Comscore Tracker

Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos Ke Semifinal UEFA Nations League

Sempat tertinggal dua gol

Belanda menjadi negara terakhir yang lolos ke semifinal UEFA Nations League. Hal ini mereka pastikan setelah Selasa dinihari tadi (20/11/2018) berhasil menahan imbang tuan rumah Jerman dengan skor 2-2.

Belanda sempat tertinggal dua gol terlebih dahulu melalui gol Timo Werner (9') dan Leroy Sane (19'). Namun secara luar biasa The Oranger berhasil menyamakan kedudukan di 5 menit terakhir pertandingan melalui gol Quincy Promes (85') dan Virgil Van Dijk (90').

1. Jalannya pertandingan

Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos Ke Semifinal UEFA Nations Leaguetwitter.com/UEFAEURO

Jerman sudah dipastikan menjadi tim yang turun kasta ke Liga B sebelum laga, namun bukan berarti mereka bermain tanpa hasrat menang. Bermain dengan formasi 3-4-3, mereka tampil garang dengan menceploskan dua gol di 20 menit pertama melalui gol di luar kotak penalti Timo Werner dan Leroy Sane.

Belanda yang hanya butuh hasil imbang justru lebih sering tertekan sepanjang pertandingan. Namun sebuah gol mampu lahir di menit ke-85 melalui tendangan di luar kota penalti oleh Quincy Promes. Gol tersebut mampu membuat semangat anak asuh Ronald Koeman semakin membara hingga akhirnya sontekan Virgil Van Dijk di akhir laga mampu menjadi penyelamat sekaligus mengamankan tiket terakhir semifinal.

Baca Juga: Swiss Melaju ke Semifinal UEFA Nations League usai Tumbangkan Belgia

2. Unggul head-to-head atas Prancis

Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos Ke Semifinal UEFA Nations Leaguetwitter.com/UEFAEURO

Berkat hasil imbang ini, Belanda dipastikan menjadi tim yang lolos dari grup 1 ke babak semifinal UEFA Nations League. Belanda sebenarnya memiliki poin yang sama dengan Prancis, yakni 7 poin. Namun mereka unggul head-to-head atas Prancis. Pertemuan pertama dimenangkan Prancis dengan skor 2-1, tetapi Belanda mampu unggul 2-0 di pertemuan kedua.

Hasil ini pun menggenapkan semifinalis UEFA Nations League yang sebelumnya telah diisi oleh Portugal, Inggris dan Swiss.

3. Pembuktian kebangkitan Belanda

Tahan Imbang Jerman, Belanda Lolos Ke Semifinal UEFA Nations Leaguetwitter.com/FootballOranje

Dalam beberapa tahun terakhir, Belanda mengalami nasib buruk saat gagal lolos ke Euro 2016 dan Piala Dunia 2018. Akibatnya, dua pelatih terdahulunya Guus Hiddink dan Dick Advocat pun tak bertahan lama.

Kini di tangan pelatih anyar, Ronald Koeman Belanda kembali menapaki sebagai salah satu tim terbaik di dunia. The Orange belum terkalahkan dalam 9 pertandingan beruntun. Trofi UEFA Nations League tentunya akan menjadi target pertama mereka sebagi pembuktian kebangkitan timnas Belanda sebelum menuju kualifikasi Euro 2020.

4. Cuplikan laga

https://www.youtube.com/embed/BECGheG-24E

Susunan Pemain:

Jerman (3-4-3): Manuel Neuer, Mats Hummels, Antonio Rüdiger, Niklas Süle, Toni Kroos, Joshua Kimmich, Nico Schulz, Thilo Kehrer, Timo Werner (Reus 63'), Leroy Sané (Goretzka 80'), Serge Gnabry (Mueller 67')

Belanda (4-2-3-1): Jasper Cillessen, Virgil van Dijk, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Kenny Tete, Frenkie De Jong, Georginio Wijnaldum (Vilhena 60'), Marten de Roon, Memphis Depay, Ryan Babel (Dilrosun 45'), Quincy Promes

Baca Juga: Kalahkan Kroasia, Inggris Lolos Ke Semifinal UEFA Nations League

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You