Rangkuman Babak Tiga FA Cup, Manchester City Menang Besar

City dan Spurs sama-sama cetak 7 gol

Klub-klub Inggris menjadi tim yang paling sibuk karena mereka rata-rata harus bermain di 4 kompetisi setiap musimnya. Salah satu kompetisi yang paling bersejarah adalah FA Cup yang saat ini telah memasuki babak ketiga dimana tim-tim dari berbagai level Liga inggris saling berhadapan.

Dari sekian laga yang digelar akhir pekan kemarin, Man City menjadi tim yang paling menarik perhatian setelah berhasil cetak rekor kemenangan tertinggi di bawah asuhan Pep Guardiola. Tak ingin kalah hebat, tim-tim besar lainnya juga behasil raih kemenangan. Berikut rangkuman lengkapnya.

1. Dua tim asal Premier League dipermalukan tim kasta 4 Liga Inggris

Rangkuman Babak Tiga FA Cup, Manchester City Menang Besarbbc.com

Empat tim Liga Inggris harus gugur di babak ketiga Fa Cup musim ini, Bournemouth, Cardiff City, Leicester City, dan Fulham. Ironisnya, Fulham dan Leicester City harus derita kekalahan memalukan dari tim kasta 4 Liga Inggris, Oldham Atletic dan Newport County.

Leicester City yang tampil luar biasa di Liga Inggris usai kalahkan Chelsea dan Man City justru alami kekalahan dari Newport County dengan skor 2-1. Newport unggul terlebih dulu melalui gol Jamille Matt di menit ke-10. The Foxes baru bisa samakan keadaan di menit ke-82 melalui gol Rachid Ghezzal. Sayangnya, tuan rumah mampu kembali unggul tiga menit kemudian melalui tendangan penalti Padraig Amont.

Nasib Fulham lebih miris lagi setelah kalah di kandang sendiri dengan skor 1-2, padahal mereka unggul terlebih dulu melalui gol Odoi di menit ke-52. Namun Oldham yang bermain di divisi 4 Liga Inggris berhasil comeback dalam waktu 12 menit melalui gol Sam Surridge (76') dan Callum Lang (88').

2. Tiga tim asal London berhasil raih kemenangan telak

Rangkuman Babak Tiga FA Cup, Manchester City Menang Besartwitter.com/SpursOfficial

Tim-tim besar Liga utama Inggris berhasil lolos ke babak keempat FA Cup usai raih kemenangan terhadap lawannya masing-masing. Diantaranya adalah tiga besar asal London, Arsenal, Chelsea dan Tottenham Hotspurs.

Spurs menjadi yang paling gemilang usai kalahkan tim dari League Two, kasta empat Liga Inggris, dengan skor sangat mencolok 0-7. Fernando Llorent menjadi bintang dalam laga tersebut usai cetak hat-trick di menit 48, 72 dan 71. Sedangkan Serge Aurier berhasil cetak brace di menit ke-40 dan 55 dan sisanya dicetak oleh Son Heung-Min (57') dan Harry Kane (82')

Tak ingin kalah hebat, Arsenal dan Chelsea pun unjuk kekuatan di babak ketiga FA Cup. Arsenal berhasil kalahkan tim dari Championship division, Blackpool dengan skor 0-3 melalui gol Joe Willock (11', 37') dan Alex Iwobi (82').

Di laga lainnya, Chelsea berhasil kalahkan tim yang juga berasal dari Championship division, Nottingham Forrest. The Blues menang 2-0 melalui brace Alvaro Morata. Laga ini sendiri menjadi laga perpisahan bagi Cesc Fabregas yang dikabarkan akan bergabung bersama AS Monaco.

Baca Juga: Final FA Cup: Selain Pemain 2 Klub, Ada 137 Pemain Lain Turut Bermain

3. Duo Manchester berhasil cetak rekor bersejarah

Rangkuman Babak Tiga FA Cup, Manchester City Menang Besartwitter.com/gabrieljesus33

Tak kalah hebat dari klub asal London, duo Manchester pun berhasil raih kemenangan telak atas lawan-lawannya. Manchester City berhasil cetak rekor kemenangan terbesar sejak tahun 1968. City hancurkan Rotherdam United dengan skor 7-0 melalui tujuh pencetak gol berbeda, Raheem Sterling (12'), Phil Foden (43'), bunuh diri Semi Ajayi (45+1'), Gabriel Jesus (53'), Riyad Mahrez (73'), Nicolas Otamendi (78'), dan Leroy Sane (85').

Ilkay Gundogan dan Phil Foden pun berhasil cetak rekor dalam laga tersebut. Gundogan menjadi pencetak 4 assist pertama dalam satu laga di FA Cup usai terakhir kali terjadi pada tahun 2013 oleh Santi Cazorla bersama Arsenal. Sedangkan Phil Foden menjadi pencetak gol termuda kedua Manchester City di usia 18 tahun dan 223 hari setelah Rony Lopes yang melakukannya dalam usia 17 tahun dan delapan hari melawan Watford pada Januari 2013. 

Tak kalah gemilang, Manchester United pun berhasil raih kemenangan atas Reading dengan skor 2-0 melalui gol penalti Juan Mata dan Romelu Lukaku. Hasil ini menjadi spesial karena menjadi kemenangan kelima beruntun Solksjaer usai membesut Red Devils.

Kini Ole diambang membuat rekor baru yang telah bertahan 73 tahun asal bisa kalahkan Tottenham Hotspur pekan depan di ajang Liga Inggris. Meski tak akan mudah, Manchester United yang sekarang akan menjadi lawan yang tangguh bagi Spurs yang saat ini bertengger di posisi ketiga EPL.

4. Baru akan bermain, Liverpool hadapi laga berat melawan Wolverhampton

Rangkuman Babak Tiga FA Cup, Manchester City Menang Besar.liverpoolfc.com/

Pemuncak klasemen Liga Inggris, Liverpool baru akan jalani babak ketiga FA Cup Selasa dinihari (08/01) melawan tuan rumah Wolverhamtpon. Laga ini akan cukup berat mengingat The Wolves yang tampil luar biasa sebagai pembunuh tim besar.

The Wolves musim ini tampil fantastis dengan mengalahkan Tottenham Hotspurs dan Chelsea di kandang lawan. Tak hanya itu, mereka pun berhasil menahan imbang Man United, Man City dan Arsenal. Namun Liverpool memiliki catatan unik karena menjadi satu-satunya tim yang berhasil kalahkan Wolverhamtpon dengan skor 2-0 di Liga Inggris.

Hal ini menjadi sebuah catatan menarik, apalagi The Reds sedang mencari pelampiasan usai alami kekalahan perdananya di Liga Ingggris dari Man City. The Reds kemungkinan besar akan memainkan pemain keduanya. Tapi hal tersebut tak akan mengurangi ketajaman mereka mengingat kedalaman skuad yang seimbang dimiliki Jurgen Klopp.

5. Hasil babak ketiga FA Cup

Rangkuman Babak Tiga FA Cup, Manchester City Menang Besargoal.com

Sabtu (5/1/2019)

  • Tranmere Rovers 0-7 Tottenham Hotspur (Fernando Llorente 48', 71', 72', Serge Aurier 40', 55', Son Heung-min 57', Harry Kane 82')
  • Sheffield Wednesday 0-0 Luton Town
  • Manchester United 2-0 Reading (Juan Mata 22'-pen, Romelu Lukaku 45'+4)
  • West Bromwich Albion 1-0 Wigan Athletic (Bakary Sako 31')
  • Shrewsbury Town 1-1 Stoke City (Oliver Norburn 45'-pen; Peter Crouch 78')
  • Bournemouth 1-3 Brighton (Marc Pugh 55'; Antony Knockaert 31', Yves Bissouma 34', Florin Andone 64')
  • West Ham United 2-0 Birmingham City (Marko Arnautovic 2', Andy Carroll 90')
  • Burnley 1-0 Barnsley (Chris Wood 90'-pen)
  • Bolton Wanderers 5-2 Walsall (Clayton Donaldson 58', Josh Magennis 61', 80', 87', Jon Guthrie 63'-bd; A. Cook 19', Mark Beevers 68'-bd)
  • Brentford 1-0 Oxford United (Neal Maupay 80'-pen)
  • Chelsea 2-0 Nottingham Forest (Alvaro Morata 49', 59')
  • Fleetwoot 2-3 Wimbledon (Paddy Madden 70', Ched Evans 72'-pen; Andrew Barcham 16', Anthony Hartigan 55', Kwesi Appiah 90')
  • Middlesbrough 5-0 Peterborough (Britt Assombolonga 47' 70', George Friend 50', Lewis Wing 62', Asley Fletcher 87')
  • Aston Villa 0-3 Swansea City (Courtney Baker-Richardson 2', Nathan Dyer 47', Jay Fulton 78')
  • Gillingham 1-0 Cardiff City (Elliott List 81)
  • Everton 2-1 Lincoln FC (Ademola Lookman 12', Bernard 14'; Michael Bostwick 28')
  • Derby County 2-2 Southampton (Jack Marriot 58', Thomas Lawrence 61'; Nathan Redmond 4', 48') Accrington Stanley 1-0 Ipswich Town (Bille Kee 76')

Minggu (6/1/2019)

  • Newcastle United 1-1 Blackburn Rovers (Matt Ritchie 84'-pen; Bradley Dack 56')
  • Crystal Palace 1-0 Grimsby Town (Jordan Ayew 86')
  • Bristol City 1-0 Huddersfield Town (Josh Brownhill 72')
  • Blackpool 0-3 Arsenal (Joe Willock 11', 37', Alex Iwobi 82')
  • Norwich City 0-1 Portsmouth (Andre Green 90').

Baca Juga: 3 Drama yang Akan Terjadi Saat Final FA Cup Chelsea Vs MU

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya