Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madrid

Berjarak 3 poin

La Liga masih menjadi liga paling ketat di Eropa. Hal ini terlihat dari persaingan titel juara yang masih terbuka lebar bagi 4 tim teratas. Bahkan tim-tim kuda hitam seperti Alaves dan Real Betis pun masih bisa menggeser tim besar seperti Real Madrid dan Sevilla di posisi 4 besar.

Pada pekan ke-17 La Liga, tak terdapat perubahan signifikan di tabel klasemen, namun posisi Barcelona di puncak klasemen masihlah belum aman dan masih bisa digeser klub lainnya sebelum tahun baru. Berikut rangkuman lengkapnya.

1. Sevilla ditahan imbang, Atletico Madrid raih posisi runner up

Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madridtwitter.com/atletienglish

Nasib kurang beruntung didapati Sevilla saat bertandang ke tim papan bawah, Leganes. Andre Silva dkk hanya mampu bermain imbang 1-1. Leganes mampu unggul terlebih dulu di menit ke-5 melalui gol Mikel Vesga. Habis jatuh tertimpa tangga, itulah gambaran Sevilla di babak pertama saat di mereka justru harus kehilangan Franco Vazquez akibiat kartu merah di akhir babak pertama.

Hampir kalah, Sevilla patut berterima kasih kepada striker mereka Wisam Ben Yedder setelah berhasil menyamakan kedudukan di akhir laga. Gagal menang, Sevilla pun harus turun ke posisi tiga tergeser oleh Atletico Madrid yang meraih kemenangan tipis atas Espanyol berkat gol tunggal Antoine Griezmann.

Kini Atleti mengumpulkan 34 poin, hanya tertinggal 3 poin dari Barcelona yang memuncaki klasemen La Liga.

2. Barcelona kembali menang, Ousmane Dembele buktikan dirinya pemain hebat

Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madridtwitter.com/FCBarcelona

Barcelona kembali raih kemenangan keempat secara beruntun di La Liga setelah berhasil kalahkan sang tamu, Celta Vigo dengan skor 2-0. Dua gol Barca dicetak oleh Ousmane Dembele (10') dan Lionel Messi (45'). Hasil ini membuat mereka tetap menjaga jarak dari Atletico Madrid dan Sevilla yang menempel ketat dibelakangnya.

Tak hanya menjadi panggung kehebatan Lionel Messi, kemenangan ini pun menjadi pembuktian kehebatan Ousmane Dembele yang sempat dikritik akibat tindakan indisiplinernya.

Golnya ke gawang Celta Vigo menjadi gol ke-7 dari 16 laga yang telah dijalaninya di La Liga. Tak hanya itu, dia pun telah mencetak dua gol di liga Champions. Meski dikabarkan hubungan sang pemain sempat memburuk dengan tim akibat tindakan tak profesionalnya, namun rekan setimnya, Arthuro Vidal menegaskan jika hal tersebut sudah selesai dan kembali harmonis.

"Ada beberapa hal dari dirinya yang akan berkembang seiring berjalannya waktu, dan hal-hal itu sebenarnya tidak terlalu penting."

"Dia [Dembele] sudah meminta maaf kepada tim dan ia tidak boleh melakukan itu lagi. Dia menyadari bahwa ia sudah melakukan kesalahan dan hal itu bukanlah sesuatu yang serius yang bisa berdampak kepada tim."

Baca Juga: Tekuk Al-Ain, Real Madrid Juara FIFA Club World Cup 2018

3. Absen di pekan ke-17, Real Madrid juara FIFA Club World Cup

Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madridtwitter.com/realmadrid

Real Madrid absen di pekan ke-17 La Liga karena menjalani babak final FIFA World Cup di Uni Emirat Arab melawan tim tuan rumah Al Ain. Secara luar biasa El Real menghabisi Al Ain dengan skor 4-1 dan berhak atas gelar ke-4 FIFA Club World Cup.

Empat gol Madrid dicetak oleh Luca Modric (16') Marco Llorente (60'), Sergio Ramos (78'') dan gol bunuh diri Yahia nader di akhir laga, sedangkan satu gol lawan dicetak di menit ke-86 melalui gol pemain Jepang, Tsukasa Shiotani.

Kemenangan ini pun menjadi trofi pertama Santiago Solari di Santiago Bernabeu sebagai manajer. Gareth Bale sendiri terpilih sebagai pemain terbaik berkat hattrick-nya ke gawang Kashima Antlers.

Di La Liga Sendiri Madrid masih tertahan di posisi ke-4 dan masih memiliki satu laga tunda.

4. Lionel Messi semakin tajam, meninggalkan jauh pesaingnya di papan top skorer

Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madridtwitter.com/FCBarcelona

Setelah pekan lalu berhasil mencetak hattrick ke gawang Levante, Messi kembali mencetak gol saat kalahkan Celta vigo dengan skor 2-0. Tak hanya menguatkan posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga, Lionel Messi kini tercatat sebagai top skorer La Liga dengan 15 gol, unggul 4 gol dari Christian Stuani dan Luis Suarez yangberada di posis kedua.

Tak hanya top skorer, Lionel Messi juga memimpin daftar assist La Liga dengan 10 assist, terpaut 4 angka dari Antoine Griezmann yang telah memberikan 6 assist. Catatan gol Lionel Messi ini pun menjadi yang tertinggi diantara 5 liga top Eropa lainnya.

Messi berhasil mengalahkan catatan pemain hebat lainya seperti Kylan Mbappe (13 gol/PSG), Aubameyang (12 gol/Arsenal), (Paco Alcacer 12 gol/Dortmund) dan Krzysztof Piątek (13 gol/Genoa).

5. Klasemen sementara

Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madridtwitter.com/LaLiga

Hasil La Liga pekan ke-17:

Sabtu 22/12/18

Girona 1 - 1 Getafe

Real Sociedad 0 - 1 Deportivo Alaves

Real Betis 1 - 1 Eibar

Atletico Madrid 1 - 0 Espanyol


Minggu 23/12/18

Barcelona 2 - 0 Celta Vigo

Athletic Bilbao 1 - 1 Real Valladolid

Valencia 2-1 Huesca 

Leganes 1-1  Sevilla 

Senin 24/12/18

Rayo Vallecano vs Levante - [00 : 30]

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levante

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya