Comscore Tracker

5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur yang Berasal dari Brasil

Richarlison bergabung dengan Spurs pada musim panas 2022

Brasil adalah penghasil pemain-pemain top. Pemain mereka tersebar di kompetisi seluruh dunia, termasuk English Premier League (EPL).

Tottenham Hotspur, salah satu klub EPL, bukan klub yang identik dengan pemain asal Negeri Samba. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, mereka juga mulai rajin mengimpor para pemain Brasil.

Richarlison, misalnya, baru saja resmi mendarat di klub asal London itu. Termasuk sang pemain, ini lima rekrutan terakhir Tottenham Hotspur yang berasal dari Brasil.

1. Paulinho

5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur yang Berasal dari BrasilPaulinho (skysports.com)

Tottenham Hotspur menjadi klub pertama Paulinho di kompetisi Eropa. Dia diboyong dari Corinthians pada 2013 lalu seharga 20 juta euro atau sekitar Rp312 miliar. Namun, sang pemain hanya bertahan selama 2 musim dengan catatan 67 penampilan.

Pada musim panas 2015, Paulinho memutuskan hijrah ke Liga Super China untuk bergabung dengan Guangzhou FC. Dia dilepas Spurs dengan harga 14 juta euro atau Rp218 miliar. Menariknya, 2 musim kemudian, dia kembali ke Eropa untuk bergabung dengan Barcelona.

Paulinho ditebus dengan harga mahal, yaitu 40 juta euro atau sekitar Rp625 miliar. Sempat kembali ke Guanzhou FC dan membela Al-Ahli, Januari 2022 lalu dia pulang ke klub asalnya, Corinthians.

2. Lucas Moura

5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur yang Berasal dari BrasilLucas Moura (twitter.com/LucasMoura7)

Tersisihkan di Paris Saint-Germain, Lucas Moura menerima pinangan Tottenham Hotspur pada musim dingin 2018. Dia diboyong dengan harga 28,4 juta euro atau sekitar Rp443 miliar.

Gelandang 29 tahun ini menjadi salah satu pemain paling stabil di Spurs. Dia bahkan menjadi pemain kunci kala Spurs lolos ke final Liga Champions Eropa 2018/2019.

Lucas Moura telah memainkan 201 laga dengan torehan 38 gol dan 27 assist. Meski kursi kepelatihan telah bergonta-ganti, dia memiliki tempat tersendiri di tim utama. Kontraknya baru akan berakhir pada 2024 mendatang.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur dari Klub Liga Inggris Lain

3. Carlos Vinicius

5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur yang Berasal dari BrasilCarlos Vinicius (skysports.com)

Berbeda dengan pemain asal Brasil lainnya di Tottenham Hotspur, Carlos Vinicius didatangkan dengan status pinjaman dari Benfica pada musim panas 2020. Dia diplot sebagai pelapis bagi Harry Kane.

Performa striker 27 tahun ini cukup memuaskan. Dia mencetak 10 gol dari 22 pertandingan di semua ajang. Namun, dipecatnya Jose Mourinho pada akhir  musim mengubah nasibnya. Spurs tidak mengaktifkan opsi pembelian permanen dan memulangkan sang pemain ke Benfica.

4. Emerson Royal

5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur yang Berasal dari BrasilEmerson Royal (twitter.com/Emerson_Royal22)

Emerson Royal merasakan atmosfer sepak bola Eropa kala diboyong Barcelona pada Januari 2019. Dia diboyong dengan harga 12 juta euro atau sekitar Rp187 miliar dari Atletico Mineiro.

Uniknya, dia langsung dijual Barcelona ke Real Betis 1 hari kemudian. Emerson dilepas seharga 6 juta euro atau Rp93 miliar.

Pada musim panas 2021, Barcelona sempat memulangkan sang pemain hanya untuk menjualnya kembali 1 bulan kemudian. Kali itu, dia dilepas ke Tottenham dengan harga 25  juta euro atau Rp390 miliar.

Pemain berposisi fullback ini kini menjadi andalan Antonio Conte. Dia memainkan 31 laga Premier League dengan catatan 1 gol dan 1 assist.

5. Richarlison

5 Rekrutan Terakhir Tottenham Hotspur yang Berasal dari BrasilRicharlison (fourfourtwo.com)

Pada 2021/2022, Everton tampil sangat buruk di Premier League. Mereka hampir saja terdegradasi sebelum akhirnya finis di urutan ke-16.

Di bawah asuhan Frank Lampard, The Toffies tengah merombak skuad untuk menghadapi musim baru. Namun, mereka harus lebih dahulu melepas bintangnya demi mendapatkan dana segar.

Richarlison akhirnya dilepas ke Tottenham Hotspur dengan mahar 58 juta euro atau sekitar Rp905 miliar. Dia dikontrak hingga 2027. Pemain asal Brasil ini sendiri sejauh ini memiliki catatan 48 gol dari 172 laga Premier League untuk dua klub, Watford dan Everton.

Jika dilihat dari jejak langkahnya, para pemain Brasil memiliki catatan apik di Tottenham Hotspur. Menjelang musim baru, Spurs akan memiliki tiga pemain asal Negeri Samba. Di bawah arahan Antonio Conte, akankah mereka bersinar terang?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Arsenal asal Brasil, Gabriel Jesus Terbaru

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya