Guardiola: Saya Tak Inginkan Pemain Mana pun pada Januari Nanti

Padahal sedang alami badai cedera

Bos Man City, Pep Guardiola menegaskan jika dirinya merasa tak membutuhkan pemain baru pada bursa transfer Januari nanti. Padahal saat ini The Citizen terancam gagal mempertahankan gelar Liga Inggris musim lalu.

Mereka mulai tertinggal jauh dari Liverpool yang berada di puncak dengan selisih 11 poin. Skuat Man City pun saat ini kehilangan beberapa pemain kuncinya akibat cedera. Lalu kenapa Guardiola tetap tak berniat belanja pemain baru?

1. Skuad Man City dihantam badai cedera

Guardiola: Saya Tak Inginkan Pemain Mana pun pada Januari Nantimetro.co.uk

Man City mengawali musim ini dengan pincang setelah beberapa pilarnya mengalami cedera cukup lama. Ayermic Laporte, Leroy Sane dan Oleks Zinchenko sudah absen sejak awal musim dan terbaru The Citizen harus kehilangan Sergio Aguero yang menderita cedera paha.

Cedera itu ia dapatkan saat menghadapi Chelsea di pekan ke-13 yang berakhir 2-1 untuk kemenangan Man City. Hal ini menjadi sebuah kabar buruk, pasalnya City akan hadapi jadwal berat di Desember ini.

2. Guardiola tak butuh pemain baru

Guardiola: Saya Tak Inginkan Pemain Mana pun pada Januari Nantimirror.co.uk

Meski skuatnya saat ini kehilangan beberapa pemain kunci, Guardiola tegaskan dirinya tak ingin belanja pemain anyar. Hal ini menjadi sangat menarik karena hilangnya para pilar mulai memberikan dampak terhadap performa klub.

Dalam dua laga terakhirnya Man City hanya bermain imbang melawan Shakthar Donetsk dan Newcastle United. Kini jarak mereka dengan Liverpool pun semakin melebar dan tertahan di peringkat tiga.

"Saya tidak ingin pemain sama sekali di bursa Januari nanti. Ketika ada kesempatan mendatangkan pemain di bulan Januari yang bisa jadi aset untuk 4,5,6 tahun ke depan, maka kami akan mempertimbangkannya, tapi itu tidak mungkin," ujar Guardiola seperti dikutip BBC.

Baca Juga: Calon Pelatih Baru Bayern Muenchen, Pep Guardiola Jadi Prioritas

3. Lakukan perombakan posisi pemain

Guardiola: Saya Tak Inginkan Pemain Mana pun pada Januari Nantifrance24.com

Satu yang menjadi masalah terbesar Man City adalah lini pertahanan. Selain cederanya pemain inti, performa Otamendi dan John Stones pun belum maksimal. Bahkan keduanya kerap kali melakukan blunder.

Guardiola pun kemudian melakukan sebuah perombakan yang cukup unik. Fernandinho yang berposisi sebagai gelandang bertahan dipaksa untuk menjadi bek tengah. Sebagai gantinya, gelandang bertahan pun digantikan oleh Ilkay Gundogan dan Rodri.

4. Jadwal sibuk di bulan Desember

Guardiola: Saya Tak Inginkan Pemain Mana pun pada Januari Nantibleacherreport.com

Di tengah badai cedera ini Man City justru dihadapkan dengan jadwal super padat. Mereka akan menjalani delapan laga di tiga ajang sekaligus, beberapa di antaranya adalah tim besar. Hal ini akan menjadi ujian berat bagi mereka dalam upayanya mengejar Liverpool.

Jika gagal meraih kemenangan, bukan tak mungkin kesempatan mereka mempertahankan gelar bakal hilang. Dengan 29 poin yang telah dikumpulkan, posisi Man City pun terancam disusul Chelsea yang terpaut tiga poin.

5. Jadwal lengkapnya

Guardiola: Saya Tak Inginkan Pemain Mana pun pada Januari Nantistandard.co.uk

Dari delapan laga yang bakal dihadapi City pada bulan Desember, salah satunya adalah derby Manchester pada pekan ke-16 nanti. Berikut ini adalah jadwal lengkap Man City di bulan Desember:

  • Burnley Vs Man City (4/12)
  • Man City Vs Man United (8/12)
  • Dinamo Zagreb Vs Man City (12/12)
  • Arsenal Vs Man City (15/12)
  • Oxford United Vs Man City (19/12)
  • Man City Vs Leicester City (22/12)
  • Wolves Vs Man City (28/12)
  • Man City Vs Sheffield United (30/12)

Baca Juga: Manchester City Kalah, Guardiola: Kami Tunjukan Mengapa Kami Juaranya!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya