Rangkuman Seria A Italia Pekan Ke-17, Juventus Raih Juara Paruh Musim

Juventus auto juara?

Jalur perebutan scudetto Serie A Italia hampir memasuki separuh jalan. Juventus masih kokoh di puncak klasemen hingga penghujung tahun 2018. Namun trofi juara pun masih terbuka untuk tim lainnya. Memasuki pekan ke-17 tak banyak perubahan signifikan di tabel klasemen sementara.

Berikut rangkuman pekan ke-17 Seria A  Italia. Check this out.

1. Nasib buruk menimpa duo Milan

Rangkuman Seria A Italia Pekan Ke-17, Juventus Raih Juara Paruh Musimacmilan.com

Awan hitam tampaknya masih menyelimuti anak asuh Gennaro Gattuso. Setelah terlempar dari Liga Eropa dan hanya bermain tanpa gol di dua laga terakhir Serie A, kini AC Milan justru tersungkur di kandang sendiri oleh Fiorentina pada Sabtu malam (22/12). Milan kalah dengan skor 0-1 melalui gol yang dicetak oleh Federico Chiesa di menit ke-73.

Akibat kekalahan ini, Milan pun harus rela turun satu peringkat ke posisi 5, tergeser oleh Lazio yang berhasil meraih kemenangan atas Cagliari dengan skor 3-1. Kini Milan mengoleksi 27 poin, tertinggal sangat jauh dari Juventus yang berada di puncak klasemen.

Nasib kurang menyenangkan pun harus diterima tim sekota, Inter Milan. Menghadapi Chievo, Inter mampu unggul 0-1 melalui gol Ivan Perisic (37') hingga waktu normal 90 menit. Petaka muncul di babak injury time saat Chievo secara dramatis berhasil mencetak gol penyama kedudukan melalui sang kapten Sergio Pellissier di menit ke-90+1.

Kini Inter Milan pun tetap tertahan di posisi ketiga dan semakin tertinggal dari persaingan perebutan juara. Mereka tertinggal 16 poin dari Juventus dan 8 angka dari Napoli yang berada di posisi kedua.

2. Napoli tempel ketat Juventus di puncak klasemen

Rangkuman Seria A Italia Pekan Ke-17, Juventus Raih Juara Paruh Musimtwitter.com/SerieA

Raul Albiol menjadi pahlawan kemenangan Napoli atas SPAL di matchday ke-17 Serie A Italia. Gol tunggalnya di akhir babak pertama menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga tersebut.

Dengan kemenangan ini, Il Partenopei pun membuntutui Juventus di puncak klasemen sementara dengan 41 poin dan berselisih 8 angka. Melihat performa tim lainnya, Napoli tampaknya kini menjadi satu-satunya tim yang mampu menyaingi Juventus untuk meraih gelar scudetto di akhir musim.

Meski hal tersebut sangat berat, namun peluang Napoli untuk meraih trofi masih terbuka lebar di paruh kedua Liga Italia.

Baca Juga: Resmi! Alex Sandro Perpanjang Kontrak Bersama Juventus

3. Kalahkan AS Roma, Juventus juara paruh musim

Rangkuman Seria A Italia Pekan Ke-17, Juventus Raih Juara Paruh Musimtwitter.com/juventusfcen

Dominasi Juventus di Serie A Italia tampaknya terus berlangsung hingga pekan ke-17. AS Roma yang merupakan salah satu musuh terberat Juve gagal membendung keperkasaan si Nyonya Tua. Sundulan Mario Mandzukic di menit ke-35 menjadi satu-satunya gol yang tercipta di laga tersebut.

Rekor tak terkalahkan Juve di Serie A musim ini pun masih bertahan sekaligus menjadikan mereka juara paruh musim. Kini mereka terpaut 8 poin dari Napoli yang membuntuti di posisi kedua.

Melihat performa Juventus musim ini, trofi juara Serie A tampaknya semakin mendekat untuk mereka pertahankan kembali di musim ini. Dari 17 laga yang telah digelar, Juventus berhasil memenangkan 16 laga dan hanya Genoa yang berhasil menahan imbang Juve di musim ini. Tim-tim besar sepertri Napoli, Lazio, AC Milan, Inter Milan dan AS Roma justru tak mampu menahan laju Bianconeri musim ini.

Apakan ini tanda Juventus akan kembali juara?

4. Krzysztof Piątek kembali tajam, top skorer sementara Serie A

Rangkuman Seria A Italia Pekan Ke-17, Juventus Raih Juara Paruh Musimrmf24.pl

Persaingan individual di papan top skorer sementara Liga Italia musim ini pun tak kalah seru. Sempat digeser Cristiano Ronaldo di puncak top skorer, Krzysztof Piątek kembali tajam dan berhasil mencetak gol di tiga laga terakhir Genoa di Serie A.

Satu golnya ke gawang Atalanta pada matchday ke-17 kemarin menjadikan koleksi golnya bertambah menjadi 13, unggul dua gol dari Cristiano Ronaldo yang telah mencetak 11 gol. Tak kalah tajam, dua pemain asli Italia pun, Ciro Immobile dan Fabio Cuagliarella membuntuti di posisi ketiga dengan 10 gol.

Sangat menarik untuk melihat persaingan pencetak gol terbanyak musim ini yang begitu ketat. Mampukah pemain asli Italia melewati catatan pemain asing di akhir musim?

5. Klasemen sementara Liga Italia

Rangkuman Seria A Italia Pekan Ke-17, Juventus Raih Juara Paruh Musimtwitter.com/SerieA

Sabtu 22/12/18

Lazio 3 - 1 Cagliari
Empoli 2 - 4 Sampdoria
Genoa 3 - 1 Atalanta
Milan 0 - 1 Fiorentina
Napoli 1 - 0 SPAL
Sassuolo 1 - 1 Torino
Udinese 1 - 1 Frosinone

Minggu 23/12/18

Chievo 1 - 1 Inter Milan
Parma 0 - 0 Bologna
Juventus 1 - 0 Roma

Baca Juga: Rangkuman Liga Inggris Pekan Ke-18, Liverpool Jauhi Jarak Man City

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya