Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levante

Calon juara paruh musim nih!

Pekan ke-16 La Liga Spanyol masih menjadi milik Barcelona meski tim-tim pesaing terdekatnya juga tetap menguntit dengan ketat. Empat tim teratas berhasil meraih kemenangan di pekan 16 sehingga persaingan La Liga musim ini pun masih berjalan seru dan menarik.

Jarak poin yang tipis membuat calon juara La Liga musim ini masih tak bisa diperkirakan. Berikut ini adalah rangkumannya.

1. Real Madrid kembali hanya menang tipis hadapi klub papan bawah

Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levantetwitter.com/realmadriden

Real Madrid berhasil kembali meraih kemenangan di La Liga pada pekan ke-16 kemarin. Gol Karim Benzema pada menit ke-13 menjadi satu-satunya gol yang tercipat ke gawang Rayo Vallecano pada laga yang digelar di Santiago Bernabeu tersebut.

Dengan hasil ini Madrid tetap berada di posisi ke-4 dengan 29 poin, tertinggal 5 angka dari Barcelona yang memuncaki klasemen. Meski menang, skor 1-0 bukanlah hasil yang cukup baik bagi klub sekelas Madrid. Apalagi Rayo Vallecano hanyalah klub penguni zona degradasi di posisi ke-19.

Pekan lalu pun mereka hanya menang dengan skor yang sama melawan klub juru kunci Huesca. Hal ini menunjukan jika lini serang El Real sangat merosot selepas kehilangan Ronaldo. Sialnya lagi, dalam laga tersebut Madrid harus kehilangan dua strikernya yane mengalami cedera, Marco Assensio dan Karim Benzema.

Madrid sendiri akan terpecah konsentrasinya karena akan mengahadapi Piala Dunia antar klub melawan Kashima Antlers pada tanggal 19 Desember.

2. Atletico Madrid susah payah menang di kandang Valldolid

Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levantetwitter.com/Atleti

Sevilla dan Atletico Madrid masih setia menempel ketat Barcelona di puncak klasemen. Hal ini tak lepas dari kemangan yang diraih keduanya di pekan ke-16. Atletico Madrid harus bekerja keras mengalahkan tuan rumah, Real Valladollid dengan skor -2-3. Antoine Griezmann menjadi pahlawan dalam laga itu berkat brace-nya di menit ke-45 melalui titik penalti dan gol penentuan kemenangan di menit ke-80. Sedangkan satu gol lainnya diceploskan Nikola Kalinic di menit ke-26.

Valladolid sendiri sempat menyamakan kedudukan melalui gol Fernandi Calero (57') dan gol bunuh diri Saul Niguez (63'), sayang gol Griezmann menjadi mimpi buruk tuan rumah. Dengan kemenangan ini Atleti memiliki poin sama dengan Sevilla dengan 31 poin dan hanya terpaut tiga poin dari Barcelona.

Baca Juga: Rangkuman La Liga Matchday ke-15, Duo Madrid Menempel Ketat Barcelona

3. Sevilla setia membuntuti di posisi kedua

Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levantetwitter.com/Pablosarabia92

Sevilla berhasil menundukan Girona pada laga Minggu malam (16/12) melalui gol penalti Ever Banega (55') dan Pablo Sarabia (64). Hasil ini sudah cukup untuk terus membuntuti Barca di puncak klasemen. Kini Sevilla berada di posisi kedua dengan 31 poin, unggul selisih gol dari Atletico Madrid dan hanya tertinggal tiga poin dari Barcelona.

Sevilla harus mampu bermain stabil jika ingin masih berada dalam percaturan juara La Liga musim ini. Sebelumnya Sevilla harus terlempar dari puncak klasemen setelah hanya bermain imbang melawan Alave dan Valencia.

4. Barcelona pesta gol, Lionel Messi cetak hat-trick

Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levantetwitter.com/LaLiga

Pekan ke-16 La Liga tampaknya memang menjadi milik Barcelona. Menghadapi tuan rumah Levante, Barcelona justru mampu berpesta gol. Lionel Messi menjadi bintang dengan mencetak hat-trick (43,47',60') sedangkan dua gol lainnya masing-masing dicetak oleh Luis Suarez (35') dan Gerard Pique (88'').

Dengan hasil tersebut, Barca tetap memuncaki klasemen dengan 34 gol dan hanya membutuhkan satu lagi kemenangan untuk menjadi juara paruh musim La Liga musim ini. Tak hanya itu, Lionel Messi pun berhasil menggeser Christian Stuani di puncak top skorer sementara. Dengan tiga golnya, kini Messi telah mengkoleksi 14 gol, unggul tiga gol dari Stuani dan Luis Suarez yang berada di posis kedua dengan 11 gol.

5. Klasemen sementara

Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levantetwitter.com/LaLiga

Hasil lengkap pekan ke-16:

Sabtu 15/12/18

Celta Vigo 0 - 0 Leganes
Getafe 1 - 0 Real Sociedad
Real Valladolid 2 - 3 Atletico Madrid


Minggu 16/12/18

Real Madrid 1 - 0 Rayo Vallecano
Eibar 1 - 1 Valencia
Sevilla 2 - 0 Girona
Espanyol 1 - 3 Real Betis


Senin 17/12/18

Huesca 2 - 2 Villarreal
Levante 0 - 5 Barcelona


Selasa 18/12/18

Deportivo Alaves vs Athletic Bilbao [03 : 00 WIB].

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan ke-14, Barcelona Kembali di Puncak Klasemen

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya