Comscore Tracker

Rekrutan Anyar Liverpool, Ini 5 Fakta Unik Xherdan Shaqiri

Welcome to the Anfield!

Liverpool menjadi klub Inggris yang paling aktif di bursa transfer kali ini. Setelah berhasil mendatangkan Naby Keita dan Fabinho, kini The Kopp kedatangan bintang Swiss di Piala Dunia 2018, Xherdan Shaqiri.

Sang pemain diboyong dengan harga 13 juta Pound dengan durasi kontrak lima tahun dari Stoke City. Shaqiri sendiri pernah bermain untuk beberapa tim besar seperti Bayern Muenchen dan Inter Milan, seperti yang dilansir dari Sportskeeda.com dan Independent.co.uk. Apalagi hal lainnya tentang sang pemain? Check this out.

1. Memotong waktu berliburnya demi bergabung dengan Liverpool

Rekrutan Anyar Liverpool, Ini 5 Fakta Unik Xherdan Shaqiriliverpoolfc.com

Shaqiri berhasil membawa Swiss lolos dari fase grup Piala Dunia 2018. Sayang mereka harus kalah di fase knock out, setelah kalah di babak adu penalti dari Kroasia. Setelah pulang kampung, seperti biasa para pemain diberikan waktu untuk berlibur.

Namun 9 hari setelah gagal di Piala Dunia, Liverpool langsung memboyong sang pemain. Shaqiri pun langsung terbang ke Merseyside untuk mentandatangani kontrak dan secara resmi menjadi milik Liverpool.

Setelah semua prosedur selesai, Shaqiri sendir akan langsung ke Amerika untuk mengikuti tur Liverpool.

2. Peraih treble winner

Rekrutan Anyar Liverpool, Ini 5 Fakta Unik Xherdan Shaqiritwitter.com/Bayern_mania/

Shaqiri memulai kareir profesionalnya bersama FC Basel di tahun 2009. Tampil cemerlang, tiga musim kemudian dia diboyong klub raksasa Jerman, Bayern Muenchen. Saat itu usianya masih 19 tahun.

Musim 2012/2013 menjadi musim terbaiknya saat Bayern Muenchen berhasil meraih treble winner dibawah asuhan Jupp Heynkess. Uniknya, klub yang dikalahkannya saat itu adalah Borussia Dormund yang diasuh oleh Jurgen Klopp, pelatihnya saat ini di Liverpool.

3. Mantan rekan Mohamed Salah

Rekrutan Anyar Liverpool, Ini 5 Fakta Unik Xherdan Shaqirisportskeeda.com

Di Liverpool Shaqiri akan kembali bereuni dengan mantan rekannya di FC Basel, Mohamed Salah. Musim terakhir Shaqiri di Basel pada tahun 2012 menjadi awal mula karir Mohamed Salah di Eropa.

Dia sempat menceritakan tentang pertemuan pertama kalinya denga Salah.

He came for training and a trial when I was at Basel. He came to train two or three times, I trained with him. (Dia datang untuk berlatih dan trial ketika aku di Basel. Dia datang berlatih sekitar dua atau tiga kali. Aku pun berlatih bersamanya).

Namun mereka tak lama bersama, karena Shaqiri kemudian diboyong Bayern Muenchen. Kini kedua pemain ini akan kembali satu tim dan memiliki kesempatan untuk bermain bersama. Mohamed Salah sendiri baru saja menerima kontrak baru dari Liverpool dengan durasi 5 tahun. Artinya sang pemain akan berada di ANfield hingga tahun 2023.

Salah mampu tampil impresif di musim pertamanya bersama The Kopp. Dia mampu menjadi top skorer Liga Inggris dengan 32 gol serta membawa Liverpool ke final Liga Champions.

4. Hampir bergabung bersama Liverpool di tahun 2014

Rekrutan Anyar Liverpool, Ini 5 Fakta Unik Xherdan Shaqiriliverpoolfc.com

Shaqiri sebenarnya hampir saja bergabung bersama Liverpool setelah Piala Dunia 2014 usai. Brendan Rogers yang saat itu melatih Liverpool bahkan menghubunginya secara personal. Shaqiri pun menginginkan untuk hengkang dari Muenchen yang saat itu dilatih Pep Guardiola.

I really wanted to leave in the summer of 2014. I had offers from Liverpool and Atletico Madrid. I chose Liverpool. Brendan Rodgers even called me before the World Cup. But Bayern blocked me. (Aku sangat iningn meninggalkan klub pada tahun 2014. Aku mendapatkan tawaran dari Liverpool dan Atletico Madrid. Aku memilih Liverpool. Brenden Rodgers bahkan meneleponku sebelum Piala Dunia, tapi Bayern menghalanginya).

5. Kontroversi selebrasi gol di Piala Dunia 2018

Rekrutan Anyar Liverpool, Ini 5 Fakta Unik Xherdan Shaqirisportingnews.com

Satu-satunya gol yang dicetak oleh Shaqiri terjadi di babak grup saat mengalahkan Serbia dengan skor 2-1, sedangkan satu gol lainnya diciptakan Granit Xhaka. Kedua pemain melakukan sebuah selebrasi dengan gestur elang kepala dua yang merupakan simbol bendera Albania.

Aksi tersebut membuat federasi sepak bola Serbia marah dan melaporkannya kepada FIFA. Seperti yang diketahui Albani dan Serbia sendiri terlibat dalam situasi politik yang memanas.

Sempat dikabarkan terkena larangan bermain, namun FIFA pada akhirnya hanya mendenda keduanya.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya