Comscore Tracker

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lho

Mungkin ada makna di balik nomor punggung mereka itu

Gak bisa dipungkiri jika sepak bola merupakan olahraga paling populer di muka bumi ini. Segala yang berbau sepak bola entah itu klub maupun pemainnya akan menjadi hal yang menarik untuk diceritakan. Hal ini juga membuat sepak bola hari ini menjadi sebuah industri yang sangat besar. Lihat saja pemain termahal yang didatangkan dari Barcelona oleh PSG, Neymar. PSG berani membeli klausul pembeliannya dengan harga yang 'gila' hampir 3 triliun lebih.

Neymar merupakan pemain yang identik dengan nomor punggung 10, meskipun di Barcelona dia memakai jersey nomor 11 dikarenakan nomor 10 merupakan milik Lionel Messi. Memang dalam sepak bola nomor punggung memiliki kekhasannya sendiri, seperti nomor 9, 10 ataupun 11 merupakan nomor yang identik dipakai oleh para penyerang dan nomor 2, 3 yang identik dengan para pemain bertahan.

Namun dalam dunia sepak bola tak selamanya seperti itu. Di antara mereka ada yang menggunakan nomor yang tak biasa bahkan bisa dibilang aneh, penasaran? check this out.

 

1. William Gallas.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhosportskeeda.com

Salah satu hal yang unik dalam masa kepelatihan Arsene Wenger bersama Arsenal adalah dia memberikan jersey nomor 10 yang biasanya digunakan playmaker atau penyerang terbaik Arsenal kepaada William Gallas yang notabene adalah seorang pemain bertahan.

Saat itu pengguna nomor 10 di Arsenal adalah Dennis Bergkamp yang baru saja pensiun.William Gallas saat itu pun ditawari untuk menggunakan nomor punggung 3 namun dia menolaknya. Setelah melakukan perdebatan, Wenger memutuskan bahwa Gallas cukup pantas mengenakan nomor tersebut meskipun nomor 10 biasanya dikenakan playmaker ataupun striker di Arsenal.

2. Gianluigi Buffon.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhodailystar.co.uk

Siapa yang gak kenal dengan salah satu kiper terbaik dunia asal Italia saat ini. Dialah Gianluigi Buffon. Seblum bergabung bersama si Nyona tua Juventus, Buffon merupakan pemain Parma pada era 90-an. Dia merupakan salah satu pemain kunci Parma saat mampu menjuarai Coppa Italia dan UEFA Cup pada tahun 1999. Namun pada musim 2000-2001 dia membuat keputusan yang 'aneh' saat dia mengganti nomor punggungnya dari 1 menjadi 88.

Pada umumnya kiper menggunakan nomor punggung 1. Maka, perbedaan nomor punggung ini menimbulkan kontroversi karena 88 dipercayai sebagai nomor Neo- Nazi sehingga oleh media, Buffon disangka pro Nazi.

Namun akhirnya Buffon mengklarifikasi bahwa nomor 88 merupakan simbol 4 bola bagi dirinya dan bola bagi dirinya adalah menggambarkan determinasi dan kekuatan.

Meski begitu, sang kiper  pada akhirnya berjanji tidak akan memakai nomor jersey 88 lagi dan merubahnya menjadi nomor 77.

3. Ronaldinho.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhodreamteamfc.com

Siapa pemain asal Brazil yang paling terkenal dengan goyang sambanya? Yups, dialah Ronaldinho. Pemain yang memiliki skill sangat luar biasa ini merupakan salah satu pemain terbaik dunia yang pernah mendapatkan penghargaan Ballon D'Or. Dia merupakan salah satu pemainkunci Barcelon saat mendapatkan berbagai gelar juarai dan mrajai liga Eropa bahkan dunia.

Ronaldinho merupakan seorang playmaker yang terkenal dengan nomor punggung 10-nya selama karirnya di klub PSG, Barcelona maupun timnas Brasil.

Namun ketika dirinya hijrah menuju AC Milan pada tahun 2008, dia mengenakan nomor punggung yang tak biasa bagi seorang playmaker dunia, yaitu nomor 80. Hal ini dikarenakan saat itu nomor 10 di AC Milan sudah dikenakan oleh Clarance Seedorf sehingga dia memilih nomor 80 yang merupakan tahun kelahirannya.

4. Khalid Boulahrouz.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhofootball138.com

Kamu pasti sudah tau kan jika nomor 9 adalah nomor yang identik dengan seorang striker. Namun pada musim 2006 tim liga Inggris Chelsea secara mengejutkan memberikan nomor punggung 9 untuk seorang pemain belakang yang baru didatangkan dari Wolfsburg bernama Boulahrouz. Sebelumnya nomor 9 sendiri diisi oleh striker hebat asal Argentina, Hernan Crespo.

Konon, saat itu hanya nomor 9 yang tersisa di Chelsea sehingga Boulahrouz pun diharuskan memakain nomor 9.  Namun ternyata penggunaan nomor 9 oleh pemain bertahan ini dijadikan olok-olok oleh fans klub lain saking anehnya.

 

5. Clint Dempsey.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhosportskeeda.com

Clint Dempsey merupakan salah satu pesepak bola asal Amerika Serikat paling sukses. Dia merupakan pemain yang bersinar saat membela salah satu klub liga Inggris, Fulham dan setelah itu hijrah ke tim inggris lainnya Tottenham Hotspur. Namun disana dia tidak berkembang dan hanya bermain sebentar lalu kemudian hijrah ke Liga MLS bersama Seattle Sounders

Penampilannya bersama Tottenham hanya membuahkan 12 gol dalam 43 pertandingan, dan itu bukanlah sebuah hasil yang baik buat seorang striker, namun disisi lain hak yang unik adalah pemilihan dia untuk nomor jerseynya.

Sebenarnya Tottenham menyediakan nomor 8 sesuai dengan nomor jerseynya bersama timnas Amerika Serikat serta nomor 23 yang memang dia kenakan saat bermain bersama Fulham. Namun dia menolak tawaran itu dan memilih nomor yang aneh untuk seorang striker, yaitu nomor 2. Aneh, kan?

6. Edgar Davids.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhofourfourtwo.com

Jika kamu adalah fans dari klub Italia Juventus, kamu pasti kenal dengan pemain asal Belanda yang selalu menggunakan kacamata saat bermain. Dialah Edgar Davids, dia merupakan pemain gelandang yang sangat dikenal dengan stamina dan kecepatannya. Dia juga merupakan salah satu pemain asal Belanda yang sukses membawa tim awal karirnya Ajax menjuarai Liga Champions.

Di akhir karirnya Davids bermain untuk sebuah tim bernama Barnet FC yang bermain di kasta ke dua liga Inggris pada saat itu. Yang uniknya adalah selain sebagai pemain dia pun merangkap sebagai manajer klub. Namun yang lebih unik adalah saat menjadi pemain di klub tersebut Davids memilih nomor jersey 1 yang biasanya merupakan nomor seorang kiper.

7. Hicham Zerouali.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhoafc.co.uk

Dan inilah mungkin nomor punggung paling aneh yang dikenakan oleh pemain sepak bola dunia. Mungkin namanya tidak populer, dia adalah Hicham Zerouali, seorang striker asal Maroko yang bermain untuk salah satu liga Skotlandia pada tahun 1999.

Dia mengenakan nomor yang sangat aneh, yaitu 0, alasannya adalah karena namanya berawalan kata zero. Namun kemudian dia menjadi salah satu pemain favorit para fans karena permainanya yang impressive.

8. Bixente Lizarazu.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhofourfourtwo.com

Salah satu pemain bertahan yang pernah dimiliki Bayern Muenchen pada era 2000-an adalah Bixente Lizarazu, dia merupakan pemain yang berasal dari Perancis. Saat berkostum Muenchen dia memilih kostum nomor 69 yang tak biasa dalam sepak bola.

Alasannya? karna ada hal yang unik dengan nomor 69, dia kelahiran tahun 1969, bertinnggi 169 cm dan memiliki berat badan 69 kg, unik kan?

9. Ivan Zamorano.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhoplanetfootball.com

Apa yang akan kamku lakukan jika kamu adalah seorang striker yang memiliki nomor punggung 9 dan ketika hijrah ke klub lain , no itu telah dimiliki oleh orang lain? tentu kamu aka memilih nomor lain kan? itulah yang terjadi dengan salah satu pemain legenda inter milan Ivan Zamorano yang saat itu hijrah menuju Inter Milan dari Real Madrid. Karena pada saat itu nomor 9 telah diisi oleh pemain legendaris lainnya, Ronaldo.

Akhirnya Zamorano pun memiliki ide yang unik, dia memilih nomor 18 namun di jerseynya itu dia menambahkan tanda '+' maka menjadi 1+8  yang jika dijumlahkan menjadi 9. Unik banget kan?

10. Derek Riordan.

Sadar Gak, 10 Pesepak Bola Ini Pakai Nomor Punggung 'Aneh' Lhoexpress.co.uk

Hampir sama kasusnya dengan Ivan Zamorano, salah satu pemain yang berasal dari Skotlandia bernama Derek Riordan ini bergabung dengan klub Skotlandia Hibs pada tahun 2008, dia ingin menggunakan jersey nomor 10 diklub itu namun telah dimiliki oleh pemain yang lain, alih - alih menggunakan no yang normal, dia malah menggunakan nomor 01 sebagai kebalikan dari angka 10. Waduh segitunya ya.

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

JADWAL SALAT & IMSAK

26
MEI
2019
21 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You