Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man City

The Reds raih juara paruh musim

Perebutan juara Liga Inggris semakin manarik menjelang akhir tahun. Telah menempuh separuh jarak, Liverpool berhasil memimpin puncak klasemen hingga hari Natal. Terdapat sebuah mitos tersendiri jika klub yang berhasil memuncaki klasemen di hari Natal akan mampu juara liga Inggris di akhir musim. Mampukah Liverpool menjadi bagian dari mitos tersebut?

Tak kalah menarik, persaingan The Big Four pun semakin ketat. Jarak poin mereka kini semakin tipis dan sangat seru untuk disaksikan. Berikut ulasannya.

1. Nasib buruk Man City dan Chelsea, kekalahan pertama di kandang

Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man Citydispatchlive.co

Pekan ke-18 menjadi mimpi buruk bagi Manchester City dan Chelsea. Kedua tim sama-sama menelan kekalahan tipis dari sang tamu. Man City kalah dengan skor 2-3 dari Crystal Palace, sedangkan The Blues menyerah di tangan Leicester City dengan skor 0-1 melalui gol Jamie Vardy.

Uniknya, kekalahan ini pun menjadi kekalahan pertama mereka di kandang sendiri musim ini. Akibat kekalahan ini jarak Man City dengan Liverpool pun semakin melebar menjadi 4 poin dan masih tertahan di posisi kedua.

Begitu pula Chelsea, mereka tetap tertahan di posisi ke-4, namun poin mereka berhasil disamai Arsenal dengan 37 poin.

2. Tampil luar biasa, dua tim London raih kemenangan telak

Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man Citytwitter.com/SpursOfficial

Berbeda dengan Chelsea, dua tim asal London lainnya berhasil meraih kemenangan telak. Arsenal berhasil mengalahkan Burnley dengan skor 3-1 melalui brace Aubameyang (14', 48') dan satu gol Iwobi (90+1') sedangkan gol lawan dicetak oleh Ashley Barnes (63'). Kemenangan ini menjadi sangat penting karena berhasil menyamai poin Chelsea yang alami kekalahan.

Di laga lainnya, Tottenham Hotspurs yang bermain Minggu malam (23/12) tampil lebih luar biasa lagi. Spurs berhasil mengalahkan tuan rumah Everton dengan skor telak 2-6. Son Heung Min dan Harry Kane sama-sama berhasil cetak brace, sedangkan dua gol lainnya dicetak oleh Dele Alli dan Christian Eriksen.

Everton sendiri hanya berhasil memperkecil kedudukan melalui gol Theo Walcott dan Sigurdson. Dengan hasil ini, Spurs berhasil memotong jarak dengan Man City menjadi 2 poin dan tertinggal 6 poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Persaingan tiga tim teratas pun semakin ketat dengan jarak pendek diantara mereka.

Baca Juga: Raih Poin Penuh Atas Burnley, Arsenal Tetap di Posisi 5 Klasemen

3. Man United kalahkan Cardiff, debut sempurna Solksjaer

Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man Citytwitter.com/ManUtd

Debut pelatih baru Man United, Ole Gunnar Solksjaer berakhir manis setelah meraih kemenangan pertamanya saat mengalahkan Cardiff City dengan skor 1-5. Hebatnya lagi, debut awal Solksjaer pun dihiasi kemenangan terbesar semenjak ditinggal Sir Alex Ferguson di tahun 2013.

Lima gol Man United dicetak oleh Marcus Rashford (3') Ander Herrera (29.) Anthony Martial (41') dan brace Jesse Lingard (57', 90) sedangkan gol lawan tercipta di menit ke-38 melalui Victor Camarassa.

Kemenangan ini sendiri tetap membuat Man United tertahan di posisi ke-6 dengan 29 poin. Mereka tertinggal 8 poin dari Chelsea di posisi ke-4 sebagai posisi terakhir untuk bisa berlaga di Liga Champions musim depan.

4. Liverpool raih juara paruh musim, namun ada sebuah kutukan di dalamnya

Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man Citytwitter.com/LFC

Rekor tak terkalahkan Liverpool terus berlanjut hingga pekan ke-18 saat berhasil mengalahkan tuan rumah Wolverhampton dengan skor 0-2. Gol Mohamed Salah (18') dan Virgil Van Dijk (68') menjadi penentu kemenangan The Reds mengokohkan posisinya di puncak klasemen.

Hasil ini pun membuat mereka menjauh dari kejaran Man City yang menderita kekalahan di laga lainnya menjadi 4 poin. Hal tersebut pun menjadikan mereka juara paruh musim dengan 48 poin.

Sayangnya juara paruh musim seolah menjadi sebuah kutukan tersendiri bagi The Reds. Dalam 10 musim terakhir hanya dua kali tim yang raih juara paruh musim gagal menjadi juara di akhir kompetisi. Sialnya kedua kesempatan itu menimpak Liverpool.

Musim ini pun mereka kembali meraih juara paruh musim dengan rekor tak terkalahkan. Mampukah mereka memecahkan kutukan tersebut di akhir musim?

5. Klasemen sementara

Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man Citytwitter.com/premierleague

Hasil lengkap pekan ke-18:

Wolverhampton 0 vs Liverpool 2;

Arsenal 3 vs Burnley 1;

Bournemouth 2 vs Brighton 0;

Chelsea 0 vs Leicester 1;

Huddersfield 1 vs Southampton 3;

ManCity 2 vs Crystal Palace 3;

Newcastle 0 vs Fulham 0;

West Ham 0 vs Watford 2;

Cardiff 1 vs MU 5;

Everton 2 vs Tottenham 6.

Baca Juga: Manchester City Kalah dari Crystal Palace, Ini 5 Fakta Menariknya

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya