Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinan

Koeman pernah menjadi pemain Barcelona

Posisi Ernesto Valverde sebagai pelatih Barcelona sedang dalam tekanan besar. Musim ini bisa saja menjadi musim terakhirnya tangani klub asal Catalan itu. Hal ini menyusul strategi bermainnya yang tidak mencerminkan Barcelona sebagai klub raksasa.

Sebuah sinyal calon penggantinya pun muncul dalam diri Ronald Koeman. Ia mengungkapkan jika dirinya bisa saja menjadi pelatih baru Barcelona selanjutnya. Berikut ulasannya.

1. Sebuah kemungkinan

Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinantellerreport.com

Saat ini Ronald Koeman berstatus sebagai pelatih timnas Belanda. Ia ditunjuk pada 2018 lalu usai tim Oranje gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Kini di bawah asuhannya, Belanda kembali bangkit dan berkembang pesat usai menjadi finalis UEFA Nations League.

Akhir-akhir ini dia mengaku memiliki klausul khusus untuk bisa melatih Barcelona pada tahun 2020 nanti. Tetapi dia menegaskan jika pun dia akan melatih Blaugrana, itu baru akan terjadi usai gelaran Euro 2020.

"Bergabung dengan [Barcelona] adalah suatu kemungkinan. Tetapi hanya setelah Euro 2020," kata Koeman. "Tidak ada tim lain yang bisa membuat saya meninggalkan Belanda kecuali Barcelona."

2. Selangkah lagi membawa Belanda lolos ke Euro 2020

Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinansportsnet.ca

Saat ini fokus Ronald Koeman adalah membawa timnas Belanda lolos ke Euro 2020. Belanda berada di grup yang cukup sulit bersama Jerman, Irlandia Utara, Belarusia dan Estonia. Saat ini mereka puncaki grup C dengan 15 poin, jumlah yang sama dengan Jerman.

Akan tetapi posisi mereka belum aman karena masih memungkinkan untuk dikejar Irlandia Utara yang kumpulkan 12 poin. Dua laga terakhir akan menjadi penentu kelolosan Belanda. Laga penentuan akan dihadapi melawan tuan rumah Irlandia Utara (17/11) sebelum laga terakhir menghadapi Estonia (20/11).

3. Pernah membela Barcelona

Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinandublinlive.ie

Sebelum menjadi pelatih, Ronald Koeman pernah bermain untuk Barcelona selama enam musim dari medio 1989 hingga 1995. Selama itu dia mampu memberikan empat gelar La Liga, satu trofi Liga Champions dan satu Copa del Rey.

Ia kemudian gantung sepatu padatahun 1997 dan setahun kemudian kembali ke Barcelona sebagai asisten pelatih Louis Van Gaal. Saat itu duet keduanya berhasil persembahkan trofi La Liga 1998/1999.

Baca Juga: Melempem di Barcelona, Benarkah Griezmann Dicueki Messi dkk?

4. Calon pelatih Barcelona lainnya

Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinanbleacherreport.com

Selain Ronald Koeman, muncul juga beberapa nama yang dikaitkan sebagai calon pengganti Ernesto Valverde. Salah satu nama yang muncul adalah sang mantan, Pep Guardiola yang saat ini melatih Manchester City.

Nama lainnya adalah pelatih River Plate, Marcelo Gallardo yang berhasil persembahkan dua Coppa Libertadores. Tiga nama pelatih ini memiliki pengalaman yang impresif dalam level klub. Siapakah yang memiliki kans lebih kuat?

5. Karier melatih klub

Ronald Koeman: Melatih Barcelona Adalah Suatu Kemungkinansbnation.com

Usai menjadi asisten pelatih Van Gaal di Barcelona selama dua musim, Koeman memulai karir melatihnya bersama Vitesse sebelum bergabung dengan Ajax pada tahun 2001. Empat musim di bawah arahannya, Ajax berhasil meraih dua trofi Eredivisi.

Satu gelar Liga Belanda juga berhasil ia persembahkan saat melatih PSV Eindhoven pada musim 2006/2007. Koeman juga pernah menjalani karir di La Liga sebagai pelatih Valencia dan di Liga Portugal bersama Benfica.

Tak hanya itu, ia juga pernah melatih dua tim asal Liga Inggris, Southampton dan Everton meski akhirnya harus dipecat The Toffies pada 2017.

Baca Juga: Tersisih di Barcelona, Ivan Rakitic Jadi Incaran AC Milan

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya