona saat ini sedang dalam kondisi terbaiknya setelah pekan lalu berhasil mengalahkan Espanyol dengan skor 0-4 dan mengamankan posisi mereka di puncak klasemen La Liga. Begitu pun di Liga Champions, mereka belum terkalahkan dan telah mengumpulkan 13 poin dari 5 laga, serta dipastikan keluar sebagai juara grup.

Valverde pun dikabarkan akan mengistirahatkan sebagian besar pemain intinya, termasuk sang mega bintang, Lionel Messi. Meski begitu, Gerard Pique menyatakan bahwa mereka tetap akan membidik kemenangan dalam laga tersebut, apalagi mereka akan bermain di hadapan suporternya sendiri.

"Tentu saja kami akan bermain untuk menang, seperti yang selalu kami lakukan," 

Baca Juga: Rangkuman La Liga Matchday ke-15, Duo Madrid Menempel Ketat Barcelona

2. Mission possible bagi Tottenham Hotspurs

Preview Barcelona vs. Tottenham, Duel Hidup Mati Bagi Spurstwitter.com/SpursOfficial

Meski sempat mengawali Liga Champions dengan buruk di fase pertama, Spurs bangkit di fase kedua saat berhasil mengalahkan PSV Eindhoven dan Inter Milan. Kini nasib mereka akan bergantung pada diri mereka sendiri saat menghadapi pemuncak klasemen, Barcelona.

Barcelona sendiri dipastikan akan tampil tanpa Luis Suarez yang menderita cedera lutut plus akan mengistirahatkan beberapa pemain intinya. Hal ini tentunya harus bisa dimanfaatkan oleh anak asuh Mauricio Pochettino yang tampil dengan skuad terbaiknya.

Spurs sendiri hadir di Nou Camp dalam keadaan siap setelah pekan kemarin berhasil menangkan laga hadapi tuan rumah Leicester City di Liga Inggris dengan skor 0-2. Namun laga ini tetap tak akan mudah bagi Spurs apalagi Barca belum terkalahkan di kompetisi Eropa musim ini dan akan bermain di hadapan suporternya.

Di pertemuan pertama di Wembley, Spurs menyerah dengan skor 2-4 dari Barcelona. Namun dengan motivasi laga ini layaknya final bagi mereka, bukan tak mungkin Spurs akan memberikan kekalahan pertama Barca di UCL musim ini dan melaju ke babak 16 besar Liga Champions.

3. Skema tim yang akan lolos ke babak 16 besar temani Barcelona

Preview Barcelona vs. Tottenham, Duel Hidup Mati Bagi Spursmirror.co.uk

Langkah yang paling aman untuk bisa lolos ke babak 16 besar bagi Spurs tentunya memenangkan laga. Namun berbagai kemungkinan dalam sepak bola sangat bisa terjadi. Jika pun Spurs gagal menang dalam laga ini, kelolosan mereka akan tergantung dari hasil laga lainnya, yaitu Inter Milan melawan PSV Eindhoven.

Berikut ini adalah skema yang mampu membuat Spurs lolos ke babak 16 besar:

  • Jika Tottenham dan Inter Milan meraih hasil yang sama baik menang, seri ataupun kalah, Spurs berhak lolos karena unggul head to head.
  • Jika Tottenham kalah, Inter Milan menang ataupun imbang melawan PSV maka Inter Milan yang berhak menemani Barcelona lolos ke babak 16 besar.

Akan sangat menarik menunggu siapa yang akan berhasil menemani Barcelona lolos dari fase grup B. Let's see!

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan ke-14, Barcelona Kembali di Puncak Klasemen

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya