Comscore Tracker

Tinggalkan Napoli, Marek Hamsik Resmi Bergabung dengan Klub China

Setelah 12 tahun bersama Napoli akhirnya pindah juga

Kebersamaan Marek Hamsik bersama Napoli resmi berakhir usai dirampungkannya proses kepindahan sang pemain ke klub China, Dalian Yifang. Kepindahan kapten Napoli ini sebenarnya sudah terjadi dalam beberapa waktu yang lalu, namun sempat tertunda akibat pemasalahan administrasi.

Kepindahan pemain berusian 31 tahun ini sendiri langsung diumumkan oleh presiden Napoli, Aurelio De Laurentiis pada Kamis waktu setempat (14/2). Berikut informasi lengkapnya.

1. Gabung Dalian Yifang dengan harga 20 juta euro

Tinggalkan Napoli, Marek Hamsik Resmi Bergabung dengan Klub Chinatwitter.com/MarckG4

Semenjak diumumkan kepindahannya oleh presiden Napoli, Marek Hamsik kini resmi berseragam Dalian Yifang. Kepindahan ini sendiri terwujud karena Liga Super China sedang memasuki jendela transfer, meski di Eropa sudah usai Januari kemarin.

Dalian dikabarkan akan membayar €20 juta dengan skema dua kali pembayaran. Pertama mereka akan menggelontorkan dana €5 juta sementara sisanya akan diselesaikan dalam tempo 12 bulan ke depan. 

Napoli pun kemudian merilis di laman resmi klub tentang kepergian kaptennya tersebut dan menucapkan ungkapan terima kasih atas dedikasinya selama 12 tahun membela mantan klub Diego Maradona tersebut.

"Seorang kapten, seorang teladang, seorang pesepakbola dan pria yang akan dicintai Napoli untuk selamanya, dan akan menjadi bagian sejarah kami untuk selamanya," demikian bunyi pernyataan di laman resmi klub. "Marek tengah bersiap menjalani petualangan baru di Tiongkok, klub mendoakan yang terbaik baginya dan semoga ia dipenuhi berkah, baik secara moral maupun secara keolahragaan."

Baca Juga: Efisiensi AC Milan Jadi Kunci Taklukkan Superioritas Napoli

2. Pemain Eropa ketiga yang hijrah ke Liga China pada tahun 2019

Tinggalkan Napoli, Marek Hamsik Resmi Bergabung dengan Klub ChinaTwitter/@LoveLNTS

Sejak beberapa musim terakhir, Liga China memang mulai mengembangkan sepak bolanya dengan mendatangkan pesepak bola yang pernah bermain di Eropa. Nama-nama besar seperti Oscar, Paulinho dan Hulk menjadi deretan pemain yang membela klub-klub Tirai Bambu.

Hamsik sendiri menjadi pemain Eropa ketiga yang hijrah ke Liga China di tahun 2019 ini. Sebelumnya, Marouane Fellaini telah resmi menjadi miliki Shandong Luneng usai ditransfer dari Manchester United. Menyusul kemudian mantan pemain Bayern Muenchen, Sandro Wagner yang pergi untuk membela Tianjin Teda.

Hamsik sendiri bukan pemain Eropa satu-satunya yang dimiliki Dalian Yifeng. Pemain asal Slovenia tersebut akan bergabung bersama Yannick Carrasco yang sudah membela tim ini sejak musim lalu.

3. Performa Marek Hamsik bersama Napoli

Tinggalkan Napoli, Marek Hamsik Resmi Bergabung dengan Klub Chinatwitter.com/nfederico

Marek Hamsik adalah legenda Napoli. Dia berhasil memecahkan rekor Diego Maradona sebagai pencetak gol terbanyak klub. Hamsik bergabung bersama Napoli pada tahun 2007 dari Brescia dengan harga transfer 5,5 juta euro. Tak butuh lama baginya untuk menjadi pemain inti di tim utama.

Sejak saat itu dia telah tampil sebanyak 520 kali dengan menyumbang 121 gol dan 111 assist. Sang pemain sendiri telah ditunjuk sebagai kapten Napoli pada tahun 2014 menggantkan Paolo Cannavaro.

Sepanjang kariernya di Napoli, pemain berambut mohawk tersebut telah mempersembahkan dua gelar Coppa Italia dan satu trofi Supercoppa Italiana.

Baca Juga: Tinggalkan Napoli, Marek Hamsik Selangkah Lagi Gabung Klub China

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya