Preview Liverpool Vs Napoli, Ancelotti Yakin Bisa Singkirkan The Reds

Tiga tim masih berpeluang lolos

Semua mata pecinta sepak bola akan tertuju pada laga Liverpool melawan Napoli di matchday terakhir fase grup Liga Champions Rabu dinihari (12/12). Kedua tim akan saling memperebutkan tiket lolos ke babak 16 besar yang masih terbuka untuk tiga tim teratas di grup C, Napoli, PSG dan Liverpool.

Napoli saat ini berada di puncak klasemen dengan 9 poin, PSG 8 poin, sedangkan Liverpool tertahan di posisi ketiga dengan 6 poin. Bagi The Reds, mereka tak punya pilihan lain selain menang jika ingin lolos ke babak selanjutnya.

Meski akan bermain di Anfield, Liverpool tak akan mudah mengalahkan Napoli. Apalagi Il Partenope belum terkalahkan di UCL musim ini. Napoli pun pasti akan mengeluarkan permainan terbaiknya untuk memastikan satu tiket lolos yang sudah terlihat di depan mata.

1. Ancelotti: Kami datang bukan untuk main bertahan

Preview Liverpool Vs Napoli, Ancelotti Yakin Bisa Singkirkan The Redsuefa.com

Langkah hidup dan mati Napoli di Liga Champions musim ini akan ditentukan di laga terakhir fase grup di Anfield. Meski tak terkalahkan di UCL musim ini, Napoli belum bisa memastikan lolos begitu saja. Meski bermain di kandang lawan, Napoli tidak akan gentar karena mereka dalam kondisi siap tempur setelah sebelumnya berhasil menang telak 4-0 melawan Frosinone di Serie A.

Napoli sendiri lebih diuntungkan karena hanya membutuhkan hasil imbang untuk bisa lolos ke babak 16 besar. Namun Ancelotti menyatakan jika dirinya datang bukan untuk hanya meraih hasil imbang, tetapi untuk menang.

"Kami telah bermain dengan sangat baik sejauh ini, dan kami memiliki sedikit keuntungan. Kuenya telah dibuat, tinggal buah cerinya saja," ujar Ancelotti, dilansir dari laman resmi UEFA.

"Kami tahu apa yang dipertaruhkan. Kami harus membuat langkah terakhir untuk lolos dari fase grup. Kami tidak datang ke sini untuk bermain bertahan, namun untuk memainkan permainan kami - kami harus fokus dan mencetak gol," serunya.

Baca Juga: Beberapa Kondisi yang Tentukan Nasib Liverpool di Grup C

2. Laga hidup dan mati bagi Liverpool

Preview Liverpool Vs Napoli, Ancelotti Yakin Bisa Singkirkan The RedsGetty Image

Liverpool baru saja berhasil meraih puncak klasmen Liga Inggris akhir pekan lalu setelah berhasil mengalahkan tuan rumah Bournemouth dengan skor 0-4. Mohamed Salah menjadi bintang dengan mencetak hat-trick dalam laga tersebut.

Kemenangan itu menjadi sebuah modal yang sangat penting untuk meningkatkan moral anak asuh Klopp menghadapi Napoli di Anfield. Ketajaman Salah akan kembali diandalkan untuk bisa membobol gawang Napoli. The Reds tak memiliki pilihan lain selain menang untuk bisa lolos ke babak 16 besar.

Liverpool sendiri memiliki catatan apik jika bermain di Anfield. Dalam 10 laga kandang terakhirnya di Eropa, mereka belum terkalahkan. Sebaliknya, Napoli pun belum pernah menang jika bermain di Inggris dalam 6 kali pertemuan (M0 S2 K4).

Meski begitu, Klopp tetap merasa jika laga ini akan menjadi laga yang sangat sulit, sehingga dibutuhkan sesuatu yang spesial untuk mengalahkan Napoli.

"Kami semua tahu hasil yang kami butuhkan. Ini sulit karena Napoli bagus dalam penguasaan bola tetapi juga bagus saat menyerang balik dan layaknya tim khas Italia, bagus dalam bertahan," tuturnya.

"Jadi itu adalah tantangan besar tetapi itu adalah sepakbola dan jika ada sesuatu yang spesial yang memungkinkan untuk ditampilkan, di sini tempatnya."

3. Siapa yang akan terlempar?

Preview Liverpool Vs Napoli, Ancelotti Yakin Bisa Singkirkan The Redslance.com.br

Laga di grup C menjadi yang paling ketat di fase grup Liga Champions musim ini. Nasib Liverpool dan Napoli sendiri akan bergantung dari laga lainnya, Red Star Belgrade melawan PSG. Namun dengan kualitas tim yang dimiliki, pastinya PSG lebih diunggulkan dalam laga tersebut.

Berikut ini adalah skema tim yang akan lolos dari grup C:

  • Jika Napoli berhasil imbangi Liverpool, apapun hasil PSG melawan Red Star maka Napoli dan PSG yang berhak lolos ke babak 16 besar.
  • Jika Liverpool dan PSG sama-sama menang, PSG lolos sebagai juara grup diikuti Liverpool.
  • Jika semua tim mengumpulkan poin sama 9, maka tim yang lolos akan dihitung dari head-to-head kemudian selisih gol.
  • Jika Napoli kalah, mereka masih bisa lolos asalkan Red Star berhasil mengalahkan PSG. Maka Liverpool dan Napoli yang lolos.

Akan sangat menarik drama apa yang tersaji pada laga di grup C ini. Menurutmu siap yang akan lolos?

Baca Juga: Ketat, Laga 'Hidup Mati' di Matchday Terakhir Fase Grup Liga Champions

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya