5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018

#WorldCup2018 Penalti terbanyak juga jadi rekor lho

Piala Dunia 2018 telah menyelesaikan fase grupnya, 16 tim telah dipastikan lolos ke babak knock out. Banyak rekor-rekor yang telah terpecahkan di Piala Dunia kali ini.

Rekor apakah saja itu? Check this out.

1. Total penalti terbanyak

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018squawka.com

Teknologi VAR untuk pertama kalinya digunakan di ajang Piala Dunia 2018. Efeknya pun langsung terasa dengan banyaknya hukuman penalti yang terjadi sepanjang fase grup Piala Dunia kali ini.

Sebuah rekor baru tercipta dimana terjadi penalti sebanyak 24 tendangan. Sebelumnya rekor penalti terbanyak dalam satu gelaran terjadi pada Piala Dunia 1990, 1998 dan 2002 dengan total 18 tendangan penalti.

2. Pelatih yang paling sering tampil di Piala Dunia dengan tim yang sama

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018guinnessworldrecords.com

Pemegang gelar dua kali Piala Dunia, Uruguay tampil sangat impresif di Piala Dunia 2018. Mereka mampu tampil sempurna di fase grup dengan memenangkan semua laga.

Sebuah rekor baru pun hadir atas nama pelatih mereka, Oscar Tabarez. Dia menjadi pelatih pertama yang paling sering tampil di Piala Dunia dengan tim yang sama.

Piala Dunia 2018 menjadi kali keempat sang pelatih mengawal Uruguay di Piala Dunia. Sebelumnya dia berhasil membawa Uruguay tampil di Piala Dunia 1990, 2010, dan 2014. Prestasi terbaiknya sendiri terjadi pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Saat itu dia berhasil membawa Uruguay lolos ke semifinal sebelum harus kalah di tangan Belanda dengan skor 3-2. Prestasi lainnya yang pernah dia torehkan adalah membawa uruguay menjadi juara Copa Amerika pada tahun 2011.

Kini di penghujung kariernya sebagai pelatih, Tabarez kembali memiliki kesempatan untuk membawa Uruguay meraih prestasi tertinggi di Piala Dunia. Mereka akan menghadapi Portugal di babak knock out pada tanggal 1 Juli 2018.

3. Pemain tertua yang tampil di Piala Dunia

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018sportbible.com

Mesir tampil sangat mengecewakan di Piala Dunia 2018. Mereka pulang lebih awal tanpa meraih poin satu pun. Mohamed Salah dkk mengalami tiga kali kekalahan, masing-masing dari Uruguay (1-0) Rusia (3-1) dan Arab Saudi (2-1).

Namun sebuah rekor lama berhasil dipecahkan pada laga terakhir mereka saat melawan Arab Saudi. Penjaga gawang mereka Essam El-Hadary berhasilmemecahkan rekor yang dipegang penjaga gawang Kolombia, Faryd Mondragon pada Piala Dunia 2014 sebagai pemain tertua yang bermain di Piala Dunia.

Usia El-Hadary tercatat 45 tahun 161 hari saat timnya dikalahkan Arab Saudi di laga terakhirnya di Piala Dunia 2018.

4. Piala Dunia terpanjang tanpa skor 0-0

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018twitter.com/equipedefrance

Piala Dunia 1954 merupakan pemegang rekor sebelumnya sebagai Piala Dunia yang bertahan panjang tanpa skor 0-0., yaitu sebanyak 26 pertandingan. Rekor yang telah bertahan selama 64 tahun itu akhirnya terpecahkan di Piala Dunia 2018.

Laga Denmark melawan Prancis menjadi satu-satunya laga yang berakhir 0-0 setelah 37 laga. Kedua tim sendiri berhasil lolos ke fase knock out. Swiss akan berhadapan dengan Swedia, sedangkan Prancis akan berhadapan dengan Argentina.

5. Pencetak hat-trick tertua

5 Rekor yang Berhasil Dipecahkan di Piala Dunia 2018japantimes.co.jp

Cristiano Ronaldo menjadi bintang yang paling bersinar di Piala Dunia 2018. Di laga perdananya saat berhadapan dengan Spanyol, dia berhasil mencetak hat-trick ke gawang De Gea yang berakhir imbang 3-3.

Raihannya tersebut menjadi pemecah rekor pemain tertua yang mampu mencetak hat-trick. Usianya tercatat 33 tahun 131 hari, dan memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Rob Rensenbrink dari Belanda saat mencetak hat-trick di usia 30 tahun 336 hari pada Piala Dunia 1978.

Rekor apa lagi yang bakalan terjadi di Piala Dunia 2018 ini? Kita lihat saja.

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya