Spalletti: Barcelona Bisa Membantu Inter Milan Lolos ke Babak 16 Besar

Inter kalah head-to-head dari Spurs

Inter Milan alami nasib buruk saat harus kalah dari Tottenham Hotspur melalui gol tunggal Christian Eriksen di menit ke-80 Kamis dinihari (29/11). Inter pun harus rela posisinya sebagai runner up tergusur oleh Tottenham yang kini memiliki poin sama, yaitu 7.

Satu tiket tersisa pun akan diperebutkan keduanya hingga laga terakhir fase grup yang akan digelar tanggal 12 Desember nanti. Nasib Inter Milan sendiri akan bergantung pada Barcelona. Kenapa begitu? Yuk kita simak.

1. Inter Milan kalah head-to-head

Spalletti: Barcelona Bisa Membantu Inter Milan Lolos ke Babak 16 Besartwitter.com/SpursOfficial

Barcelona telah dipastikan menjadi juara grup B, setelah berhasil mengumpulkan 13 angka dan mustahil terkejar lagi dengan sisa satu laga. Inter Milan sendiri harus turun ke posisi 3 meskipun memiliki jumlah poin sama dengan Spurs, setelah kalah dengan skor 1-0 di Wembley, sedangkan di pertemuan pertama hanya menang 2-1 atas Tottenham.

Akibatnya, kalau pun mereka menang atas PSV Eindhoven di laga terakhir. Nasib mereka akan ditentuka oleh hasil laga antara tuan rumah Barcelona melawan Tottenham Hotspur. Hal ini dikarenakan sistem Liga Champions yang mengutamakan head-to-head saat dua tim memiliki poin yang sama.

2. Barcelona akan menjadi harapan terakhir Inter Milan

Spalletti: Barcelona Bisa Membantu Inter Milan Lolos ke Babak 16 Besarchinadaily.com.cn

Pelatih Inter Milan, Luciano Spaletti menyatakan dirinya akan fokus menghadapi laga terakhir nanti melawan PSV. Namun dirinya juga berharap jika Barcelona dapat "menolong" Inter Milan agar bisa lolos ke fase 16 besar.

Barcelona sendiri belum pernah terkalahkan di kandang jika bermain di Liga Champions sejak tahun 2013. Spaletti tentunya berharap rekor tersebut mampu diteruskan saat El Barca akan menjamu The Spurs.

Inter sendiri akan bermain di kandangnya sendiri, San Siro saat menghadapi PSV Eindhoven. Satu-satunya cara bagi mereka untuk lolos adalah dengan memenangi laga melawan PSV, sambil berharap The Spurs gagal menang melawan Barcelona.

"Saya yakin bahwa jika kita melakukan apa yang harus kita lakukan, kita akan melaluinya. Saya yakin bahwa itu masih bergantung pada kita semua.
"Saya tahu ada juara di sana [di Barcelona] yang bersaing untuk memenangkan Ballon d'Or dan yang bersaing untuk mendapatkan kemenangan sebanyak mungkin. Saya tahu bahwa Barcelona belum kehilangan pertandingan kandang selama lima tahun terakhir, ini adalah statistik yang saya ketahui

Baca Juga: Barcelona Bungkam PSV 2-1, Ernesto Valverde Soroti Start Buruk Timnya

3. Inter dan Tottenham akan menghadapi lawan tangguh di liga masing-masing

Spalletti: Barcelona Bisa Membantu Inter Milan Lolos ke Babak 16 Besartwitter.com/SpursOfficial

Laga berat akan kembali dihadapi kedua tim di liga masing-masing akhir pekan ini. Inter Milan yang kini berada di urutan ketiga klasemen Serie A akan menghadapi AS Roma di pekan ke-14, yang juga alami kekalahan di Liga Champions. Tak cukup itu, Inter Milan akan juga akan menghadapi juara bertahan Juventus di pekan ke-15 sebelum kembali bertarung di laga terakhir melawan PSV Eindhoven pada tanggal 12 Desember.

Di sisi lain, Tottenham Hotspur akan menghadapi derby London melawan Arsenal yang belum terkalahkan dalam 11 laga terakhir, serta melawan Southampton di pekan ke-15 sebelum bertandang ke Camp Nou.

Baca Juga: Tottenham Hotspur Bekuk Inter Milan 1-0, Persaingan Grup B Kian Ketat

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya