Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besar

Barcelona masih kokoh di puncak klasemen

Memasuki pekan ke-20, persaingan tim-tim papan atas di La Liga semakin memanas. Barcelona dan Atletico Madrid masih menjadi kandidat terkuat dalam perebutan trofi. Namun perlahan dan pasti Real Madrid pun kini semakin menempel ketat keduanya.

Anak asuh Santiago Solari berhasil naik ke peringkat tiga klasemen sementara usai menangkan bigmatch atas Sevilla. Hasil ini membuat persaingan trofi La Liga kembali mengerucut kepada tiga tim. Berikut hasil lengkap pekan ke-20 La Liga.

1. Kalahkan Sevilla, Real Madrid naik ke peringkat tiga klasemen

Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besar/twitter.com/realmadrid

Real Madrid berhasil raih kemenangan krusial atas Sevilla dengan skor meyakinkan 2-0 Minggu dinihari (20/01). Perjuangan ekstra keras berhasil ditampilkan El Real dalam laga tersebut. Bermain di Santiago Bernabeu, Madrid menyerang habis-habisan Sevilla yang bermain sangat defensif.

El Real harus menunggu hingga menit ke-78 untuk mencetak gol pembuka kemenangan melalui tendangan jarak jauh Casemiro. Sepanjang laga, El Real berhasil melakukan 23 tembakan ke arah gawang lawan.

Sevilla yang bermain bertahan dengan hanya 31 persen penguasaan bola, cuma mampu lepaskan empat tembakan ke gawang. Real Madrid berhasil menggandakan skor di akhir laga melalui gol pemain terbaik dunia, Luka Modric usai memaksimalkan blunder Daniel Carrico.

Dengan hasil ini, Madrid berhasil menggeser posisi Sevilla di posisi tiga dengan 36 poin. Mereka masih terpaut 10 angka dari Barcelona yang kokoh bertengger di puncak klasemen.

2. Atletico Madrid konsisten buntuti Barcelona di puncak klasemen

Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besartwitter.com/LucasHernandez

Usai tersingkir di babak 16 besar Copa Del Rey, Atletico Madrid bangkit dengan meraih kemenangan telak 0-3 atas tim penghuni dasar klasemen Huesca. Atleti tak menemukan hambatan berarti saat bertandang ke Estadio El Alcoraz, markas Huesca.

Huesca memang bermain cukup baik dalam laga tersebut, namun level mereka masih tertinggal jauh dari sang tamu. Atleti mampu membuka keunggulan di menit ke-31 melalui gol pemain asal Prancis Lucas Hernandez.

Di babak kedua, Atleti makin menemukan irama permainannya. Antoine Griezmann menjadi kreator untuk memudahkan Santiago Arias mencetak gol kedua bagi tim di menit ke-52. Tak cukup dua gol, anak asuh Diego Simone semakin memperlebar kedudukan menjadi 0-3 di menit ke-71 melalui gol Koke yang menjadi gol penutup dalam laga tersebut.

Dengan kemenangan ini, Atletico Madrid duduk nyaman di posisi kedua dengan 41 poin. Mereka masih tertinggal lima poin dari Barcelona dan menjadi pesaing terdekat mereka dalam upaya perebutan trofi La Liga musim ini.

Baca Juga: Catatan Menarik Pekan 23 Liga Premier Inggris, MU Sukses Besar!

3. Kalahkan Leganes, Barcelona kokoh di puncak klasemen

Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besarfcbarcelona.com

Posisi Barcelona di puncak klasemen tetap kokoh hingga pekan ke-20 usai kalahkan Leganes dengan skor 3-1 di Camp Nou pada Senin dinihari (21/01). Tampil dengan formasi andalan 4-3-3, Valverde memilih untuk mengistirahatkan Lionel Messi dan menurunkan Coutinho.

Strategi tersebut tampaknya tak menjadi sebuah masalah setelah Ousmane Dembele berhasil membuka skor di menit ke-32 yang bertahan hingga akhir babak pertama. Usai istirahat, Barca masih menguasai jalannya pertandingan. Namun Leganes berhasil mencuri kesempatan di menit ke-57 setelah Martin Braithwaite berhasil menyamakan kedudukan.

Tak ingin kehilangan poin, Valverde kemudian menurunkan Lionel Messi dan Ivan Rakitic bersamaan di menit 64. Strategi tersebut berhasil membuat serangan Barca semakin tajam. Gol kemenangan akhirnya tercipta di menit ke-71 melalui sontekan Luis Suarez memanfaatkan bola pantulan kiper Ivan Cuellar. Gol tersebut sempat diprotes lawan karena Suarez dianggap terlebih dahulu melakukan pelanggaran, namun wasit tetap mengesahkan gol tersebut.

Lionel Messi yang diturunkan di babak kedua tak mau ketinggalan mencetak gol. Pemain asal Argentina tersebut berhasil menutup kemenangan menjadi 3-1 melalui golnya di menit 90+2. Hasil ini pun membuat mereka kokoh di puncak klasemen dengan keunggulan lima poin.

Usai kemenangan ini, Barcelona telah ditunggu laga berat menghadapi Sevilla di ajang perempat final Copa del Rey Kamis dinihari WIB (24/01)

4. Catatan gol Lionel Messi dan Luis Suarez semakin tak terhentikan

Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besartwitter.com/FCBarcelona

Lionel Messi lagi-lagi berhasil mencatatkan namanya di papan skor. Satu golnya ke gawang Leganes menjadi gol ke-18 musim ini di La Liga yang menjadikannya topskor sementara. Tak hanya itu, Messi berhasil mencetak gol dalam enam laga beruntun Barcelona di La Liga musim ini.

Catatan Messi tersebut kini hanya mampu disaingi rekan satu timnya Luis Suarez yang telah mencetak 12 gol. Musim ini Messi telah mencetak 25 gol di semua ajang, termasuk 6 gol di Liga Champions di mana dia hanya kalah dua gol dari Robert Lewandowski. Catatan luar biasa Lionel Messi musim ini tak cukup dalam urusan gol karena dia pun tercatat sebagai pemberi assist terbanyak dengan 10 assist di La Liga musim ini.

5. Klasemen sementara

Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besartwitter.com/LaLiga

Hasil lengkap La Liga pekan ke-20:

Sabtu 19/01/19

Getafe 4 - 0 Deportivo Alaves
Real Madrid 2 - 0 Sevilla


Minggu 20/01/19

Huesca 0 - 3 Atletico Madrid
Celta de Vigo 1 - 2 Valencia
Real Betis 3 - 2 Girona
Villarreal 1 - 1 Athletic Bilbao

Senin 21/01/19

Levante 2 - 0 Real Valladolid
Rayo Vallecano 2 - 2 Real Sociedad
Barcelona 3 - 1 Leganes


Selasa 22/01/19

Eibar 3 - 0 Espanyol

Baca Juga: Cedera Panggul, Courtois Absen Bela Real Madrid Selama Dua Pekan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya