5 Klub dengan Skuad Termahal di Perempat Final UCL Musim 2021/2022

Akankah kemewahan ini persembahkan gelar juara?

Liga Champions musim 2021/2022 telah memasuki babak perempat final. Delapan tim tersisa akan saling bersaing untuk memperebutkan tiket ke babak selanjutnya. Inggris dan Spanyol masing-masing diwakili oleh tiga tim terbaik mereka.

Sedangkan dua tim lainnnya diwakili Benfica dan Bayern Munchen. Liga Champions musim ini sangat menarik karena tim-tim kaya raya seperti Paris Saint-Germain dan Manchester United telah berguguran.

Meski begitu, tim yang tersisa pun tak kalah berkelas. Sederet tim tersebut memiliki skuad yang tidak kalah mewah. Mengacu data situs Transfermarkt, berikut kelima klub dengan skuad termahal yang bakal berlaga di perempat final Liga Champions musim 2021/2022.

1. Manchester City (Rp15,6 triliun)

5 Klub dengan Skuad Termahal di Perempat Final UCL Musim 2021/2022potret pemain Man City melakukan selebrasi gol (twitter.com/ManCity)

Manchester City adalah tim dengan skuad termahal di Eropa saat ini. Anak asuh Pep Guardiola ini bernilai 985,8 juta euro atau sekitar Rp15,6 triliun. Nilai ini tidak mengejutkan karena mereka sering berbelanja pemain berharga tinggi.

Sejauh ini sosok Jack Grealish menjadi pemain termahal dalam sejarah klub. Grealish didatangkan musim panas 2021 dengan harga 117,5 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun. Selain Grealish, The Cityzen juga dihuni oleh deretan pemain mahal lainnya, seperti Ruben Dias dan Joao Cancelo. Meski demikian, gelontoran dana besar belum mampu membuat mereka meraih impian juara Liga Champions. Akankah mereka akhirnya berhasil musim ini?

2. Chelsea (Rp10,3 triliun)

5 Klub dengan Skuad Termahal di Perempat Final UCL Musim 2021/2022potret duel Chelsea vs Man City (premierleague.com)

Chelsea menjadi klub yang paling berhasil di antara tim lainn yang mengalami akuisisi oleh pemilik baru. Di era Roman Abramovich, Chelsea telah meraih 2 gelar Liga Champions, 2 trofi Liga Europa, dan 5 trofi Premier League. Gelontoran dana besar dan manajemen yang baik menjadi kunci sukses klub dalam satu dekade ke belakang.

Nama Romelu Lukaku menjadi pembelian termahal dalam sejarah klub. Ia diboyong dari Inter Milan seharga 115 juta euro atau sekitar Rp1,8 triliun. Chelsea juga memilki kiper termahal dunia dalam diri Kepa Arrizabalaga. Total, klub asal London ini memiliki nilai skuad sebesar 649,8 juta euro atau sekitar Rp10,3 triliun.

Baca Juga: 15 Klub yang Pernah Mengawinkan Trofi Liga Domestik dan Liga Champions

3. Liverpool (Rp9,7 triliun)

5 Klub dengan Skuad Termahal di Perempat Final UCL Musim 2021/2022potret selebrasi gol pemain Liverpool (twitter.com/MoSalah)

Di bawah asuhan Jurgen Klopp, Liverpool melahirkan skuad yang cukup ditakuti, baik di kancah domestik maupun Eropa. Pelatih asal Jerman itu sejauh ini telah sukses persembahkan gelar Premier League dan Liga Champions yang telah lama diidam-idamkan oleh pendukung Liverpool. Strategi transfer yang efektif menjadi kunci sukses klub.

Mereka mendatangkan pemain-pemain top, seperti Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Diogo Jota dengan harga yang sepadan. Transfer termahal klub sejauh ini masih dipegang oleh Virgil van Dijk dengan nilai 85 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Skuad The Reds saat ini bernilai 610,9 juta euro atau sekitar Rp9,7 triliun. Nilai ini sangat sepadan dengan prestasi yang mereka raih.

4. Real Madrid (Rp8,4 triliun)

5 Klub dengan Skuad Termahal di Perempat Final UCL Musim 2021/2022potret Karim Benzema (twitter.com/Benzema)

Real Madrid identik dengan skuad mewah berjuluk Los Galacticos. Namun, konsep itu dalam beberapa musim terakhir mulai berubah. Pada beberapa jendela transfer terakhir Real Madrid mulai berinvestasi pada pemain-pemain muda berbakat. Meski demikian, nilai skuad Real Madrid masih menjadi salah satu yang termewah di Eropa.

Skuad Carlo Ancelotti ini bernilai 529,5 juta euro atau sekitar Rp8,4 triliun. Rekor pemain termahal klub masih dipegang oleh Gareth Bale. Ia ditebus dari Tottenham dengan harga 101 juta euro atau sekitar Rp1,6 triliun pada musim panas 2013.

5. Atletico Madrid (Rp7,3 triliun)

5 Klub dengan Skuad Termahal di Perempat Final UCL Musim 2021/2022potret pemain Atletico Madrid melakukan selebrasi gol (twitter.com/atletienglish)

Atletico Madrid menjadi salah satu kuda hitam di Liga Champions musim ini. Mereka sukses menyingkirkan tim-tim besar seperti AC Milan dan Manchester United meski sempat terseok-seok di awal kompetisi. Tim asuhan Diego Simeone ini bernilai 460 juta euro atau sekitar Rp7,3 triliun.

Joao Felix menjadi rekrutan termahal klub dengan biaya 127,2 juta euro atau sekitar Rp2 triliun. Musim panas 2021 kemarin, Atletico Madrid juga memulangkan Antoine Griezmann dengan status pinjaman.

Skuad penuh bintang menjadi pendukung yang kuat sebuah klub agar bisa merengkuh trofi Liga Champions. Namun, hal ini saja tidak cukup jika tak dibarengi dengan pengalaman. Tim manakah yang akhirnya keluar sebagai juara di musim ini?

Baca Juga: 11 Tim yang Pernah Bermain di Final Liga Champions Secara Beruntun

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya