Rapor 5 Debutan Termahal EPL Musim 2022/2023, Ada yang Flop!

Ada yang pecahkan rekor transfer EPL

English Premier League (EPL) 2022/2023 telah usai dengan Manchester City keluar sebagai juara. Banyak cerita dan drama menarik yang mewarnai kompetisi sepanjang musim. Salah satunya adalah kehadiran para pemain debutan yang direkrut dengan harga sangat tinggi.

EPL dianggap sebagai liga terbaik di dunia saat ini. Mereka memiliki gaya sepak bola menyerang yang cepat. Tidak semua pemain berkelas bintang bisa langsung beradaptasi dengan baik di EPL. Lalu, bagaimana dengan perjalanan debut lima pemain termahal berikut ini? Yuk simak ulasannya!

1. Enzo Fernandez

Rapor 5 Debutan Termahal EPL Musim 2022/2023, Ada yang Flop!Enzo Fernandez (twitter.com/Enzo13Fernandez)

Berstatus pemain muda terbaik di Piala Dunia 2022, Enzo Fernandez ditebus Chelsea dari Benfica dengan harga 121 juta euro atau Rp1,9 triliun pada Januari 2022. Transfer ini memecahkan rekor pembelian termahal sepanjang masa di EPL. Namun, sang pemain tampaknya datang di waktu yang tidak tepat.

Chelsea menjalani musim yang sangat buruk pada musim ini. The Blues hanya finis di urutan ke-12 pada akhir musim. Kendati begitu, Enzo Fernandez menunjukkan kelasnya sebagai juara Piala Dunia di tengah performa buruk Chelsea. Dia memberikan keseimbangan di lini tengah. Sang gelandang bertahan memainkan 22 laga dengan torehan 2 assist.

2. Antony

Rapor 5 Debutan Termahal EPL Musim 2022/2023, Ada yang Flop!Antony (twitter.com/antony00)

Saat ditunjuk menjadi pelatih Manchester United, Erik ten Hag membawa mantan anak asuhnya di Ajax, Antony. Dia diboyong dengan harga 95 juta euro atau Rp1,5 triliun. Debut sang pemain berjalan manis saat mencetak gol ke gawang Arsenal dan berbuah kemenangan 3-1.

Pemain asal Brasil bahkan mampu mencetak gol di tiga laga EPL secara beruntun. Namun, performanya kemudian menurun cukup drastis. Dia baru kembali mencetak gol di pekan ke-31 EPL. Antony total mengoleksi 8 gol dan 3 assist dari 44 laga di semua ajang. Transfer ini dinilai sebagai flop karena kontribusi golnya tak sepadan dengan nilai transfer yang dikeluarkan.

Baca Juga: 10 Transfer Pemain Termahal pada 2022, Antony hingga Erling Haaland!

3. Darwin Nunez

Rapor 5 Debutan Termahal EPL Musim 2022/2023, Ada yang Flop!Darwin Nunez (liverpoolfc.com)

Darwin Nunez didatangkan Liverpool dari Benfica dengan mahar sebesar 80 juta euro atau Rp1,3 triliun. Dia dinilai bakal menjadi saingan kuat bagi Erling Haaland dalam perebutan top skor EPL 2022/2023. Faktanya, striker asal Uruguay tertinggal jauh di papan top skor.

Sang pemain hanya mencetak 9 gol dari 29 laga EPL, sedangkan secara total dia mengoleksi 15 gol di semua ajang sepanjang 2022/2023. Pemain 23 tahun ini dinilai memiliki penyelesaian akhir yang buruk. Hal ini cukup berdampak pada Liverpool yang harus rela hanya finis di urutan kelima pada akhir musim.

4. Casemiro

Rapor 5 Debutan Termahal EPL Musim 2022/2023, Ada yang Flop!Casemiro (twitter.com/ManUtd)

Kepindahan Casemiro dari Real Madrid ke Manchester United menjadi transfer paling mengejutkan pada musim panas 2022. Dia ditebus MU dengan harga 70 juta euro atau Rp1,1 triliun dengan durasi kontrak 4 tahun. Kehadirannya diharapkan memperbaiki titik lemah Setan Merah di posisi gelandang bertahan.

Faktanya dia mampu langsung beradaptasi dan memberikan dampak signifikan. Kualitas dan mentalitasnya memberikan warna baru di lini tengah MU. Duetnya dengan Bruno Fernandes mampu menghantarkan MU finis di empat besar EPL, menjuarai Piala Liga, dan lolos ke final FA Cup. Casemiro memainkan 51 laga dengan torehan 7 gol dan 6 assist.

5. Mykhaylo Mudryk

Rapor 5 Debutan Termahal EPL Musim 2022/2023, Ada yang Flop!Mykhaylo Mudryk (instagram/mmudryk10)

Chelsea menjadi klub paling boros di bursa transfer 2022/2023. Namun, strategi transfer mereka dinilai tidak efektif. Salah satunya yang paling dikritik adalah kedatangan Mykhaylo Mudryk. Sang pemain ditebus Chelsea dengan harga 70 juta euro atau Rp1,1 triliun dari Shakthar Donestik pada Januari 2023.

Nilai tersebut dianggap terlalu tinggi untuk pemain yang baru tampil apik selama satu musim di liga Ukarina. Benar saja, Mudryk tampil jauh dari harapan. Dia hanya mampu menorehkan dua assist saja dari 15 penampilan EPL. Sang pemain kesulitan beradaptasi dengan atmosfer sepak bola Inggris. Dia pun dianggap sebagai rekrutan terburuk Chelsea pada musim ini.

 

EPL adalah liga yang memainkan sepak bola menyerang dan cepat. Tidak semua pemain baru bisa langsung nyetel dengan gaya bermain ini. Apalagi jika para pemain tersebut merupakan debutan. Harga tinggi pun tidak bisa menjadi jaminan mereka bisa langsung sukses di EPL.

Baca Juga: 6 Pemain Ukraina yang Pernah Membela Klub London, Mudryk Teranyar 

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya